Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Memindahkan file hp ke flashdisk atau jenis memori eksternal lainnya bukan sebuah hal sunnah, melainkan keharusan yang dilakukan oleh kita yang ingin hp tetap berjalan normal.

Jika kita tidak memindahkan file, foto, video, lagu ke flashdisk maka besar kemungkinan hp kita akan mengalami bootloop.

Biasanya orang akan melakukan 2 tindakan penting ketika memori internal hp mulai penuh. Pertama, menghapus file. Tindakan ini perlu dilakukan untuk kategori file yang sudah tidak digunakan lagi atau file sampah.

Tindakan kedua adalah memindahkan file dari hp ke flashdisk dan jenis penyimpanan eksternal lainnya. Hal ini tentu diperlukan ketika file yang terdapat di hp kita masih kita perlukan alias file penting.

Bahaya Membiarkan File HP Menumpuk

Memindahkan File dari HP ke Flashdisk 

Semakin lama kita menggunakan hp maka akan semakin kecil kapasitas penyimpanan yang tersedia di memori internal kita. tentu saja langkah memindahkan file hp ke flashdisk otg dan jenis lainnya sangat diperlukan.

Selain memindahkan ke flashdisk ada juga beberapa drive  yang bisa kita gunakan untuk menyimpan dokumen penting yang kita miliki seperti hardisk, Laptop dan beberapa aplikasi yang bisa kita akses secara online.

Jadi tidak ada alasan bagi kita untuk tidak memindahkan file hp yang mulai penuh ke flashdisk dan jenis penyimpanan eksternal lainnya. Karena jika tidak memindahkannya akan beresiko memori internal menjadi penuh.

Ketika memori internal penuh, maka akan berbahaya untuk hp yang kita miliki. Berikut beberapa dampak jika memori hp internal kita penuh.

1. Lemot. Jika Memori internal hp anda dibiarkan menumpuk maka yang paling nyata anda rasakan adalah proses hp yang lemot ketika digunakan.

2. Hp cepat panas. Selain lemot dampak yang biasa terjadi ketika memori hp penuh adalah hp kita akan bekerja lebih ekstra sehingga menyebabkan cepat panas.

3. Dampak ketiga adalah hp sering eror, seperti ketika kita sedang menonton video tiba-tiba mati sendiri, hp ke restart sendiri dan lain sebagainya. Hal ini masih terbilang dampak kecil.

4. Bootloop. Dampak yang paling berbahaya adalah bootloop, sehingga hal ini akan menjadi momok yang mengerikan bagi kita. Bisa jadi karena bootloop maka file penting yang kita miliki harus hilang karena hp harus di reset ke setelan pabrik.

Baca juga: Takut Diganggu, Ini Cara Sembunyikan Status Online WA di Hp

Memindahkan Memori hp ke Flashdisk dengan OTG

Cara ini memungkinkan anda untuk memindahkan file hp ke flashdisk tanpa komputer, seperti yang kita ketahui beberapa hp baik itu merk samsung, xiaomi, vivo dan merk lainnya sekarang sudah dilengkapi dengan fitur otg.

Fitur ini membuat kita bisa  memindahkan file dari hp ke flashdisk dengan cepat.  Mengingat caranya yang simpel dan mudah tentu ini menjadi cara paling sering orang lakukan.

Tetapi, pada kenyataanya tidak semua hp dilengkapi dengan fitur ini. Nah, terus gimana dong? Jangan khawatir masih banyak cara kok yang bisa anda lakukan untuk memindah file penting di hp ke flashdisk.

Cara yang akan saya paparkan ini juga berlaku bagi anda yang tidak memiliki kabel otg. Baiklah supaya tidak terlalu  panjang lebar saya akan ke poinnya.

Baca juga: Cara Edit Foto Ganti Wajah Orang Lain Online Tanpa Aplikasi

Cara Menyalin File dari HP ke Flashdisk tanpa OTG

Transfer file hp ke flashdisk  bisa anda lakukan jika hp yang anda pegang saat ini belum dilengkapi dengan fitur otg. 

Hanya saja cara menyalin file foto, video dan lagu dari hp ke flashdisk dengan komputer ini terbilang sedikit memakan waktu.

Kenapa begitu?

Ya karena anda tidak bisa memindahkan file dari hp langsung ke flashdisk, anda masih memerlukan alat ketiga yakni komputer untuk menjembatani hp anda dengan flashdisk.

Cara Transfer file hp ke flashdisk dengan card reader

Bagi anda yang ingin memindahkan file foto dan video tanpa otg, anda bisa melakukannya dengan bantuan card reader.

adapun caranya sebagai berikut:

1. Pilih file yang ingin anda pindah ke flashdisk dengan cara mengcopy keseluruhan kemudian paste di memori eksternal.

2. Setelah proses selesai silahkan anda buka memori eksternal tersebut.

3. Pasang memori eksternal ke card reader yang anda miliki.

4. Masukkan card reader yang berisi memori eksternal ke komputer melalui soket USB.

5. Masukkan flashdisk ke port komputer lainnya.

6. Buka file yang berada di memori eksternal kemudian potong dengan cara tekan tombol ctrl+x kemudian buka flashdisk dan tentukan tempat penyimpanan kemudian paste dengan cara tekan tombol ctrl+v maka semua file secara otomatis tersalin.

7 selesai.

Baca juga: Cara Menampilkan Layar HP Vivo di Laptop Tanpa Kabel

Cara Memindahkan file hp di flashdisk dengan Kabel Data

Selain menggunakan card reader anda juga bisa memindahkan dengan mudah file hp ke flashdisk dengan menggunakan bantuan kabel data.

adapun caranya sebagai berikut:

1. Siapkan kabel data sebagai penghubung hp dengan komputer

2. Aktifkan debug USB pada hp yang anda miliki supaya file bisa terbaca

3. Masukkan kabel data ke hp dan laptop

4. Masukkan flashdisk ke komputer juga

5. Buka file di hp yang ingin anda pindah melalui komputer kemudian pilih semua file lalu cut dengan cara klik tombol ctrl+x kemudian paste di flashdisk dengan menekan tombol ctlr+v secara bersamaan.

6. Langkah selesai.

Baca juga: Cara Cepat Download Video Youtube Tanpa Aplikasi di PC

Cara salin file hp ke flashdisk dengan bluetooth

Cara terakhir yang bisa anda gunakan untuk menyalin atau memotong file  hp ke flashdisk dengan menggunakan bantuan bluetooth.

Cara ini relatif lebih simple namun jika file yang anda kirim memiliki kapasitas yang tinggi maka saya tidak menyarankan anda menggunakan cara ini karena akan lebih lama prosesnya. 

Langkah-langkah yang perlu anda lakukan adalah anda hubungkan bluetooth yang terdapat di hp dan komputer (jangan lupa aktifkan bluetoothnya).

Selanjutnya anda pilih semua  file kemudian kirim ke komputer melalui perantara bluetooth, tunggu hingga proses selesai.

Setelah semua file sudah terkirim selanjutnya  anda buka file tersebut di folder bluetooth kemudian cut dengan menekan ctrl+x lalu tekan tombol ctrl+v di flashdisk 

Setelah proses tersebut anda lakukan maka file akan secara otomatis akan pindah ke flashdisk 

Itu cara memindahkan file hp ke flashdisk dengan bantuan fitur otg atau bukan. Semua cara memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Selamat mencoba.