Referensi Mencari Judul Skripsi Teknik Informatika

Bagi anda mahasiswa teknik informatika yang sudah menjadi senior di kampusnya dan sedang berjuang untuk menjadi sarjana teknik informatika tentunya harus membuat sebuah karya ilmiah berupa skripsi.

Membuat skripsi bukanlah perkara yang mudah apalagi bagi mahasiswa teknik informatika ada beberapa hal yang membuat mahasiswa kesulitan dalam menyusun karya tulis ilmiah tersebut terlebih disaat mencari judul skripsi teknik informatika.

Salah satu bukti jika mencari judul skripsi teknik informatika tidak mudah adalah banyaknya mahasiswa yang telat lulus karena kesulitan menemukan judul yang bisa ditelitinya.

6 Ide Membuat Skripsi Teknik Informatika

Mencari Judul Skripsi Teknik Informatika 

Untuk mempermudah anda mencari ide judul skripsi pada tulisan ini saya akan membagikan 6 ide judul skripsi tentang teknik informatika yang perlu anda ketahui.

1. Perkembangan Aplikasi Berbasis Web

Salah satu ide judul skripsi mengembangkan aplikasi berbasis website banyak sekali diminati oleh para calon sarjana teknik informatika.

Kenapa demikian?

karena selain mereka bisa berkreasi dengan kemampuannya mereka juga bisa memanfaatkan hasil karyanya sebagai sumber profit kedepannya.

Dalam membuat aplikasi, tentu saja seorang mahasiswa akan melihat permasalahan yang terdapat di masyarakat kemudian dibuatlah aplikasi sebagai solusi atas permasalahan tersebut. Hal ini tentu sangat membantu masyarakat dalam menjalankan kehidupannya sehari-hari.

2. Membuat Sistem Informasi Presensi

Ide judul skripsi selanjutnya adalah membuat sistem informasi presensi. Walaupun sudah banyak yang telah mengembangkan hal ini tapi apa salahnya jika anda berinovasi lebih baik dan lebih menantang.

Bagi anda yang tertarik mengembangkan sistem ini akan sangat membantu bagi pihak yang membutuhkannya seperti instansi pemerintah, kantor, perusahaan dan sekolah.

Apalagi sekarang presensi secara manual sudah mulai ditinggalkan oleh beberapa instansi karena dirasa kurang efektif. Sekali lagi jika anda membuat sistem informasi presensi maka kreatifitasmu dalam berinovasi akan sangat diuji.

3. Membuat Company Profile Interaktif

Membuat skripsi dengan tema company profile interaktif saya rekomendasi bagi anda yang ingin lulus cepat. karena pembuatannya tidaklah terlalu sulit untuk diselesaikan.

Selain alasan itu adalah alasan lain?

Tentu saja ada, sekarang kita hidup di era serba digital jadi akan membuat perusahaan sangat membutuhkan sebuah profil yang dapat di ekspos di internet sebagai branding sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lainnya.

Sebagai catatan jika anda membuat company profile jangan hanya berfokus pada animasi saja tapi utamakan tampilan yang menarik dan interaktif dengan memberikan konten dan penjelasan terkait apa saja yang akan ditampilkan pada website tersebut.

4. Pengembangan Sistem Pengkategorian Otomatis Dokumen

Pengembangan sistem pengkategorian otomatis dokumen menjadi ide membuat skripsi teknik informatika selanjutnya.

Karena jika anda membuat skripsi dengan ide ini akan sangat bermanfaat bagi perpustakaan, kantor dinas, tempat pengarsipan, sekolah dan tempat lainnya.

Dalam sistem yang akan anda buat akan mempermudah pengguna dalam mencari data yang diinginkan karena dalam konteks ini file sudah berkumpul sesuai dengan kategori yang ada.

5. Perancangan dan Pembuatan Aplikasi

Kebanyakan mahasiswa kuliah jurusan teknik informatika untuk membuat dan mengembangkan sebuah aplikasi. Jadi, sangat saya sarankan kepada anda untuk membuat skripsi dengan tema perancangan dan pembuatan aplikasi.

Jika anda ingin ilmu yang selama anda cari bermanfaat maka membuat aplikasi baik berbasis web, android dan iOS. 

Namun sebelum anda menentukan aplikasi yang dibuat alangkah lebih baiknya berkonsultasi sama dosen pembimbing terlebih dahulu.

Jika anda ingin aplikasi yang dibuat banyak diminati oleh khalayak umum maka  utamakan kenyamanan dan desain yang menarik dan mudah digunakan.

6. Merancang E-Voting

Di era yang serba digital ini tentu setiap masyarakat ingin semuanya serba digital dan sederhana, termasuk saat proses pemungutan suara.

Hal ini bisa anda manfaatkan untuk membuat membuat skripsi yang bertema merancang E-vote dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP tag HTML.

Sebelum membuat aplikasi e-vote terlebih dahulu anda harus menguasai kedua pemrograman tersebut, untuk data yang digunakan anda bisa memanfaatkan MySQL yang banyak digunakan database server.

Tentu yang menjadi kendala pada aplikasi E-vote adalah keamanannya oleh karenanya sering-seringlah berkonsultasi pada pembimbing sehingga aplikasi yang anda buat tidak mudah diretas oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Akhir Kata

Walaupun mencari judul terbilang susah susah gampang namun jika ada ketekunan dan kemauan yang besar maka tidak ada kata yang sulit.

Kuncinya hanya mengikuti beberapa langkah langkah atau referensi yang ditawarkan baik dari dosen, buku atau media sosial seperti yang mimin bagikan ini.

Kalau bisa mengerjakan skripsi itu ideal tapi jika tidak memungkinkan maka yang paling baik adalah mengerjakan skripsi yang selesai.

Demikianlah postingan terkait beberapa referensi mencari judul skripsi jurusan teknik informatika yang bisa mimin bagikan.

Semoga Bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam mencari judul yang paling tepat sehingga bisa cepat lulus dan menjadi sarjana yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya.