30 Ide Bisnis Modal di bawah 1 juta Dan Kunci Suksesnya Untuk Pemula

Memulai bisnis tidak harus dengan modal yang besar sampai ratusan juta dan bohong jika ada bisnis yang bisa dijalankan tanpa modal, karena ketika kita akan berbisnis maka salah satu unsurnya adalah modal.

Pada tulisan ini saya akan memberikan ide bisnis modal di bawah 1 juta. Dengan modal segitu tentunya bukan hal mustahil bisnis yang akan kita jalankan bisa berkembang pesat.

Dengan catatan kita menjalani bisnis tersebut dengan tekun, konsisten dan serat dengan perencanaan yang matang.

Ide Bisnis Modal Di bawah 1 Juta Yang Bisa Anda Coba

ide bisnis modal dibawah 1 jutaan

Inilah ide bisnis modal dibawah 1 juta yang bisa anda coba di rumah, ingat, tidak ada alasan untuk tidak memulai, jika anda tidak memulainya mana mungkin anda akan sampai;

1. Bisnis Cemilan

Bisnis cemilan merupakan salah satu ide bisnis yang saya rekomendasi untuk anda, kanapa demikian?

Karena anda bisa memulainya dari modal dibawah 1 juta. contoh bisnis kripik singkong, bisnis carang mas, bisnis kerupuk, bisnis sablak kering dan lain sebagainya.

Selain itu bisnis ini memiliki pasar yang tak terbatas, mulai dari anak kecil, remaja bahkan orang tuapun pasti menyukainya.

2. Buka Les Privat

Menjadi seorang guru tidak harus mengajar di sekolah, dan juga tidak harus lulusan sarjana pendidikan.

Karena siapapun bisa menjadi seorang guru asalkan memiliki kemampuan khusus, seperti bisa matematika, bisa bahasa Ingris atau punya kemampuan musik dan lainnya.

Membuka les privat mungkin menjadi pilihan bagi anda yang membutuhkan tambahan finansial. 

Anda bisa mendapatkan uang kisaran 300 ribuan dalam sebulan tergantung kesepakatan yang anda buat di awal.

sedangkan untuk modal, jika anda lakukan di rumah anda hanya butuh modal buat membeli papan tulis, spidol dan buku yang dibutuhkan.

Jika les privat dilaksanakan di rumah siswa, kita hanya bermodal bensin sama buku dan pulpen saja.

3. Bisnis minuman kekinian

Bisnis minuman kekinian saat ini menjadi primadona bagi masyarakat di Indonesia, coba anda lihat di jalan-jalan begitu banyak orang yang membuka bisnis ini.

Jika di sekitar rumah anda belum ada atau anda punya inovasi lain saya sarankan anda membuka bisnis minuman ini.

Karena memang setiap orang butuh minum dan di era sekarang minuman yang unik menjadi pilihan bagi orang untuk menghilangkan dahaganya.

Anda bisa membuka sesuai dengan kebutuhan di lingkungan anda, seperti jualan teh, es kopi susu, minuman buah dan lain sebagainya.

4. Jasa Pengetikan

Bagi anda yang berstatus sebagai pelajar atau mahasiswa bisnis jasa pengetikan menjadi pilihan terbaik. 

Kenapa demikian, karena biasanya banyak teman kita yang terlalu sibuk atau bahkan terlalu malas untuk mengetik tugas yang harus diselesaikannya.

Bagaimana jika tidak memiliki laptop? Berarti kita harus beli dan itu harganya di atas 1 juta pastinya?

Kata siapa harus beli, anda bisa bekerja sama dengan teman, saudara atau siapapun yang punya laptop, kemudian tinggal bagi hasil saja. Intinya tidak ada alasan untuk tidak berbisnis.

5. Jasa Pembuatan Website

Membuka jasa pembuatan website sangat cocok untuk anda yang kuliah dijuruan IT, dan tentunya tidak semua anak IT bisa menjalankan bisnis ini.

Namun bukan berarti kita yang bukan lulusan IT tidak bisa menjalankan bisnis ini. tentu saja siapapun bisa yang penting punya kemampuan membuat website.

Untuk pemula saya sarankan anda membuka bisnis ini menggunakan blogger jangan wordpress dulu karena di blogger kita hanya bermodalkan biaya domain saja tanpa harus membeli hosting.

6. Bisnis Dropship

Jika anda ingin mengeluarkan modal yang sangat kecil maka bisnis dropship sangat cocok untuk anda.

Anda tidak perlu membuat produk atau menyetok produk untuk di jual, anda hanya butuh memasarkan produk orang yang kemudian membayarnya dengan menggunakan uang dari pembili.

7. Bisnis kopi keliling

Bisnis kopi keliling sangat cocok bagi anda yang dekat dengan keramaian, contoh dekat rumah sakit, kampus, pasar malam dan lain sebagainya.

Untuk berbisnis kopi keliling anda hanya butuh membeli kopi saset kemudian termos untuk menyediakan air panas dan wadah plkastik.

8. Jasa Design Grafis

Bagi anda yang bisa design cobalah untuk membuka jasa design, bisnis ini terbilang menjanjikan.

Karena kita sekarang hidup di era sosial media jadi setiap orang ingin memposting foto atau gambar yang menarik.

Untuk mendesign tidak harus menggunakan komputer anda cukup membeli hp bekas harga dibawah 1 jutaan sudah cukup. dan begitu banyak aplikasi android yang sangat layak digunakan untuk mendesign.

9. Youtuber

Menjadi seorang youtuber saat ini sangat digandrungi oleh banyak kalangan karena penghasilan yang di dapatkan sangat menjanjikan.

Namun menjadi seorang youtuber tidak semudah yang kita banyangkan kita harus konsisten membuat video untuk mengumpulkan viewer dan subcriber.

adapun jenis konten yang bisa anda buat, konten masak, konten anak-anak, konten tutorial dan lain sebagainya.

10. Blogger

Menjadi blogger hampir sama dengan menjadi youtuber, jika menjadi youtuber anda harus membuat konten dalam bentuk video.

menjadi blogger anda membuat konten dalam bentuk tulisan, dan hal ini sangat cocok bagi anda yang memiliki keahlisan menulis.

untuk menjadi seorang blogger anda hanya butuh membuat website pribadi yang kemudian isi dengan tulisan yang di sukai oleh para pengunjung google.

11. Jasa Laundry

Jika tempat tinggalmu dekat dengan perumahan atau kampus, jasa laundry sangat menjanjikan untuk anda jalankan.

tentunya untuk awal anda tidak perlu membeli mesin cuci, anda bisa mencucinya secara manual terlebih dahulu.

Baru setelah bisnis yang anda jalankan sudah berkembang anda bisa membeli mesin cuci untuk mempercepat kerja anda.

12. Jualan Pulsa dan Paket Data

Pulsa dan Paket Data sekarang sudah menjadi kebutuhan yang harus terpenuhi oleh hampir seluruh manusia dimuka bumi ini.

Oleh karenanya membuka usaha jual pulsa dan paket data saat ini sangat menjanjikan, yang perlu anda lakukan adalah mendownload aplikasi yang menyediakannya seperti mitra shopee, M-pulsa dan lain sebagainya.

13. Jasa Penitipan Anak

Jasa penitipan anak terbilang bisnis yang hanya mengeluarkan modal kecil atau bahkan bisa disebut tanpa harus mengeluarkan modal dalam bentuk uang.

Bagi anda yang memiliki jiwa keibuan dan suka sama anak kecil jasa ini menjadi pilihan terbaik untuk anda.

Apalagi orang tua sekarang banyak yang kesulitan mnerawat anaknya karena harus bekerja sepanjang hari.

14. Jasa Pembuatan Konten Media Sosial

Media sosial sekarang sudah menjadi hal wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan, karena dengan media sosial perusahaan yang dijalankan bisa lebih mudah berkembang.

Tentu saja bagi seorang bisnismen atau siapapun yang memiliki kesibukan, tidak akan sempat untuk membuat konten di media sosialnya.

Nah, disanalah ada peluang untuk anda membuka jasa pembuatan konten media sosial untuk pribadi ataupun perusahaan.

15. Jajanan Pasar

Berbisnis dengan modal di bawah 1 juta juga bisa anda lakukan dengan menjual jajanan pasar, seperti onde-onde, bubur dan lain sebagainya.

Tentu saja untuk bisa berbisnis ini anda harus memiliki kemampuan membuat jajanan pasar atau dengan cara bekerja sama dengan orang yang bisa membuatnya.

16. Jual Gorengan

Jual gorengan hampir mirip dengan menjual jajanan pasar, untuk menjual gorengan anda bisa membuat tahu isi, ote-ote dan sejenisnya.

Jika anda belum memiliki tempat berjualan, anda bisa menitipkannya ke warung kopi atau lainnya.

Atau anda bisa menjajakannya di pasar-pasar atau di perumahan yang mayoritas orangnya cendrung malas keluar karena lelah setelah pulang kerja.

Atau anda bisa mangkal di depan rumah, lebih-lebih jika rumah anda di depan jalan umum.

17. Jasa Cuci Motor

Sibuknya seseorang dalam bekerja terkadang membuatnya malas atau tidak sempat mencuci motornya.

Inilah kesempatan bagi anda yang ingin membuka jasa cuci motor. Tentunya diawal-awal anda harus mencucinya secara manual tanpa menggunakan mesin.

barulah ketika bisnis anda berkembang anda bisa membelinya. Bisnis ini terbilang menjanjikan karena anda hanya bermodalkan sabun dan air.

Sedangkan untuk jasa yang harus orang keluarkan untuk anda berkisar di harga 10 ribu rupiah atau bahkan lebih tergantung anda memasang tarif berapa.

18. Jasa Potong Rambut

Ide bisnis dengan modal di bawah 1 juta selanjutnya adalah jasa memotong rambut, jasa ini cocok buat anda yang memiliki keahliannya.

untuk pertama mungkin anda menggunakan alat seadanya, baru setelah memiliki uang yang cukup anda bisa menyewa tempat untuk usaha anda.

Di tempat saya usaha ini dihargai dengan nominal 15 ribu. coba bayangkan sehari anda bisa mencukur 5 orang maka sehari anda mendapatkan uang 75 ribu.

19. Jasa Pembuatan Kue

Jika anda bisa membuat kue mungkin sekarang saatnya anda membuka jasa pembuatan kue untuk acara seminar, nikahan dan lain sebagainya.

Adapun kue yang bisa anda bikin adalah kue ulang tahun, roti untuk acara seminar-seminar dan kue kering yang biasa orang sajikan ketika hari raya idhul fitri.

Jika anda memiliki pesanan dalam jumlah banyak, sedangkan keuangan anda di bawah 1 juta maka anda bisa meminta pelanggan anda untuk membayar DP terlebih dahulu. 

20. Usaha Ketring Sarapan

Banyak orang yang tidak sempat masak di pagi hari, dengan alasan beragam salah satunya adalah karena pekerjaan.

Bagi anda yang bisa masak bisnis ketring sarapan ini bisa anda coba, mungkin anda bisa membuat nasi pecel, nasi ayam geprek dan makanan lainnya.

yang perlu anda lakukan cukup sederhana anda membuat iklan dimedia sosial yang anda miliki atau membuat status di WA.

Setelah ada pesanan masuk baru anda membuatnya, sehingga kerugian dapat anda minimalisir.

21. Usaha Bucket

Usaha bucket juga sangat cocok bagi anda yang ingin menjalankan usaha dengan modal di bawah 1 juta.

Untuk menjalankan usaha ini anda hanya butuh kertas dan pita untuk merangkai buketnya. 

Sedangkan untuk isi buketnya sangat beragam, tergantung permintaan dari pelanggan anda, bisa isi bunga, isi snak, isi boneka dan lain sebagainya.

22. Sovenir pernikahan

Bagi anda yang suka dan  terampil dalam membuat prakarya, tentu tidak ada salahnya hobi anda dibuat untuk menghasilkan tambahan uang.

Tentunya di awal usaha yang anda jalankan saya sarankan anda membuat sovenir yang sederhana saja, seperti gantungan kunci dan tas dari flanel.

Untuk modal terbilang sangat kecil, walau demikian anda bisa memasang harga cukup tinggi di setiap psc sovenirnya.

23. Menjual Kaos Anak

Bagi anda yang tertarik berbisnis pakaian mungkin bisnis kaos anak sangat cocok bagi anda yang memiliki modal pas-pasan.

Sekarang banyak sekali di tiktok shop yang menjual kaos anak dengan harga yang sangat miring mulai dari 100 ribu anda bisa mendapatkan sebanyak 10 kaos.

Kemudian kaos tersebut anda jual dengan harga 15 ribu perkaosnya, jika anda membeli 10 kaos maka keuntungan keseluruhannya adalah 50 ribu. Cukup menjanjikan bukan?

24. Berjualan Jilbab

Sama seperti berjualan kaos anak, menjual hijab sekarang banyak diminati oleh banyak kalangan lebih-lebih mahasiswa.

Selain bertujuan profit menjual hijab bisa juga dijadikan sebagai sarana dakwah bagi kaum muslimah untuk senantiasa berhijab.

Untuk harga hijab di toko online sangat kecil dan terjankaun dikisaran harga 20 ribuan, walau murah tapi kualitasnya cukup bagus dan anda bisa menjualnya di kisaran harga 30 ribu perhijab.

25. Jahit Sepatu

Bisnis dengan modal dibawah 1 juta selanjutnya adalah jahit sepatu, cukup ini sangat menjanjikan karena sekarang sudah sangat berkurang orang yang menjalankan bisnis ini.

anda bisa membukanya di rumah dengan cara membuat pamflet jasa jahit sepatu yang anda sebar di sekitar rumah anda.

26. Ojek Payung

Ojek payung adalah bisnis yang bisa anda jalankan terlebih saat musim hujan, dan bisnis ini banyak sekali orang lakukan terlebih ditempat keramaian seperti tempat wisata, pasar dan lain sebagainya.

Untuk memulai bisnis ini anda hanya butuh menyediakan payung dan kemudian keliling mencari penyewanya. Saya yakin di saat hujan bisnis anda sangat dicari oleh para wisatawan ataupun orang yang berada di keramaian lainnya.

27. Menjadi Penulis Lepas

Bagi anda yang memiliki bakat dan menyukai kepenulisan, alangkah lebih baiknya jika bakat anda digunakan untuk menghasilkan uang.

Anda bisa mengirim tulisan anda kepada media cetak maupun online yang sedang membutuhkan tulisan di medianya.

Anda bisa menghargai tulisan anda dengan jumlah yang beragam, mulai dari 15 ribu pertulisan hingga dalam jumlah yang tak terbatas. Tergantung kesepakatan anda dengan pihak penyedia media.

28. Membuka Toko Online

Membuka toko online sekarang menjadi usaha yang banyak diminati oleh para pebisnis, karena untuk membuka toko online tentunya tidak membutuhkan modal yang banyak sebagaimana kita mebuka toko offline.

Selain itu untuk produk yang anda jual tidak harus anda buat sendiri, anda bisa bekerja sama dengan para produsen yang berada di tempat anda.

29. Penerjemah

Bagi anda yang pintar bahasa ingris atau bahasa asing lainnya tidak ada salahnya jika anda membuka jasa penerjemah.

Jasa ini sangat dibutuhkan oleh orang yang ingin berinteraksi dengan orang luar sedangkan minim dalam berbahasa Ingris atau bahasa asing yang lainnya.

untuk jasa yang anda tawarkan anda bisa memberi tarif sesuka anda, dan tentunya cocok pada pelanggan anda.

30. Jasa Trevel

Selanjutnya adalah saja travel, untuk bisnis ini yang perlu anda butuhkan adalah jaringan yang luas serta tim yang mempuni.

untuk modal awal sangat beragam, bahkan anda bisa menjalankan modal ini hanya dengan bermodal paket data saja lo. Selebihnya anda minta DP saja pada pelanggan anda sebagai modal awal.

Tips Bisnis untuk pemula

Setelah kita memiliki ide bisnis yang cocok temntu saja dalam menjalankannya anda tidak bisa sembarangan.

olehkarenya berikut tips sukses berbisnis yang bisa saya bagikan untuk anda:

Berani Mengambil Resiko

Sikap paling berisiko yang kita lakukan adalah tidak mengambil resiko itu sendiri. Orang yang takut mengambil resiko cendrung kehidupannya statnan tanpa perkembangan yang signifikan.

Jika anda ingin memiliki bisnis yang sukses yang perlu anda lakukan adalah berani mengambil resiko dengan cara keluar dari zona nyaman menuju zona yang lebih nyaman.

Tekun

 Sebagus apapun konsepmu dalam berbisnis jika tidak dijalankan dengan ketekunan maka semuanya akan sia-sia.

Kesalahan terbesar seorang pembisnis pemula adalah terlalu bersemngat di awal-awal dan menjelang pertengahan proses biasanya mulai menurun bahkan banyak sekali yang menyerah.

Memang benar saat kita mendapatkan musibah atau kendala dalam berbisnis maka pilihan paling menarik adalah menyerah, Hanya orang tertentu yang bisa bangkit dan melanjutkan prosesnya dengan baik.

Atur Keuangan

Sebesar apapun pendapatan anda dalam berbisnis jika keuangannya carut marut maka jangan berharap bisnis anda berkembang pesat.

Sebagai pembisnis pemula hal pertama yang harus anda lakukan adalah memisah keuangan pribadi dengan keuangan bisnis.

Jangan sampai kebutuhan pribadi menghabiskan modal bisnis anda, jika itu yang terjadi pada anda maka tinggal menunggu hari saja bisnis anda akan bangkrut.

Saya sarankan jika anda tida pandai mengatur keuangan silahkan sewa orang kemudian percayakan ia mengelola keuangan bisnis anda. Dengan catatan jangan memilih orang sembarangan.

Selalu Belajar

Ketika bisnis anda ingin berkembang maka anda harus pandai belajar dari kesalahan diri ataupun kesalahan orang lain.

Banyak orang merasa dirinya sudah hebat sehingga merasa tidak butuh belajar, jika anda memiliki sifat seperti itu saya jamin dalam waktu dekat bisnis anda akan hancur.

Ada pepatah menarik, "tetaplah bodoh dan tetaplah lapar" pepatah ini memiliki arti untuk selalu belajar untuk mengembangkan kemampuan berbisnis anda.

Sedekah

Jika anda ingin bisnis anda berkembang secara pesat, maka perbanyaklah bersedekah.

Sudah banyak ayat Al-Qur'an dan hadits nabi yang menjelaskan hal ini. logika begini ketika kita berbuat baik kepada orang biasanya orang lain akan cendrung berbuat baik pada kita.

Jika kita membantu orang biasanya orang itu akan menjadi iklan gratis untuk bisnis yang kita jalankan

So, perbanyaklah bersedekah maka isnis anda tidak hanya sukses tapi juga penuh dengan berkah.

Itulah 30 ide bisnis modal di bawah 1 juta serta kunci suksesnya untuk anda yang masih pemula, selamat mencoba.