4 kriteria Memilih Pasangan Hidup menurut Islam

 Cara membuat keluarga hidup harmonis dan tentram dimulai dari cara kita memilih pasangan hidup sebelum pernikahan. dalam hal ini Rasulullah telah memberi 4 kriteria bagi kita untuk menentukan pasangan hidup kita.

Kenapa kita harus memilih pasangan hidup?

Tentu saja jawabannya supaya tidak salah pilih. Menikah merupakan ibadah yang sangat panjang jika kita salah memilih seorang suami atau istri maka bukan hal yang tak mungkin kita akan terjerumus pada kehinaan dunia dan akhirat.

Bukankah jodoh sudah di tangan Allah?

Wah, pertanyaan berkelas sekali. Memang jodoh ditangan Allah tapi bersamaan dengan itu Allah memberikan kesempatan bagi kita untuk ikhtiar mencari jodoh kita.

Oleh karenanya maksimalkan proses pencarian kita sebagaimana yang telah dituntun oleh nabi Muhammad SAW. Kalimat jodoh sudah ditangan Tuhan itu akan lebih tepat kita gunakan ketika sudah memiliki pasangan hidup dan ketika kita sudah berjuang mati-matian namun belum juga mendapatkan calon pasangan hidup kita.

Baca juga: Panduan Mencari Jodoh Dunia Akhirat, Jomblo Baca Ini

4 Kriteria Pasangan Hidup yang Layak Kita Nikahi

4 kriteria Memilih Pasangan Hidup

Lantas seperti apa kriteria calon pendamping hidup yang dianjurkan oleh Islam?

Menurut islam terdapat 4 kriteria yang bisa kita gunakan untuk memilih pasangan hidup sebagaimana yang disabdakan oleh Rasulullah SAW

1. Menikah Karena Hartanya

Memilih pasangan hidup berdasarkan harta kekayaan, bukan berarti kita mata duitan alias matre hal tersebut karena ada pertimbangan finansial ketika kita sudah hidup satu atap.

Bukan hal yang biasa pasangan suami istri memilih cerai karena faktor kekurangan ekonomi. Oleh karenanya agama menganjurkan kita untuk memilih pasangan hidup berdasarkan harta kekayaan.

Walau demikian harta bukanlah syarat yang utama melainkan syarat anjuran yang diberikan oleh islam. Menurut Ibnu Hajar jika hadist tersebut menunjukkan pertimbangan kafa’ah yang berarti kesetaraan kondisi suami dan istri dalam perihal ekonomi.

2. Menikah Karena Keturunannya

Ada istilah menarik buah jatuh tak jauh dari pohonnya, alias seorang anak tidak jauh sikap dan perilaku dari keluarganya. Dalam islam keturunan menjadi pertimbangan penting dalam memilih calon pasangan hidup.

Carilah pasangan hidup yang memiliki keturunan orang baik seperti anak ulama, anaknya pejabat, anaknya pengusaha dan lain sebagainya.

Namun hal ini bukanlah anjuran yang utama, karena tidak banyak orang yang terlahir dari keturunan ulama, bangsawan dan pengusaha. 

Baca juga: Susunan Acara Resepsi Pernikahan Setelah Akad Nikah

3. Menikah Karena Kecantikan

Memiliki pasangan hidup yang cantik dan tampan merupakan anugrah yang diberikan Tuhan kepada kita, selain karena enak dilihat juga bisa memperbaiki kualitas keturunan kita.

Olehkarenya Islam menjadikannya sebagai kriteria orang yang baik untuk dinikahi, Namun paras dan cantik bukanlah anjuran yang utama melainkan anjuran pendukung saja. 

Kenapa demikian? Karena paras cantik dan tampan akan layu oleh waktu. Jika anda menikah karena mempertimbangkan alasan ini saja maka kemungkinan besar pernikahanmu tidak akan bertahan lama.

4. Menikah Karena Agama

Dari ketiga kriteria memilih pasangan hidup di atas yang paling utama adalah menikahi seorang perempuan dan pria berdasarkan agamanya.

Jika anda ingin pernikahannya bahagia dunia akhirat maka menikahlah dengan pasangan yang agamanya baik, orang yang agamanya baik akan menentramkan kita ketika gelisah dan akan menuntun kita ketika sedang tersesat.

Menurut Ibnu Hajar sudah seharusnya kita sebagai orang yang beragama menjadikan agama sebagai orientasi dalam melihat segala sesuatu termasuk dalam memilih pasangan hidup.

Itulah 4 kriteria dalam memilih pasangan hidup menurut Islam yang dapat saya bagikan semoga bermanfaat. dan semoga anda dipertemukan dengan pasangan hidup yang baik agamanya. Aamiin!