Ingin Sukses? Syaratnya Memiliki Prinsip Hidup Yang Benar

Memiliki Prinsip Hidup

Memiliki prinsip hidup merupakan faktor penting dalam menopang kesuksesan kita. Banyak sekali kita temukan orang sukses lantaran prinsip yang ditanam dalam hatinya. 

Seperti halnya, Muhammad Ali salah satu petinju terkenal dunia. Prestasi yang didapatkan tidak lepas dari prinsip hidup yang selalu di yakininya. “ Aku adalah petinju yang hebat, apapun yang terjadi aku tetap petinju yang hebat. 

Aku adalah petinju terbaik di dunia ini” berkat prinsip hidup inilah ia selalu berjuang mati-matian hingga ia mendapatkan prestasi yang luar biasa di dunia tinju. Namun sebaliknya, prinsip hidup yang salah akan melahirkan sesuatu yang sangat berbahaya bagi keberlangsungan hidup kita.

 Bukan hal yang sedikit, pemuda negeri ini yang memiliki prinsip hidup yang salah. Atau mungkin anda salah satu di antaranya. “Aku tidak bisa hidup tanpamu” mungkin prinsip ini banyak sekali kita temui di kalangan pemuda yang sedang dicumbu asmara. 

Layaknya Romeo dan Juliet yang rela menghabiskan nyawanya demi mempertahankan cinta yang tidak direstui oleh orang tuanya. Padahal dalam islam sangatlah jelas jika jodoh masih dirahasiakan oleh Allah, maka dari itu, selayaknya kita tidak terlalu berlebihan mencintai orang yang belum tentu jodoh kita. 

Memiliki Prinsip Hidup 1

Karena jika sudah terlanjur dan di kemudian hari orang yang anda sayang menjadi milik orang lain maka bukan hal yang tidak mungkin anda akan memilih jalan singkat yakni bunuh diri.

 Pada saat selesai rapat organisasi, saya melakukan bincang-bincang ringan dengan beberapa mahasiswa yang memiliki gaya hidup lumayan mewah. 

Dalam diskusi kami, salah satu dari mereka melontarkan prinsip hidup yang dipegangnya “Jika produk luar negeri lebih bagus saya tak akan beli produk Indonesia” prinsip ini diucapkannya dengan sangat yakin seolah dirinya adalah orang paling benar kala itu. Mungkin bukan hanya teman saya yang memiliki prinsip ini. 

Atau mungkin diri anda? jika iya, silahkan anda evaluasi prinsip hidup yang sudah anda bangun. Bagaimana mungkin Negara ini maju jika pemudanya telah kehilangan jiwa nasionalismenya.

 Ada lagi prinsip yang salah yang banyak ditanam oleh pemuda “Kalau saya tidak sekolah/kuliah di tempat itu saya lebih baik tidak sekolah/kuliah” kebetulan di desa saya terdapat sekolah dari tingkat TK hingga SMK. 

Memiliki Prinsip Hidup 2

Saya termasuk salah satu alumni sekolah tersebut. Sekolah ini merupakan sekolah yang didirikan untuk meningkatkan derajat pemuda desa karena memang sebelum adanya sekolah tersebut banyak sekali pemuda yang lebih memilih merantau untuk mencari kerja. 

Karena tempatnya di pelosok desa banyak sekali pemuda yang enggan, bahkan mengatakan “Daripada saya sekolah di sana, lebih baik saya tidak sekolah saja” bahasa “Lebih baik tidak sekolah saja” merupakan akar masalah dari prinsip yang dibangunnya. 

Apalagi  secara ekonomi masyarakat di desa tersebut termasuk golongan yang sangat memprihatinkan. Berkat prinsip itu akhirnya banyak sekali pemuda yang tidak melanjutkan sekolah dan lebih memilih menjadi pengangguran.

Selain prinsip di atas, ada banyak lagi prinsip yang sangat lumrah dimiliki oleh pemuda zaman sekarang, “Aku lebih tahu diriku, kalian tahu apa tentang aku” mungkin, prinsip ini akan benar jika dirinya berada pada kondisi yang benar dan orang lain berada pada kondisi yang salah. 

Memiliki Prinsip Hidup 3

Namun, prinsip itu akan menjadi salah fatal jika diri kita berada pada kondisi yang salah dan orang lain berada pada kondisi yang benar. Banyak sekali orang melupakan, mengabaikan dan menyepelekan nasehat baik dari orang lain lantaran begitu kokohnya memegang prinsip jika dirinya adalah orang paling tahu dan orang lain tidak tahu tentang dirinya.

Perlu kita sadari bahwasannya prinsip hidup akan mengarahkan kita untuk bertindak. Apapun kalimat yang anda tanam akan mendorong anda untuk berdiri kokoh dan melaksanakan prinsip itu, tak peduli bagaimanapun kondisi dan situasi yang ada. Prinsip “Befehl ist Befehl” atau ‘Perintah adalah perintah’ selalu dikumandangkan oleh jendral besar Nazi serta dipegang teguh oleh para tentara Jerman pada perang dunia II. 

Alhasil prinsip itu menjadikannya sebagai sesuatu yang harus dilaksanakan oleh para tentara Jerman. Memang prinsip itu membuat Jerman berjaya pada saat itu. Namun seiring berjalannya waktu Nazi Jerman berakhir ambruk dan Hitler dikabarkan mati bunuh diri.

Memiliki Prinsip Hidup 4

Dari beberapa prinsip yang saya paparkan di atas merupakan sebagian kecil dari prinsip-prinsip yang ditanam oleh umat manusia. 

Prinsip apapun yang anda tanam akan berpengaruh besar dalam hidup anda, jika anda menanam prinsip yang benar maka hidup anda akan Berjaya, dan jika anda menanam prinsip yang salah maka hidup anda akan sengsara. 

Oleh karenanya silahkan anda koreksi kembali, sudah benarkah prinsip yang anda pegang sekarang? Jika jawabannya kurang tepat, silahkan anda merubah pola pikir anda sebelum menjadikannya sebuah prinsip hidup.

7  Prinsip Berpikir Positif

Memiliki Prinsip Hidup 6

Dr. Ibrahim Elfiky dalam bukunya Terapi Berpikir Positif membagi prinsip berfikir positif menjadi tujuh.

Masalah dan Kesengsaraan Hanya Ada dalam Persepsi Anda

Memiliki Prinsip Hidup 7

Suatu ketika salah satu bibik yang kebetulan seumuran dengan saya datang dan menyampaikan keluh kesahnya terhadap ibu yang sering memarahinya “Saya kurang apa sama ibu, semua yang dia inginkan sudah saya lakukan. 

Tapi kenapa setelah saya ingin liburan selalu ia tahan. Ibu tidak adil, ibu jahat sama saya” setelah mendengar hal itu saya bertanya kepadanya “Sekarang apa yang akan kamu lakukan?” dengan raut wajah yang kesal dia menjawab “Saya akan pergi merantau, agar saya bebas melakukan apapun yang saya suka, dengan begitu ibu tidak akan lagi cerewet tentang saya.” 

Kemudian saya melanjutkan pertanyaan “Kalau boleh tahu, kamu ingin berlibur dengan siapa?” ia menjawab “Aku ingin liburan dengan pacar saya dan teman-teman yang lain” mendengar jawaban itu saya kembali bertanya “Kalau seandainya pacarmu melakukan sesuatu yang tidak baik terhadapmu, salahkah jika ibumu melarangmu keluar?” 

Agak lama setelah ia berpikir kemudian menjawab “Tentu tidak” kemudian saya bertanya lagi “Apakah ibumu jahat kepadamu karena ingin melindungimu dari orang yang bukan mahrammu?” “Tentu saja tidak” lalu ku menutup pertanyaanku dengan “Apakah kamu masih ingin merantau meninggalkan ibumu?” dia menjawab dengan tegas “Tentu tidak, aku saja yang berfikir jelek tentang beliau.”

Yang saya lakukan terhadap bibik di atas adalah merubah persepsi bibik terhadap tindakan orang tuanya. Kesalahan mengambil sudut pandang membuatnya membenci ibunya. Maka dari itu akar dari sebuah masalah adalah persepsi kita terhadap masalah tersebut.

Masalah tidak akan Membiarkan Anda pada Kondisi yang Ada: Ia akan Membawa Anda pada Kondisi yang lebih Buruk atau yang Lebih Baik.

Memiliki Prinsip Hidup 8

Setiap manusia yang hidup di dunia ini pasti tidak lepas dari masalah. Baik masalah pribadi, masalah keluarga atau bahkan masalah masyarakat. Apapun masalah yang anda hadapi saat ini itu tidak terlalu penting, namun yang terpenting adalah bagaimana anda menyikapi masalah tersebut. 

Jika anda menyikapi masalah itu dengan benar maka hasil yang anda dapatkan adalah sesuatu yang sangat baik dan jika anda menyikapinya dengan salah maka malapetaka akan datang menghampirimu. jika anda bijaksana menghadapi masalah maka anda akan menjadi lebih dewasa dan lebih berprestasi. 

Janganlah anda jadikan masalah yang anda miliki sebagai batu sandungan melainkan jadikanlah sebagai batu pijakan menuju sukses anda.

Jangan Jadi Masalah. Pisahkan Dirimu dari Masalah

Memiliki Prinsip Hidup 9

Banyak sekali orang yang selalu termenung memikirkan masalah yang sebenarnya tidak sepenuhnya dilakukannya. Bahkan ada orang yang menganggap dirinya adalah sesuatu yang sangat bermasalah bagi kehidupan, seperti mengatakan “Aku gagal,” “Aku kecewa” dan “Aku menderita” kata-kata itu merupakan penyatuan antara masalah dengan dirinya. 

Kata gagal, kecewa dan menderita merupakan sebuah masalah dan kata ‘Aku’ merupakan dirinya. Oleh karenanya silahkan jauhkan diri anda dari masalah dengan cara menguasainya, jika anda tidak mampu menguasainya maka masalahlah yang akan menguasai anda.

Belajarlah dari masa lalu, hiduplah pada masa kini, dan rencanakan masa depan

Memiliki Prinsip Hidup  10

Banyak sekali orang bersedih dan merasa trauma lantaran masa lalu yang pernah dialami. Gagal di dunia bisnis, gagal dalam percintaan menjadikannya takut memulainya lagi, karena khawatir akan terjadi sesuatu hal yang sama, di balik itu terdapat seseorang yang sangat cemas dengan masa depannya. 

Seorang mahasiswa cemas lantaran banyaknya sarjana menganggur yang kemudian membuat dirinya khawatir jadi bagian dari mereka. Padahal masa lalu dan masa depan hanyalah sebuah angan yang ada di dalam pikiran kita. 

Ketidak pandaian menyikapi masa lalu dan masa depan menjadikan dirinya frustasi, pada akhirnya menghambat prestasi terbesarnya. Masa lalu merupakan sesuatu yang pernah kita lakukan, masa depan sebuah angan dan masa sekarang adalah sebuah tindakan. 

Orang bijak akan menjadikan masa lalu sebagai pelajaran, merencanakan masa depan dan melaksanakan yang terbaik di masa sekarang.

Setiap masalah ada solusi spiritualnya

Memiliki Prinsip Hidup 11

Pernahkah anda mengalami masalah yang membuat anda merasa tidak akan mampu menyelesaikan masalah tersebut? Orang yang percaya terhadap keberadaan Allah sangat mustahil berpikir kesana, karena mereka berpikir jika semua masalah ada solusinya. 

Ketika solusi yang ditawarkan oleh manusia tidak mampu menyelesaikan permasalahan anda, maka minta solusi kepada Allah karena sesungguhnya Dia maha pemberi solusi bagi hambanya. 

Terkadang dokter tidak mampu mengobati penyakit yang diderita pasiennya hingga membuat si pasien putus asa.  Sungguh orang yang beriman akan bertawakkal kepada Allah dan minta solusi yang terbaik kepadanya. Sebagaimana firmanNya, “Barangsiapa bertakwa kepada Allah, niscaya Dia akan menyediakan jalan keluar baginya dan memberi rezeki dari jalan yang tidak terduga” ( Q.S. Al-Thalaq:2-3)

Mengubah Pikiran Berarti Mengubah Kenyataan. Pikiran Baru Menciptakan Kenyataan Baru

Memiliki Prinsip Hidup 12

Apa yang kita pikirkan akan mempengaruhi sel-sel yang ada dalam tubuh kita. Maka dari itu berhati-hatilah dengan pikiran anda. ingatkah anda dengan kisah tukang becak yang diceritakan teman saya pada pembahasan sebelumnya? 

Kalau lupa silahkan baca lagi sub pembahasannya. Saya dulu pernah berfikir mirip dengan tukang becak tersebut. Saya berfikir jika menulis itu sangat sulit dan tidak mungkin saya bisa melakukannya. Alhasil saya tidak bisa menulis. 

Hingga Allah mengarahkan pola pikir saya kearah yang lebih positif saya merubah dari yang awalnya meyakini jika tidak akan mampu menulis menjadi “Saya adalah seorang penulis hebat” Alhamdulillah berkat perubahan pola pikir yang saya lakukan buku ini terbit dan mulai menulis buku selanjutnya.

Ketika Allah Menutup Satu Pintu, Pasti Dia Membuka Pintu Lain yang Lebih Baik

Memiliki Prinsip Hidup 13

Usai saya lulus SDN saya minta kepada kedua orang tua untuk melanjutkan sekolah di salah satu pondok besar yang ada di pulau Madura. Namun, orang tua saya tidak sepakat, mereka memutuskan untuk menyekolahkanku di SMP yang tidak jauh dari rumah. 

Usai saya lulus dari SMP saya meminta kembali kepada kedua orang tua saya untuk diperbolehkan melanjutkan ke pondok. Namun, untuk kedua kalinya mereka menolak. Dan melanjutkan pendidikan saya di SMK yang tempatnya sama dengan sekolah SMP dulu. 

Rasa kecewa semakin menjadi saat melihat teman saya yang diberangkatkan ke pondok oleh kedua orang tuanya. Namun setelah 3 tahun saya lulus dari sekolah, kemudian mencoba mendaftar ke Universitas terbaik di daerah saya. dan berkat izin Allah saya diterima. Dan teman saya yang lulusan pondok tidak diterima kuliah. 

Namun mereka mencoba jalan lain dengan berdagang, Alhasil mereka sekarang menjadi pemuda yang mandiri dan menjadi tulang punggung keluarganya.  Sejak itu saya paham jika Allah tidak akan menutup satu pintu, tanpa membuka pintu yang lain yang jauh lebih baik.