Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Menikah adalah sebuah keputusan bulat yang diambil oleh kedua pasangan antara laki-laki dan perempuan yang nantinya akan melahirkan sebuah hak dan kewajiban antar keduanya.

Hak dan kewajiban seorang suami istri harus dipenuhi dan diterima secara baik supaya kehidupan keluarganya bisa sakinah, mawadah dan warohmah. Jika kewajiban keduanya tidak dipenuhi maka besar kemungkinan hubungan suami istri tidak akan bertahan lama,

Oleh karenanya sebagai suami yang baik tunaikanlah kewajibanmu kepada istri tanpa menuntut lebih hakmu atasnya, dan begitu sebaliknya sebagai istri yang baik tunaikanlah kewajibanmu kepada suami dengan baik tanpa menuntut lebih atas hakmu. maka keharmonisan dalam rumah tangga akan terasa begitu indah.

Upayakan kita jangan menuntut hak secara berlebihan kepada pasangan kita, kita harus bisa menimbang kemampuan dan kapasitas pasangan hidup kita. Namun fokuslah menjalankan kewajiban yang terbaik untuknya.

Dengan bahasa lain fokuslah memberi yang terbaik bukan menuntut sesuatu yang mustahil dikabulkan oleh pasangan hidup kita. Sebagai seorang suami usahakan istrimu menjadi ratu yang selalu engkau sanjung dan engkau sayangi.

Kemudian sebagai seorang istri upayakan suamimu laksmana raja ketika berhadapan dengan dirimu, junjung harkat dan martabatnya jaga kewibawaanya atas keluarga dan orang disekitarmu.

Baca juga: Cara Ta’aruf yang Baik Merurut Islam Lengkap Dengan Dalilnya

Hak dan Kewajiban Suami Istri 

hak dan kewajiban suami istri

Untuk menggapai kehidupan yang seperti itu anda harus tahu mengenai hak dan kewajiban suami istri dalam rumah tangga menurut Islam.

Hak suami dalam rumah tangga

Sebagai seorang suami anda memiliki beberapa hak yang harus dipenuhi oleh istri anda, antara lain.

1. Hak ditaati oleh istri dalam semua perkara selain maksiat kepada Allah.

2. Hak dilayani dengan baik oleh istri

3. Seorang istri tidak boleh keluar rumah dan tidak boleh puasa sunnah tanpa izin sang suami, oleh karenanya anda memiliki hak dimintai sebuah izin oleh istrimu.

Baca juga: Golongan Wanita yang Dilarang Dinikahi dalam Islam

Kewajiban suami dalam rumah tangga

Selain hak seorang suami harus melaksanakan kewajibannya dengan baik kepada istrinya, adapun kewajiban antara lain:

1. Mahar

Mahar merupakan kewajiban pertama yang diberikan oleh suami kepada istrinya. 

Baca juga: Ini Ciri-ciri Wanita Tidak Layak Dinikahi

2. Nafkah Pakaian dan Tempat Tinggal

Selain memiliki kewajiban memberikan mahar kepada istri seorang suami juga memiliki kewajiban menafkahi istri berupa pakaian dan tempat tinggal. 

3. Menggauli istri dengan baik

Kewajiban selanjutnya yang harus dilakukan oleh suami kepada istri adalah menggaulinya dengan cara yang baik.

Adapun caranya yakni berbicara dengan santun dan penuh lemah lembut kepada istri, kemudian bersikap secara arif dan sangat menjunjung harga diri seorang istri dan lain sebagainya.

4. Menjaga istri dari dosa

Sebagai seorang pemimpin dalam rumah tangga anda memiliki kewajiban membimbing istri ke jalan yang baik yakni jalan menuju Allah SWT.

Oleh karenanya kita dituntut untuk berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga bidadari surga kita (istri) dari perbuatan dosa. 

5. memberikan cinta dan kasih sayang

Sebagai seorang suami yang baik kita wajib mencurahkan rasa cinta dan rasa sayang kita kepada istri dan keluarga kita, dengan cara memberikan perhatian, dan selalu membuatnya nyaman dan aman saat bersama kita.

Memberikan cinta dan kasih sayang tidak hanya diucapkan dengan lisan saja melainkan harus diimbagi dengan perbuatan yang mempu menyenangkan dan mendekatkan kepada Allah.

Selain suami, seorang istri juga memiliki hak dan kewajiban yang harus dipenuhi dan terpenuhi, adapun hak dan kewajiban seorang istri sebagai berikut:

Baca juga: 4 kriteria Memilih Pasangan Hidup menurut Islam

Hak istri dalam rumah tangga

1. Seorang istri berhak atas mahar yang diberikan oleh suami kepadanya dengan perasaan suka rela.

2. Seorang istri juga memiliki hak dinafkahi lahir dan batin oleh seorang suami, seperti nafkah pakaian, makan dan tempat tinggal.

3. seorang istri juga berhak atas perlakuan baik dari seorang suami selama menjalani hubungan rumah tangga.

4. Seorang istri juga berhak atas perlakuan secara adil dan dibimbing oleh suaminya menuju jalan yang diperintahkan oleh Allah SWT.

Kewajiban Istri dalam rumah tangga

Sama halnya dengan seorang suami istri juga memiliki kewajiban yang harus diupayakannya dalam rumah tangga, antara lain.

1. Mentaati seorang suami

Wibawa dan harga diri seorang suami terletak pada ketaatan seorang istri padanya. Oleh sebab itu seorang istri wajib mentaati suaminya dalam segala hal selain urusan maksiat.

2. Mengikuti Suami

Dalam Islam seorang istri harus mengikuti kehendak suaminya terlebih dalam urusan tempat tinggal, Jika ada dua pilihan antara ikut orang tua atau suami maka pilihannya seorang istri harus tunduk dan patuh pada suaminya.

Namun jika di wilayah tertentu ada kebiasaan seorang suami ikut istri maka bicarakan dengan baik pada suami anda, jika suami menolak tinggal dengan orang tua istri maka seorang istri harus lebih mengikuti kehendak suaminya.

3. Menjaga kehormatan diri

Bagi seorang perempuan yang sudah menikah maka harus menjaga kehormatannya untuk suaminya. Seorang istri tidak diperbolehkan keluar rumah tanpa seizin suami.

Selain itu seorang istri dilarang menerima tamu lawan jenis tanpa seizin suaminya, hal ini untuk menghindari terjadinya fitnah yang menjerumuskan keluarga tersebut.

Kesimpulan

Dari pemaparan tentang hak dan kewajiban suami istri diatas dapat kita simpulkan jika seorang yang telah berumah tangga baik suami atau istri memiliki hak dan kewajibannya sendiri yang harus dipenuhi.

Jika kewajiban tersebut dilaksanakan dengan baik maka pasangan suami istri akan hidup rukun dan damai, sesuai dengan perintah Agama.

Namun jika hak dan kewajiban keduanya terbengkalai karena kelalaian maka tinggal menunggu kehancuran dari rumah tangga yang dibangun oleh keduanya.