Cara Cepat Meningkatkan Rasa Percaya Diri Walaupun Banyak Kekurangan

Kata-kata Motivasi tentang Percaya Diri

Pernahkah Kita merasa minder atau tidak percaya diri karena ada orang yang lebih hebat dengan kita? Lebih sukses dari kita? dan lebih segalanya dari diri kita?

Atau mungkin kita sedang tidak percaya diri karena memiliki bentuk tubuh yang kurang ideal atau kemampuan yang pas pasan?

Kemudian kita mencari cara untuk meningkatkan rasa percaya diri supaya bisa hidup lebih baik walau diri kita serat akan kekurangan.

Jika itu yang anda rasakan. Selamat, karena anda sebentar lagi akan menjadi orang yang akan lebih berani dan lebih percaya diri.

Kenapa demikian? Karena apa yang anda rasakan mirip seperti yang saya alami beberapa hari yang lalu.

Saat itu saya sedang down tentunya saya butuh suntikan motivasi untuk membangkitkan rasa percaya diri yang mulai hilang dari diri ini.

Oleh karenaya saya membuka file-file yang saya tulis di laptop khususnya tulisan motivasi dan saya menemukan satu tulisan yang mampu membangkitkan rasa percaya diri ini.

Tulisan itu akan saya bagikan di blog ini, karena saya menyakini tidak hanya saya yang merasakan down dan butuh motivasi untuk meningkatkan rasa percaya diri yang mulai berkurang.

Sebelum anda membaca tulisan yang akan saya bagikan, alangkah lebih baiknya  anda sediakan kopi terlebih dahulu sembari menikmati hidup yang sudah carut-marut ini hehe.

Kurang lebih tulisan yang saya buat seperti ini:

***

Singsingkan Lengan Bajumu

Ketika ada orang sedang dihadang oleh segerombolan begal, untuk diambil sepeda motornya kemudian orang itu menyingsingkan lengan bajunya dan bersiap untuk melakukan perlawanan, apa yang anda fikirkan tentang orang itu? 


Pasti yang ada di fikiran anda orang itu pemberani, dan percaya jika dirinya mampu membasmi gerombolan tersebut. 


Menyingsingkan lengan baju merupakan isyarat percaya diri, namun tidak semua orang memilikinya. Apalagi orang yang merasa jika hidupnya penuh dengan kekurangan.


Kekurangan merupakan alasan paling menggoda untuk menjalani hidup tanpa kepercayaan diri. 


Mungkin anda memiliki berat dan tinggi badan  yang kurang ideal, mungkin anda tidak memiliki paras yang cantik dan tanpan, mungkin anda tidak memiliki baju yang bagus dan mungkin anda terlahir di keluarga yang kurang mampu. 


Tapi apakah anda akan membayar kekurangan anda itu dengan minder dan takut untuk membenah diri menjadi lebih baik?

 

Ketika kita tampil di depan orang banyak, yang paling kita takutkan adalah orang akan mencemooh dan menertawakan kita. 


Banyak disekitar kita enggan sekolah ketika tidak memiliki sepatu yang bagus kerena hawatir menjadi bahan tertawaan. 


Padahal sebenarnya yang mengejek kita bukanlah orang lain melainkan diri kita sendiri. Ketika orang ingin meludah, maka yang bisa kita lakukan adalah menjadi langit, mau diludahi dengan cara apapun kita tidak akan tersentuh olehnya, justru akan jatuh pada muka orang yang meludah. 


Atau logika sederhananya begini ketika ada orang ingin memberi bangkai pada kita. Namun, kita menolaknya maka bangkai itu milik siapa? Tentu milik orang yang memberinya bukan?


Oleh sebab itu, janganlah minder meski kita memiliki kekurangan, minder hanya mengundang malapetaka, minder akan menghambat karir kita. 


Jadikanlah kekurangan kita menjadi pembeda dengan orang lain. Anda tahu Eli Sugigi? 


Dia adalah salah satu bintang film komedi, meski dia dilahirkan dengan gigi yang kurang normal, namun iya masih bisa menunjukkan kepercayaan dirinya kepada halayak umum bahkan bukan hal yang tidak jarang giginya dijadikan bahan comedian. 


Coba anda bayangkan seandainya Eli Sugigi tidak mampu mengontrol kepercayaan dirinya, mungkinkah ia akan tampil dilayar kaca?


Fisik yang kita miliki bukanlah jaminan untuk percaya diri, banyak di sekitar kita yang memiliki paras menawan namun ia masih saja malu tampil di hadapan orang banyak. 


Sebenarnya yang membuat kita percaya diri bukanlah seperti apa fisik yang kita miliki melainkan seperti apa fikiran yang kita tanam dalam diri. 


Jika yang anda tanam adalah benih kurang bagus maka tumbuhnya juga kurang bagus. 


Seperti apapun kondisi anda sekarang tetaplah percaya diri. Engkau dilahirkan sebagai kesatria bukan pecundang.


Banyak di sekeliling kita yang sukses luar biasa padahal memiliki keterbatasan dan ada pula orang yang hidup biasa-biasa saja padahal dilahirkan dengan kondisi yang lebih baik. 


Tahukah anda seorang motivator dunia Nick Vujicic ia dilahirkan tanpa tangan dan kaki namun iya mampu memberi inspirasi bagi banyak orang. 


Ia mampu menjadi pembicara yang sangat luar biasa. Keterbatasan yang dimilikinya tidak ia jadikan sebagai alasan untuk tidak berbuat yang lebih baik, melainkan dijadikan sebagai magnet kesuksesannya.


Apakah pantas kita yang memiliki bentuk tubuh yang lebih ideal merasa minder dan takut? Tentu tidak. Sungguh tidak masuk akal seorang pemenang takluk sama kekurang dirinya. 


Cara Meningkatkan Percaya Diri Walau Banyak Kekurangan

Kata-kata Motivasi

Jika anda masih saja sulit menyikapi kekurangan dengan benar. Maka,  Lakukanlah saran berikut ini


Jangan Menghina Diri Sendiri


Ketidak percayaan diri merupakn implementasi dari kerja otak kita. Begitu sering kita menghina diri kita lantaran tidak mampu memenangkan sebuah perlombaan, betapa sering kita menghina diri kita lantaran orang yang kita cintai berpaling sama orang yang mungkin secara fisik lebih bagus dari kita. 


Padahal menghina diri merupakan tindakan paling konyol yang kita lakukan. Jika kita menganganggap diri kita hina bagaimna dengan pandangan orang lain tentang kita?


Ingatlah, semua tindakan kita bermula dari persepsi yang kita bangun, bangunlah persepsi yang terbaik, supaya sesuatu yang kita peroleh juga baik. 


Jika kita menganggap diri kita hina maka kita akan hina dan jika kita menganggap diri kita mulia maka kita akan menjadi mulia. 


Biarlah kita merasa hina ketika berhadapan dengan Allah, namun janganlah merasa hina ketika berhadapan dengan kekurangan sendiri.


Belajar dari orang sukses


Banyak sekali buku yang menceritakan kisah orang sukses  yang berangkat dari kekurangan dirinya.


Jika anda jarang membaca silahkan anda buka Yotube lalu ketik “orang sukses berawal dari kekurangan” pasti akan muncul daftar orang sukses yang bermula dari keterbatasannya. 


Lalu lihat dan pelajarilah bagaimana ia menyikapi kekurangan/keterbatasn yang dimilikinya.


Sesuatu yang anda lihat dan fikirkan akan berpengaruh pada perilaku anda. jika kita sering melihat atau membaca kisah orang sukses pasti kita akan termotivasi untuk menjadi sukses. 


Maka dari itu belajarlah dari orang sukses yang berangkat dari kekurangan. Dengan begitu, anda akan mengerti arti sebuh perjungan, motivasi, dan impian.


Berpakaianlah yang Baik


Penampilan merupkan salah satu faktor yang membut kita tidak percaya diri. Coba anda bayangkan, sekarang anda hadir di sebuah pesta pernikahan yang mana setiap orang yang ada disana memakai batik namun hanya anda sendiri yang memakai kaos. Apa yang anda rasakan kala itu?


Jika anda merasa malu, maka akan lebih baik jika kita mencoba berpenampilan yang rapi, sesuai dengan situasi dan kondisi.


Upayakanlah berpakaian sopan yang menutup aurat, buat apa kita percaya diri kalau pakaian yang kita gunakan hanya mengobral perhiasan kita.


Asah Kemampuan


Selain pakaian, faktor kurangannya pengetahuan membuat kita sulit percaya diri, saya yakin anda akan berfikir ulang ketika disuruh ceramah, namun materi ceramahnya anda belum siap. 


Ada yang lebih parah lagi, banyak orang malu berbicara didepan umum lantaran kurang terbiasa. Ketika seperti itu, mengasah kemampuan merupakan pilihan paling bijak.


Dengan mengasah kemampuan akan membuat kita siap untuk menerima tantangan baru. Kenapa demikian? 


Karna kita sudah memiliki bekal, orang malu bericara di depan umum karena tidak memiliki materi atau bekal pengalaman sebelumnya. 


Maka dari itu perbanyaklah mencoba hal baru supaya kita semakin banyak pengalaman, janganlah bosan mengasah kemampuan diri kita, jika anda bosan maka hidupmu akan lebih membosankan.


Apapun kondisimu, seperti apapun kekuranganmu itu bukan alasan untuk enggan menyingsingkan lengan bajumu.


Tetaplah singsingkan lengan baju itu seraya berucap “saya akan menjadi besar karena usaha dan kerja keras saya, bukan karena orang lain".


jangan takut dihina selama yang kau lakukan baik. Biarkan orang lain sibuk menghinamu, janganlah sibuk membalas hinaan tersebut, alangkah lebih indahnya jika kesibukan kita di gunakan untuk membenah diri sendiri.


***


Itulah tulisan yang saya buat, bagaimana apakah mampu membangkitkan rasa percaya diri anda?


Jika anda masih minder, mungkin anda butuh terapi berfikir dan anda butuh membaca buku The Power Of Self Potential.