8 Cara Jualan di WA Agar Cepat Laku dan Laris Manis

Aplikasi whatsApp semakin menjadi primadona di hati masyarakat, jika dulu kita menggunakan aplikasi ini sebagai berkirim pesan dan melakukan panggilan biasa dengan orang lain kini anda bisa menggunakan aplikasi whatsApp sebagai sarana jualan, loh. Penasaran bagaimana cara jualan di wa? Simak tulisan mimin sampai selesai, oke.

Di era yang semakin canggih, banyak sekali orang yang berjualan online dengan menggunakan beberapa platform salah satunya adalah whatsApp business. Aplikasi jualan di wa ini  akan membantu dagangan anda cepat laku dan bisa untung berlipat-lipat asalkan dikelola dengan benar.

Bagi juragan yang belum mengetahui cara jualan di whatsApp business, jangan khawatir karena mimin akan mendampingi juragan dari nol sampai kaya raya. Mimin akan menjelaskan cara jualan online di wa agar cepat laku.

Bagaimana cara banjir orderan di whatsApp?

Sebelum kita membahas tips jualan di wa supaya cepat laku anda harus melakukan riset pasar terlebih dahulu, Jangan sampai anda menjual pancing ikan di tempat yang mayoritas adalah petani.

Usahakan juragan menekuni bisnis yang memiliki lingkup pasar luas tidak hanya segelintir orang saja yang akan membeli produk jualan di wa nantinya.

Cara Jualan di WA Bisnis Yang Cepat Laku dan Laris Manis

8 Cara Jualan di WA Agar Cepat Laku dan Laris Manis
Cara Jualan di WA

Untuk berjualan di wa setidaknya ada 9 langkah-langkah sukses dagang dengan whatsApp yang harus anda ketahui. 

Baca juga: Cara membuat tulisan berwarna di wa dengan Fancy Text Generator

1. Buat Akun WA Bisnis

wa bisnis

Supaya jualan online Laris manis di wa anda terlebih dahulu harus membuat akun whatsApp Bisnis supaya para pelanggan anda lebih yakin jika toko yang anda kelola bukanlah toko abal-abal.

Aplikasi wa bisnis akan  membantu anda saat mempromosikan jualan, dengan menggunakan aplikasi ini anda bisa merespon pelanggan dengan cepat karena memiliki fitur menanggapi pesan dengan cepat, menyortir dan lain sebagainya.

Bagi anda yang tidak mengetahui bagaimana cara membuat akun whatsApp Business silahkan ikuti langkah berikut ini

  • Buka Google Playstore
  • Kemudian Silahkan anda cari WhatsApp Bisnis
  • Silahkan anda unduh aplikasinya
  • Setelah itu buka WhatsApp Business
  • Klik ‘Setuju dan lanjutkan’ untuk menerima ketentuan layanan
  • Masukan Nomor hp 
  • Selanjutnya silahkan anda masukan kode otp yang diterima melalui SMS atau panggilan.
  • Izinkan semua akses yang ditawarkan
  • Membuat akun bisnis dengan memasukan nama bisnis, tentukan kategori bisnis dan salin foto profil bisnis

Catatan: pada profil bisnis usahakan isi dengan informasi sedetail mungkin seperti alamat (sertakan maps) tulis deskripsi yang baik dan mudah dipahami, isi juga  jam kerja dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Membuat Tulisan Unik di WhatsApp (WA) Paling Lengkap

2. Gunakan Hanya satu Nomor

Kontak hp

Apakah juragan menggunakan nomor yang sama antara yang dipakai untuk jualan dengan pribadi? Jika iya, silahkan juragan tinggalkan cara jualan online di wa ini.

Juragan harus memiliki nomor khusus jualan di whatsApp dan nomor khusus pribadi yang dipakai sehari-hari.

Hal ini bertujuan supaya juragan lebih fokus mengembangkan bisnis melalui aplikasi whatsApp. Mulailah dengan cara memisah urusan pribadi dengan urusan bisnis.

3. Manfaatkan Wa Katalog

wa katalog

Cara jualan yang laku di wa selanjutnya adalah memanfaatkan fitur katalog yang ada di whatsApp bisnis. Melalui fitur ini juragan bisa menawarkan produk dengan menggunakan deskripsi dan harga yang bisa dilihat oleh calon pelanggan anda.

Adapun cara mengoperasikannya adalah:

Masuk pada whatsApp Business versi terbaru, kemudian anda masuk ke menu setting dan pilih opsi katalog silahkan juragan unggah foto produk dengan mencantumkan deskripsi yang menarik.

Baca juga: Salah Kirm, Ini Cara Edit Pesan WhatsApp yang Sudah Dikirim

4. Membuat Konten Promosi yang Menarik

konten wa menarik

Ketika kita memutuskan untuk jual online via whatsApp hal yang harus anda perhatikan adalah konten promosi yang menarik, jangan sampai konten yang anda buat malah membuat orang tidak jadi membeli produk anda.

Membuat konten menarik akan menjadi cara promosi jualan di wa yang paling ampuh mengundang pelanggan membeli produk anda.

Setelah anda membuat konten yang menarik dan unik usahakan jangan asal posting anda harus mengerti waktu yang tepat untuk posting jualan di whatsApp, usahakan juragan posting di saat jam istirahat atau jam-jam santai para pelanggan.

Selain itu anda harus mengetahui cara membuat status jualan di wa yang cepat laku dan menarik hati pelanggan, karena cara jualan di wa story ini sangat ampuh jika dimaksimalkan oleh juragan.

5. Gunakan Bahasa Ajakan

Bahasa ajakan

Tips jualan di whatsApp selanjutnya adalah menggunakan bahasa ajakan kepada pelanggan untuk membeli produk yang kita jual.

Ingat ang mimin maksud adalah bahasa ajakan bukan bahasa memaksa. jangan sampai anda terkesan memaksa pelanggan untuk membeli produk jualan wa anda. 

Bagi anda yang masih kesulitan membuat kata-kata jualan online di wa silahkan selipkan kata berikut ini “Silahkan beli sekarang” atau “Dapatkan hadiah menarik, Hanya untuk 3 pembeli utama” dan lain sebagainya.

6. Gunakan WA Bisnis Api

wa bisnis api

Fitur terbaru yang dikembangkan untuk para pebisnis seperti juragan adalah whatsApp bisnis api fitur ini akan memudahkan juragan dalam membangun interaksi dengan pelanggan anda.

Kelebihan whatsApp ini adalah:

  1. Bisa terintegrasi dengan aplikasi bisnis yang lain
  2. Memiliki kecerdasan buatan dalam membalas pesan
  3. Broadcast
  4. Blast whatsApp secara otomatis

Aplikasi whatsApp ini sangat cocok jika digunakan oleh anda yang memiliki usaha level menengah ke atas. Namun untuk menggunakannya juragan perlu terhubung langsung dengan official WhatsApp Business Api dahulu.

7. Gunakan Metode Pembayaran Yang Sederhana

Metode pembayaran

Pembayaran sederhana dalam mengelola jualan di whatsApp ini bukan berarti sederhana buat juragan, tapi sederhana bagi pembeli atau pelanggan.

Maksudnya bagaimana min?

Jadi begini, setiap konsumen pasti menginginkan metode pembayaran yang simple no ribet. iya kan? Nah tugas ana adalah menyediakan metode transaksi yang mudah bagi pelanggan anda. 

Contoh Metode pembayaran yang sederhana adalah dengan menggunakan transfer antar bank, menggunakan dompet digital dan metode pembayaran digital lainnya yang aman dan terpercaya.

8. Lakukan Kerja Sama Pemasaran

Kerjasama

Cara jualan di wa yang untung selanjutnya adalah bermitra dengan pihak ketiga. Bisnis yang besar adalah mereka yang dikelola tidak hanya sendirian melainkan harus memilih mitra yang saling menguntungkan.

Contoh anda bermitra dengan youtuber untuk mempromosikan produk anda, atau juragan bisa pasang iklan produk jualannya di situs ‘juragan baca’ ini.

Bagaimana cara pasang iklan di blog ini min?

Cara pasang iklan di situs juragan baca sangatlah mudah, anda hanya perlu menghubungi admin melalui kontak yang ada di situs ini.