Susunan Acara Resepsi Pernikahan Setelah Akad Nikah

Susunan acara resepsi pernikahan menjadi suatu yang harus betul-betul direncanakan secara matang, jangan sampai setelah acara akad nikah, resepsi yang akan anda lakukan malah berantakan karena minim persiapan.

Apa yang Dimaksud Dengan Resepsi Pernikahan?

Susunan Acara Resepsi Pernikahan
Susunan Acara Resepsi Pernikahan

Resepsi pernikahan adalah acara yang dirancang setelah proses akad nikah dengan tujuan menjalin hubungan baik antar kedua belah pihak baik antara keluarga, sahabat dan para tamu undangan lainnya.

Tentu saja resepsi pernikahan yang baik harus dipersiapkan oleh kedua belah pihak supaya dalam pelaksanaanya lancar dan penuh berkah.

Baca juga: Cara Ta’aruf yang Baik Merurut Islam Lengkap Dengan Dalilnya

Resepsi Pernikahan Dalam Islam

Resepsi Pernikahan

Dalam islam resepsi pernikahan lebih dikenal dengan istilah walimatul ursy. Biasanya acara ini dilakukan dengan cara makan-makan untuk merayakan pernikahan  kedua mempelai.

Adapun hukum resepsi pernikahan menurut Syekh Muhammad bin Qasim dalam fathul qorib adalah sunnah. Adapun yang dimaksud oleh beliau adalah memberikan jamuan makan. Bagi orang mampu setidaknya satu ekor kambing sedangkan bagi yang tidak mampu seadanya saja.

Dalam islam Resepsi pernikahan yang bagus adalah yang dilaksanakan secara sederhana tanpa berlebih-lebihan, dengan cara menyuguhkan makanan semampunya jangan sampai memaksa berhutang kesana-sini, sehingga akan sangat menyusahkan kedua belah pihak.

Prinsip resepsi pernikahan dalam Islam yang mimin pelajari dari website NU online adalah kesetaraan.

Baca juga: Catat, Ini Bulan Yang Baik Untuk Menikah Menurut Islam

Biaya Resepsi Pernikahan

Foto Resepsi Pernikahan

Sebenarnya mahal atau tidaknya biaya resepsi tergantung dari seperti apa acara yang dilaksanakan. Jika acara resepsi pernikahan mewah maka akan memakan biaya ratusan juta bahkan milyaran.

Tapi jika resepsi pernikahan sederhana, mimin sayakin uang 5 juta sudah sangat cukup. Terkadang mimin heran dengan kebiasaan manusia indonesia ini. Mereka rela membesar-besarkan resepsi padahal semuanya bersumber dari hutang.

Kalau mimin lebih baik resepsi sederhana, tapi uang yang dimiliki manfaatkan untuk kepentingan setelahnya, seperti membeli rumah, Motor atau mobil yang sekiranya lebih manfaat. Bagaimana dengan anda setuju, tidak?

Baca juga: Hak dan Kewajiban Suami Istri dalam Rumah Tangga Menurut Islam

Susunan Acara Resepsi Pernikahan 

Bagi anda yang membutuhkan referensi resepsi pernikahan maka jangan khawatir , minin akan membagikan rundown acara resepsi pernikahan yang sering mimin kunjungi. 

1. Pembukaan

Sebelum acara dimulai seorang MC mengucapkan selamat datang pada para tamu undangan yang mewakili keluarga salah satu mempelai, Kemudian  acara terlebih dibuka dengan pembacaan surat al-fatihah yang dipimpin oleh MC sendiri atau diberikan pada sesepuh atau tokoh agama yang hadir.

2. Sambutan Kedua Mempelai

Usai pembukaan acara dilanjutkan dengan sambutan oleh kedua belah mempelai, Biasanya hal ini berisi serah terima yang mana pihak mempelai pria menyerahkan anak nya dan pihak mempelai wanita menerimanya.

Hal ini juga sangat bergantung terhadap budaya dan adat yang berlaku di setiap wilayah. Ada juga yang pihak wanita menyerahkan anaknya dan pihak pria menerimanya. 

3. Ceramah tentang pernikahan

Alangkah lebih baiknya jika resepsi pernikahan di isi dengan ceramah agama dengan tema seputar pernikahan, hitung-hitung kedua belah mempelai sambil belajar tentang pernikahan. 

namun jika bajet yang dimiliki sangat minim hal ini tidak terlalu wajib untuk dilakukan. Karena sangat tidak elok jika kita hanya berterima kasih pada penceramah tersebut tanpa ada amplop walau sedikit..

4. Pembacaan Doa

Setelah ceramah acara dilanjutkan dengan pembacaan doa, hal ini bertujuan supaya pernikahan kedua mempelai berjalan lancar. dan dapat ridho Allah.

5. Makan-makan

Setelah pembacaan doa, silahkan para tamu diberikan hidangan untuk dimakan, sajikanlah makanan sewajarnya dan jangan berlebihan.

Pastikan semua tamu undangan mendapatkan jatah makan, karena biasanya urusan perut itu berefek panjang hehe.

6. Foto Bersama Sembari Mengucapkan Selamat

Setelah acara makan-makan dipersilahkan bagi para tamu undangan untuk mengucapkan selamat dan berfoto bersama dengan kedua mempelai.

usahakan anda menyewa tukang foto yang profesional supaya hasil fotonya lebih bagus, karena setelah anda selesai resepsi hanya foto yang akan mengingatkan anda terhadap perjuangan anda menuju halal.

Namun jika keuangannya minim anda cukup menggunakan kamera hp. Jangan lupa upload hasil fotonya di media sosial supaya teman anda yang belum menikah termotivasi untuk segera menikah hehe.

7. Penutup

Setelah acara selesai silahkan pembawa acara menutup acara dengan permintaan maaf dan ucapan terima kasih kepada semua tamu undangan.