Cara Membuat Skripsi yang Baik dan Benar

Membuat skripsi merupakan keharusan bagi mahasiswa semester akhir karena jika tidak membuat tentu saja tidak akan bisa lulus dari kampus, Alias jadi donatur tetap.

Skripsi merupakan karya tulis ilmiyah yang dibuat oleh mahasiswa semester akhir sebagai salah satu syarat untuk menjadi seorang sarjana. Namun  yang menjadi pertanyaan nagimana cara membuat skripsi yang baik dan benar?

Untuk menjawab pertanyaan itu tentu saja tergantung dari kemauan dan kemampuan mahasiswa itu sendiri, jika tahu tatacaranya maka akan bisa membuat skripsi yang baik dan benar.

Sebenarnya skripsi tidak hanya sebagai syarat lulus kuliah tapi menjadi salah satu bentuk jika kita bisa berfikir dan berkarya secara baik dan sistematis sesuai kaidah kepenulisan yang ada. 

Namun untuk membuat skripsi yang baik dan benar kita harus memulainya dengan mencari judul skripsi yang menarik dan sesuai dengan jurusan yang anda tekuni selama kuliah. Dalam menulis skripsi kita harus mengenal hal-hal berikut:

Jenis Metode Penelitian  Skripsi

membuat skripsi yang baik

Dalam membuat skripsi terdapat 2 jenis metode penelitian yang harus anda ketahui yakni penelitian kualitatif dan penelitian kuantitatif.

1. Penelitian Kualitatif

Dalam metode kualitatif pengumpulan data yang digunakan dengan cara wawancara dan observasi oleh peneliti secara mendalam. Dalam metode ini diperlukan analisis yang detail dan teliti supaya mendapatkan hasil yang lebih akurat.

2. Penelitian Kuantitatif

Dalam metode ini biasanya peneliti akan memberikan kuesioner atau sebuah survei kepada narasumber kemudian peneliti akan merangkum data tersebut menjadi sebuah kesimpulan yang akan disajikan dalam skripsinya.

Unsur-unsur skripsi

Secara umum dalam skripsi terdapat 3  unsur penting yang harus disajikan oleh peneliti yaitu bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Sebagai catatan biasanya setiap perguruan tinggi memiliki caranya tersendiri untuk menentukan unsur-unsur skripsi. Namun secara umum sebagai berikut:

1. Bagian Awal Skripsi

Pada bagian awal skripsi akan memuat Sampul, Persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, kata pengantar, daftar isi, daftar tabel yang digunakan dalam skripsi, daftar gambar dan beberapa lampiran yang ada.

2. Bagian Inti Skripsi

Pada bagian inti skripsi akan memuat pendahuluan, kajian pustaka, metode penelitian, hasil penelitian, pembahasan dan penutup yang memuat kesimpulan dan saran yang sesuai dengan hasil penelitiannya.

3. Bagian akhir skripsi

Pada bagian akhir skripsi akan memuat daftar pustaka yang berisi sumber referensi dan lampiran yang yang kita gunakan dalam menulis skripsi.

Situs Mencari Referensi Judul Skripsi

Semakin canggihnya teknologi maka akan semakin mempermudah kita dalam semua hal termasuk mencari judul skripsi melalui beberapa situs yang telah tersedia. Berikut situs mencari judul skripsi yang perlu anda ketahui Baca selengkapnya: Rekomendasi Situs Mencari Referensi Judul Skripsi:

1. Google Scholar

Situs pertama yang mimin rekomendasikan adalah google scholar. Situs ini merupakan salah satu milik google yang berfokus pada literatur ilmiah cocok untuk keperluan akademik seperti untuk makalah, skripsi, dan jenis karya tulis ilmiah lainnya.

Google scholar memang dirancang khusus untuk juragan seorang peneliti baik dosen, mahasiswa dan akademisi lainnya, semua artikel yang ditawarkan dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Adanya artikel itu juga dapat menginspirasi juragan untuk mencari judul skripsi yang cocok dengan penelitian juragan.

2. Repository Universitas

Jika juragan ingin mencari referensi untuk keperluan skripsi dalam disiplin ilmu yang komplek maka menggunakan repository univ menjadi pilihan paling tepat.

Untuk mengakses situs ini juragan perlu mengunjungi situs resmi dari universitas yang bersangkutan baik dengan menggunakan teks atau melalui abstrak. Bahkan juragan bisa mendapatkan bacaan secara gratis dan cuma-cuma.

3. Jurnal Online

Untuk mencari referensi judul skripsi yang mudah tanpa harus mengeluarkan tenaga yang berlebihan adalah dengan cara mengunjungi situs jurnal online. 

Langkah ini selain lebih mudah juga akan menghemat waktu juragan saat mencari referensi. Ada banyak sekali situs jurnal online yang bisa juragan kunjungi salah satunya adalah IEEE Xplore, JSTOR dam ScienceDirect.

4. Portal Akademik

Situs lainnya yang bisa juragan kunjungi untuk mendapatkan referensi judul skripsi adah portal akademik. Dalam portal akademik biasanya akan tersedia beberapa karya tulis ilmiah yang akan relevan dengan penelitian yang akan juragan lakukan.

Ada beberapa portal akademik yang bisa juragan nikmati contoh ProQuest, EBSCOhost dan portal akademik di kampus juragan.

Bagi anda mahasiswa teknik informatika anda perlu mencoba beberapa langkah unutk mencari judul skripsi yangberkaitan dengan teknik informatika Baca Selengkapnya: Referensi Mencari Judul Skripsi Teknik Informatika

Akhir Kata

Dari pemaparan yang telah mimin bagikan diatas dapat kita simpulkan jika dalam membuat skripsi terlebih dahulu yang harus kita lakukan adalah mencari judul yang paling cocok dengan jurusan dan kapasitas juragan sebagai mahasiswa.

Juragan juga bisa memilih ingin melakukan penelitian secara kualitatif maupun kuantitatif, bahkan dalam artikel ini mimin juga menjelaskan beberapa unsur yang harus diketahui oleh juragan sebagai calon penulis skripsi. setidaknya ada beberapa bagian dalam skripsi mulai dari bagian awal, bagian inti dan bagian penutup atau akhir.

Selain itu juga dalam mempermudah juragan mencari referensi judul skripsi telah ada beberapa situs yang menyediakan gambaran untuk juragan kunjungi. Seperti situs google scholar, portal akademik, repository Universitas dan lain sebagainya.

Demikianlah postingan yang dapat mimin bagikan semoga dapat membantu dan bermanfaat untuk juragan, jangan lupa jika engkau tidak bisa menyelesaikan skripsi dengan ideal maka buatlah skripsi yang selesai.