Sedekah Membuat Kita Kaya dan Sukses

Sedekah Membuat Kita Kaya dan Sukses

Sedekah membuat kita kaya - Disadari atau tidak selain faktor internal, faktor eksternal juga sangat berpengaruh terhadap kesuksesan kita. 

Seorang pedagang akan sukses tatkala ada orang yang membeli dagangannya, seorang politikus akan membutuhkan banyak suara dari masyarakat untuk bisa duduk di kursi bergengsi para elit negeri ini, seorang motivator akan menjadi pembicara hebat tatkala sering diundang dan sering didengar pembicaraannya Serta seorang kepala keluarga akan dinilai sukses tatkala dihormati dan dihargai oleh anak dan istrinya. 

Kenapa demikian? karena kita adalah makhluk sosial yang tak bisa hidup sendiri, jika anda bisa melihat orang lain sebagai aset kesuksesan anda maka anda tidak akan berperilaku tidak baik terhadapnya.


DAFTAR ISI

Manfaat Banyak Sedekah 1. Ditambah rezeki 2. Sedekah Mendatangkan Cinta Kasih 3. Sedekah Adalah Security Terbaik dalam Hidup Rumus Sukses Sedekah Kisah Sedekah yang Menyentuh Hati

Memperbanyak sedekah merupakan cara terbaik untuk meraih kesuksesan yang anda canangkan, sedekah adalah bentuk kasih kita kepada orang lain, ketika engkau memberi dengan tulus, maka engkau akan mendapatkan balasan yang lebih baik.


Manfaat Banyak Sedekah


Adapun manfaat orang yang suka bersedekah


1. Ditambah Rezekinya


Mulai hari ini, merubah pola pikir kita dari “Apa yang bisa kita dapatkan” menjadi “Apa yang bisa kita berikan” karena semakin banyak kita sedekah maka otomatis semakin banyak kita akan menerima. Ingatlah, orang yang dermawan kepada orang lain sebenarnya ia sangat dermawan pada dirinya.

 

Seperti halnya yang dilakukan oleh penjual nasi di dekat kost dulu saat saya kuliah, beliau menamakan warungnya dengan sebutan ‘Warung Bambu’ setiap hari warung itu tidak pernah sepi dan selalu banyak pembeli berdatangan. 


Hal tersebut dikarenakan kedermawanan sang penjual pada pelanggannya. Pernah suatu ketika saya membeli di tempat itu, yang biasanya harga satu porsi nasi 7 ribu rupiah, beliau menarik harga menjadi 6 ribu. 


Selain itu porsi yang beliau sediakan cenderung dilebih-lebihkan, jika 7 ribu seharusnya hanya mendapatkan ikan tongkol dan 2 tahu, beliau terkadang menambah menjadi 4 tahu dan sayur-sayuran. Ketulusan memberi yang terbaik membuat warung itu sangat dicintai dan digemari oleh pelanggan-pelanggannya yang mayoritas seorang mahasiswa.

 

Sedekah yang dipraktikkan oleh penjual di warung bambu tersebut secara tidak langsung membuat pembeli bercerita pada teman-temannya sehingga membuat semakin banyak pelanggannya, karena hal itulah beliau panen rezeki yang lebih banyak pula setiap harinya.

 
2. Sedekah Mendatangkan Cinta Kasih


Selain mendatangkan rezeki yang melimpah Sedekah juga mendatangkan cinta kasih, semakin anda banyak sedekah maka anda semakin dicintai. 


Cinta datang bukan soal berapa banyak uang yang anda kumpulkan, tetapi cinta akan datang ketika anda ringan tangan untuk bersedekah pada orang yang lebih membutuhkan.

 
3. Sedekah Adalah Security Terbaik dalam Hidup


Sudah kita ketahui bahwasannya salah satu faktor terjadinya kriminalitas merupakan kesenjangan ekonomi yang ada di masyarakat, semakin jauh jarak pendapatan antar masyarakat maka semakin berpotensi terjadi kriminalisasi. 


Sedekah merupakan jembatan untuk mengurai kesenjangan tersebut. Semakin kita banyak sedekah maka semakin aman harta yang kita miliki.

 

Suatu ketika saya berdiskusi dengan salah satu teman dekat, sebut saja Namanya Fulan dia merupakan anak pengusaha di daerahnya,  Ayah dan Ibunya pernah kemalingan, padahal keluarganya tidak pernah jahat sama orang lain, karena kejadian itu mereka berunding dan menafsirkan kejadian itu karena faktor kurang bersedekah.


Mereka hanya melaksanakan kewajiban zakat saja, kemudian ia menjelaskan “Sejak bersedekah, sampai sekarang Alhamdulillah tidak pernah kemalingan lagi.” Bagi saya Sedekah merupakan security terbaik dalam hidup ini.”


Rumus Sukses Sedekah

 

Menurut logika Sedekah semakin menguras harta, tapi ingat! itu adalah logika yang salah, justru logika yang benar adalah memberi semakin menambah harta. Maka dari itu, mari kita rubah rumus yang tertanam dalam pola pikir kita

Jika anda mengatakan rumus memberi adalah

P(pendapatan) – M (memberi) = N

Maka rumus itu salah, yang benar adalah

 

P (pendapatan) x M (memberi) = N

 

Artinya semakin kita banyak sedekah bukan semakin berkurang harta yang kita miliki, melainkan semakin bertambah beberapa kali lipat. Jika tidak ditambah di dunia maka akan anda rasakan hasilnya di akhirat.


Kisah Sedekah yang Menyentuh Hati

 

Ketika saya sedang duduk mendengarkan khutbah sholat jum'at, orang disamping saya menyodorkan kotak amal di depan saya, kebetulan saat itu saya hanya memiliki uang sepuluh ribu, yang tak lain merupakan jatah makan saya hari itu, tanpa berpikir panjang saya masukkan uang itu kedalam kotak amal tersebut. 


Usai shalat jum'at, perut saya mulai terasa lapar, dan berkat ‘tangan’ Allah, teman kosan minta ditemani makan, kemudian setelah itu saya ditelpon oleh kepada desa untuk datang kerumahnya dan diberi uang sebesar dua ratus ribu rupiah.  Sejak itu saya semakin percaya dengan firman Allah.


“Dan perumpamaan orang yang membelanjakan hartanya karena mencari keridhaan Allah dan untuk keteguhan jiwa mereka, seperti sebuah kebun yang terletak di dataran tinggi yang disiram oleh hujan lebat, maka kebun itu menghasilkan dua kali lipat. Jika hujan lebat tidak menyiraminya, maka hujan gerimis (pun memadai). Dan Allah Maha Melihat apa yang kamu perbuat,” (QS. Al-Baqarah: 265).

 

Sungguh sangat rugi orang yang tidak mau sedekah, oleh karenanya mulai hari ini perbanyaklah sedekah karena dengan sedekah anda semakin banyak menerima, dan semakin banyak anda menerima maka semakin banyak pula anda memiliki kesempatan untuk sedekah. Lantas apakah  yang sudah anda sedekahkan hari ini?