Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Kaya Raya

Memulai bisnis dari nol - Menjadi seorang pebisnis merupakan dambaan bagi orang yang ingin menciptakan lapangan pekerjaan bukan bekerja untuk orang, Walau begitu terkadang kita saat ingin memulai tidak memiliki modal sama sekali, Oleh karenanya kita butuh mengetahui cara memulai bisnis dari nol.

Sudah banyak sekali kisah orang sukses yang memulai usahanya dari nol, Seperti Chairul tanjung, Jack Ma dan lain sebagainya. Dari kisahnya kita seharusnya belajar jika ingin sukses berbisnis harus memiliki semangat dan kemauan yang tinggi.

Tentu saja memulai bisnis dari nol tanpa modal tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, masih ada harga yang harus anda bayar dengan keringat dan perjuangan tanpa mengenal lelah.

Bagaimana Cara memulai Bisnis Dari Nol?

Cara Memulai Bisnis Dari Nol Sampai Kaya Raya
Memulai Bisnis Dari Nol

Memulai bisnis dari nol sampai sukses dan kaya raya harus anda yakini dalam hati, Jika anda sudah yakin akan sukses dengan berbisnis maka tugas anda adalah memulainya.

Bagi anda yang ingin sukses membuat dan memulai bisnis dari nol, saya ucapkan selamat karena anda berada pada artikel yang akan mengantarkan anda pada kesuksesan bisnis di masa depan.

Tips Memulai Bisnis Dari Nol Hingga berhasil

Tips Memulai Bisnis Dari Nol

Setidaknya mimin telah merangkum 8 tips cara memulai bisnis dari nol yang harus anda lakukan supaya berhasil di masa yang akan datang. 

Berikut cara memulai bisnis dari nol sendiri atau berkelompok:

Tentukan Ide Bisnis

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menentukan ide bisnis yang akan anda jalani nantinya. Proses ini terbilang sederhana tapi memiliki tingkat kesulitan tersendiri bagi para pelakunya. Kenapa demikian?

Karena banyak sekali mimin temui orang yang ingin menjadi pengusaha atau pebisnis ketika ditanya mau bisnis apa? mereka kebingungan untuk menjawabnya.

Oleh karenanya saran mimin anda berbisnis sesuai dengan passion yang dimiliki, contoh: Jika anda memiliki bakat desain maka bukalah jasa desain.

Baca juga: 30 Ide Bisnis Modal di bawah 1 juta Dan Kunci Suksesnya Untuk Pemula

Melihat Peluang Pasar

Langkah yang tak kalah pentingnya adalah riset pasar anda, ketika anda sudah yakin dengan ide bisnis yang anda tetapkan maka lihatlah peluang pasarnya jangan sampai anda asal melangkah tanpa tahu kebutuhan pasar.

Analoginya seperti ini jika anda ingin ikan maka jangan pancing  dengan ikan goreng kesukaan kita. 

Cobalah melihat kebutuhan pasar dan potensinya terhadap produk atau jasa yang akan kita tawarkan pada mereka. jangan sampai anda menjual pupuk tumbuhan pada nelayan karena mereka tidak terlalu membutuhkannya.

Baca juga: 50+ PELUANG USAHA DI DESA BAGI PEMULA

Mengenal kompetitor

Setelah anda melakukan riset pasar dan hasilnya sangat berpotensi, maka langkah selanjutnya yang harus anda lakukan adalah mengenal siapa kompetitor bisnis anda.

Mengetahui pesaing menjadi kunci penting dalam bisnis, namun jangan hanya fokus pada mereka, lihatlah dengan tujuan melakukan inovasi terhadap produk sehingga usaha anda memiliki nilai lebih dari pada milik pesaing anda.

Maksimalkan pesaing anda untuk belajar berbisnis dengan baik, bersainglah dengan mereka secara sehat dan benar. karena nilai bisnis yang sesungguhnya adalah kemanfaatan bagi kita dan orang lain.

Miliki Mentor

Bagi kita yang ingin mengetahui cara memulai bisnis dari nol untuk pemula, Langkah yang paling tepat adalah memiliki mentor dalam berbisnis.

Memiliki mentor dalam berbisnis akan mempermudah kita dalam melangkah, serta membuat kita cepat sukses daripada tidak memilikinya.

Namun yang perlu digaris bawahi poin ini tidak terlalu penting anda ikuti, karena terkadang membayar seorang mentor bisnis harus mengeluarkan uang yang lumayan banyak. Sedangkan usaha yang kita jalani masih belum apa-apa.

Berani Mengambil resiko

Bagi kita yang baru memulai bisnis dan tidak memiliki modal sama sekali, sedangkan ide bisnis yang telah kita tentukan harus mengeluarkan uang, maka anda harus berani mengambil resiko dengan cara mencari hutangan atau bermitra dengan teman, kerabat dan saudara.

Langkah ini tentu saja sangat berisiko untuk anda lakukan, tapi jika anda tidak mengambil resiko maka sebenarnya itu jauh lebih berisiko bagi anda.

Sekali lagi saya tegaskan, jika anda ingin hidup seadanya maka berbisnis tidak cocok bagi anda, dunia bisnis adalah dunianya para pemberani bukan pecundang.

Bergabung Dengan Komunitas Bisnis

Langkah paling tepat jika kita ingin belajar tentang bisnis serta termotivasi untuk berbisnis maka bergabunglah dengan komunitas bisnis yang berada di daerah anda.

Jika di daerah anda tidak ada komunitas bisnis mungkin anda bisa bergabung dengan komunitas yang berada di media sosial seperti Facebook, Telegram atau WhatsApp.

Gunakan komunitas itu sebagai sarana belajar serta sarana menambah jaringan bisnis, sehingga bisnis anda akan lebih cepat berhasil dan sukses.

Teruslah merasa lapar

Langkah selanjutnya teruslah merasa lapar, apa maksud itu? maksudnya anda jangan gampang puas dengan pencapaian. Teruslah berbenah layaknya orang yang kelaparan mereka berjuang mati-matian untuk bisa makan.

Dalam konteks ini bukan berarti saya mengajarkan anda untuk menjadi serakah dan kurang bersyukur, Tapi teruslah lapar untuk mendapatkan lebih banyak sehingga bisa berbagi pada orang lain lebih banyak lagi.

Jangan jadi orang yang gampang puas dengan pencapaian jika anda masih bisa membantu satu orang maka berfikirlah untuk membantu seribu orang lagi. teruslah merasa lapar dalam bingkai kebaikan.

Mulai, Mulai dan Mulai

Setelah anda mengetahui 7 langkah diatas semua akan terasa omong kosong jika anda tidak melakukan tips yang terakhir ini. 

Saya teringat dengan pesan seorang pebisnis yang pernah saya temui,menurutnya untuk menjadi sukses dalam berbisnis hanya ada 8 langkah yaitu merencanakan, memulai, memulai dan memulai hingga nomor yang ke delapan.

Langkah paling sulit bagi orang yang tidak pernah berbisnis adalah memulai, padahal tidak ada ceritanya  orang kaya raya, orang sukses dan orang berhasil dalam bidang apapun tanpa memulainya.

Oleh karenanya mulailah berbisnis dari apa yang anda bisa. Jangan banyak alasan karena hanya pemalas dan pecundang yang pandai merangkai dan membuat alasan seolah-olah tindakannya dapat dibenarkan

Teruslah semangat memulai bisnis dari nol hingga mencapai keberhasilan yang tak terhingga di masa yang akan datang.