Cara Melamar Pasangan Hidup

Mengetahui cara melamar pasangan hidup menjadi suatu keharusan bagi sepasang kekasih yang ingin menginjak jenjang hidup yang lebih serius. Melamar berarti kita sudah serius dengan seseorang.

Melamar pasangan hidup ke orang tuanya bukanlah perkara main-main, oleh sebab itu anda harus mempersiapkan beberapa hal supaya lamaranmu diterima.

Selain itu ketika anda ingin melamar wanita  pastikan pasangan kita telah memenuhi kriteria yang dianjurkan oleh Islam untuk lebih lengkapnya silahkan anda baca 4 kriteria Memilih Pasangan Hidup menurut Islam.

Tutorial Melamar Pasangan Supaya Diterima

Cara Melamar Pasangan Hidup 

Lamaran adalah suatu acara yang dilakukan oleh salah satu pasangan meminta pasangan yang lain untuk menjalani status hubungan yang lebih serius (menikah).

Jika pasangan dan keluarga yang dilamar menerima maka mereka akan diikat dengan komitmen yang biasa dikenal dengan tunangan.

Tentu hal itu diharapkan membuat laki-laki mengenal lebih jauh wanitanya, mengingat ada ciri-ciri wanita yang tidak layak dinikahi. Sehingga nantinya tidak salah ketika melangsungkan pernikahan.

Tujuan Melamar Pasangan Hidup

Tentu setiap orang memiliki tujuannya tersendiri mengapa melamar pasangan hidup secepatnya. Namun secara umum tujuannya sebagai berikut:

1. Menghindari salah paham

Melamar pasangan hidup dengan baik merupakan cara paling ampuh untuk menghindari salah paham antara kedua belah pihak. Melamar berarti meminta restu kepada keluarga yang dilamar.

Tentu saja hal itu akan mengurangi salah paham keduanya, dengan adanya lamaran maka orang tua baik laki-laki atau perempuan akan menganggap hubungannya sudah menuju jalan benar sehingga tidak perlu terlalu khawatir.

2. Mempererat hubungan keluarga

Adanya lamaran tentu akan membuat kedua keluarga akan menjalin hubungan yang lebih harmonis. seperti mempererat silaturahmi, mengunjungi ketika ada musibah yang menimpa salah satu keluarga dan lain sebagainya.

3. Menambah rasa cinta.

Tujuan adanya lamaran selanjutnya adalah menambah rasa cinta antara keduanya, 

4. Bentuk komitmen

Tindakan melamar pasangan hidup dapat diartikan sebagai bentuk komitmen keduanya untuk menuju jenjang pernikahan, sehingga satu sama lainnya saling terikat dan tidak diperbolehkan melamar atau menerima lamaran lainnya.

Larangan Melamar Pasangan Hidup

Tidak semua wanita dapat kita lamar ada beberapa golongan wanita yang dilarang dinikahi dan juga dilarang untuk dilamar salah satunya adalah belum dilamar oleh orang lain. karena meminang calon diatas lamaran orang lain dilarang oleh Islam.Sebagaimana sabda Rasulullah;

“Janganlah seorang laki-laki mengkhitbah wanita yang sudah dikhitbah oleh saudaranya, kecuali bila saudaranya itu telah meninggalkannya atau memberinya izin.” (HR. Bukhari).

Baca juga: Cara Ta’aruf yang Baik Merurut Islam Lengkap Dengan Dalilnya

Langkah-langkah  Melamar Pasangan 

Melamar orang haruslah dengan persiapan yang matang dan terencana. Adapun caranya sebagai berikut:

Menata Niat

Sebelum anda memutuskan untuk melamar seorang wanita terlebih dahulu anda mantapkan niat terhadap wanita tersebut, jangan sampai menyesal di kemudian hari.

Menata niat paling tepat dengan cara ta’aruf yang baik menurut Islam. Jangan pernah kita melamar pacar dengan niat selain ibadah.

Baca juga: Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Pastikan pasangan anda siap dilamar

Jika lamaran anda ingin 100% diterima oleh pasangan kita langkah yang paling tepat adalah memastikan pasangan kita mau dilamar. Jangan sampai memaksakan kehendak yang nantinya akan berujung kekecewaan.

Meminta izin sama orang tua

Jika niat anda sudah bulat dan pasangan anda juga sudah bersedia dilamar langkah selanjutnya adalah meminta izin dari orang tua kita.

Jangan sampai setiap langkah kita tidak mendapat restu dari orang tua, apalagi urusan melamar dan menikah.

Bertemu dengan keluarga pasangan

Jika orang tuanya kita sudah setuju alangkah lebih baiknya jika anda datang melamar sendiri ke keluarga pasangan kita sebagai bentuk keseriusan dan kesiapan anda untuk menikah.

Jika anda tidak memiliki keberanian untuk poin ini sedangkan keluarga pasangan kita sudah terdengar jika merestui kita, alangkah lebih baiknya anda skip. dan fokus ke cara selanjutnya.

Mempersiapkan seserahan Lamaran

Mempersiapkan seserahan dalam lamaran bukanlah perkara sepele karena akan ada ibu-ibu rempong yang siap mencabik-cabik isi lamaran dan mengiklankan dari rumah ke rumah untuk di oles menjadi bahan perbincangan.

Lebih baik anda mencari tahu terlebih dahulu kebiasaan di daerah pasangan kita. Jika sudah baru belanja untuk mempersiapkan lamaran.

Menentukan Waktu yang tepat untuk melamar

Carilah waktu yang tepat untuk melamar, usahakan diskusikan dengan pihak wanita yang ingin kita lamar kapan waktu yang paling baik untuk melamar.

Mendatangi kediaman pasangan bersama keluarga

Setelah seserahan dan waktu lamaran sudah ditentukan langkah selanjutnya silahkan anda mendatangi kediaman pasangan yang ingin kita lamar.

usahakan membawa orang yang pandai menata pembicaraan supaya proses lamaran berjalan dengan baik.

Mengakrabkan diri

Setelah lamaran selesai dan anda diterima oleh keluarga pasangan langkah selanjutnya adalah mengakrabkan diri dengan keluarga pasangan.

Seperti silaturahmi di hari baik seperti hari raya dan hari-hari lain. jangan terlalu berlebihan dalam membawa bingkisan sewajarnya saja.

Baca juga: Memahami Rukun dan syarat Nikah menurut Islam

Susunan Acara Lamaran Sederhana di Rumah

susunan acara lamaran yang baik sebagai berikut:

  1. Menyambut rombongan
  2. Pembukan
  3. Pemaparan maksud dan tujuan pelamar
  4. Jawaban dari keluarga perempuan (yang dilamar)
  5. Penyerahan seserahan
  6. Bertukar cincin sebagai bukti pengikat
  7. Acara santai sembari saling memperkenalkan keluarga satu sama lain.
  8. Penutup
  9. Foto Bersama
  10. Balasan lamaran (ada tidaknya tergantung adat wilayahnya)

Demikianlah cara melamar pasangan hidup supaya 100% diterima, semoga bermanfaat dan selamat berproses menuju halal.