Setiap Diri Adalah Seorang Pemimpin

Setiap diri adalah seorang pemimpin - Jika anda tidak mampu merubah dunia, maka rubahlah sebuah benua, dan jika anda tidak mampu merubah sebuah benua, maka rubahlah negara anda.

Jika anda tidak mampu merubah negara, maka rubahlah provinsi anda, dan jika anda tidak mampu merubah provinsi, maka rubahlah kota anda.

Jika anda tidak mampu merubah kota, maka rubahlah kecamatan anda, dan jika anda tidak mampu pula merubah kecamatan anda, maka rubahlah desa.

dan keluarga anda, jika anda masih juga belum mampu merubahnya, maka rubahlah DIRI ANDA.

Ilustrasi kepemimpinan

Selama anda tidak mampu merubah diri anda menjadi yang terbaik. maka anda, adanya hanya sekedar ada. 

Anda tidak akan mampu mengubah dunia, benua, negara, atau lingkup terkecil yakni keluarga anda. mulai hari ini, tatalah diri anda dengan baik, karena anda seorang pemimpin.

 sebagaimana hal ini tertuang dalam firman Allah dengan sangat tegas,

“Dan tatkala Tuhanmu berfirman kepada para malaikat, ‘Aku hendak jadikan manusia khalifah di muka bumi ini’.”

Uniknya banyak sekali orang yang ingin menjadi seorang pemimpin, hingga rela mengorbankan kehormatannya, bahkan ada pula yang  mengingkari dirinya.

Melakukan kecurangan sana-sini, terjadi suap di mana-mana. Hal ini terbukti dengan adanya korupsi di negara ini yang semakin merajarela. Apakah pemimpin hanya terbatas konteks penguasa? Tentu tidak. 

Disekitar kita banyak sekali karakter pemimpin, ketika anak SD menjadi ketua kelas dia adalah seorang pemimpin bagi teman kelasnya, seorang guru menjadi pemimpin bagi murid-muridnya. 

Seorang ibu rumah tangga adalah seorang pemimpin bagi anak-anaknya, serta tukang becakpun adalah seorang pemimpin bagi keluarga di rumahnya. 

Arti pemimpin 

Pemimpin adalah pengaruh, siapa di lingkungan kita yang mampu memberi pengaruh maka dialah seorang pemimpin. 

Ketika teman kita bicara, dalam beberapa jam kita masih memikirkan pembicaraannya maka dia telah menjadi pemimpin bagi kita, ketika kita aktif di sebuah organisasi dan kita terpilih menjadi ketua apakah kita bisa dikatakan seorang pemimpin?

Selama kita mampu berpengaruh maka kita adalah seorang pemimpin. Ingat ini, selama anda tidak tegas dan tidak mampu memberi pengaruh maka anda akan menjadi pengikut di lingkungan anda.

Anda adalah pemimpin bagi diri anda sendiri. Ary Ginanjar Agustian berkata tidak ada istilah “orang kecil” karena dimata Tuhan setiap manusia sama. 

Semua manusia adalah khalifahNya di muka bumi. Setiap perbuatan anda akan menghasilkan pengaruh baik bagi anda maupun orang lain. 

Orang tua yang berprilaku kurang baik akan berpengaruh buruk kepada anaknya, begitu pula sebaliknya. Ingat, diri kita adalah buku berjalan yang selalu dibaca oleh orang lain. 

Maka dari itu bersikaplah dengan baik, supaya orang yang membaca kita juga terpengaruh oleh kebaikan kita. Namun sayangnya tidak semua orang sadar jika dirinya adalah seorang pemimpin.

Kata-kata “saya masyarakat biasa”, “saya mah apa atuh” sebenarnya itu sangat mengerdilkan dirinya, serta akan membuatnya enggan belajar ilmu kepemimpinan. 

Sekali lagi saya tegaskan, DIRI ANDA ADALAH SEORANG PEMIMPIN, pemimpin yang baik adalah mereka yang siap dipimpin, dan siap menyiapkan pemimpin-pemimpin yang lebih baik dari pada dirinya.