Ukuran Video Youtube Yang Bagus, Youtuber Pemula Wajib Baca.

Ukuran video youtube - Menjadi seorang youtuber sekarang menjadi impian bagi banyak orang, dari anak kecil hingga orang dewasa. Bagi anda yang tertarik menjadi seorang content creator tentu saja harus membuat video yang bagus dengan ukuran video yang terbaik.

Memahami ukuran video youtube yang bagus harus anda lakukan supaya nanti ketika anda upload video para penonton tidak kecewa dengan hasil yang anda buat.

Bagi anda yang masih mempertanyakan berapa ukuran video youtube? Jangan khawatir karena kali ini mimin akan menjelaskan secara rinci pada anda.

Rekomendasi Ukuran Video Youtube

Seorang youtuber pemula biasanya ketika upload video hanya asal saja tanpa memikirkan sudah tepat atau tidak kah ukuran layar video youtube yang telah dibikin. 

Saya berharap ketika anda membaca rekomendasi ini anda segera bertaubat dan tidak asal, karena usaha yang asal asalan pasti hasilnya juga ngasal hehe.

Untuk bisa memahami ukuran panjang lebar video youtube anda harus membaca tulisan ini hingga akhir, supaya tidak gagal paham, karena bagi kami gagal memahami maka akan gagal menyimpulkan.

Ukuran Video Youtube terbaik

Seperti yang kita ketahui biasanya para youtuber akan membuat video dengan bentuk landscape, namun sekarang anda juga bisa mengupload video dengan mode portrait. Tentu saja untuk ukuran video short youtube memiliki standarnya sendiri.

Namun pada kali ini mimin akan fokus membahas ukuran video landscape youtube saja, supaya lebih gampang dicerna oleh kita semua.

Ukuran video youtube yang umum adalah 16:9, dan hampir seluruh youtuber mengupload videonya dengan ukuran tersebut.

- Bagi anda yang ingin membuat video dengan resolusi 240p maka ukuran videonya adalah 426x240 (16:9)

- Jika video yang anda buat ingin resolusi 360p>ukurannya 640x360 (16:9)

- Untuk resolusi video 480p > ukuran yang dibutuhkan 854 x 480 (16:9)

- Resolusi video 720p > anda butuh membuat dengan ukuran 1280 x 720 (16:9).

- Resolusi 1080p>ukuran 1960 x 1440 (16:9).

- Resolusi 1440 (2k) > ukuran 2560 x 1440 (16:9).

- Resolusi 2160p (4k) > ukuran 3840 x 2160 (16:9)

Usahakan anda membuat video youtube dengan ukuran di atas supaya hasilnya lebih baik dan nyaman untuk ditonton. Jika anda menggunakan ukuran selain di atas saya berani memastikan video anda tidak akan pas di player youtube.

Hal itu juga berlaku pada video size for youtube thumbnail. Youtube thumbnail biasanya dijadikan sebagai cover video dengan tujuan menarik peminat untuk mengklik video yang anda buat.

Namun perlu anda ketahui semakin besar resolusi,  maka akan semakin besar pula ukuran video yang anda buat. Hal itu mengartikan video yang kita sajikan kepada viewer semakin jernih. 

Oleh karenanya anda harus mengetahui cara memperkecil video youtube dan memperbesarnya dengan menggunakan aplikasi yang tersedia di hp atau laptop.

Format Ukuran Video Youtube

Format video youtube yang tepat akan berpengaruh terhadap hasil yang anda sajikan. Jika kita salah memilih format video terkadang kita akan mengalami kegagalan saat proses upload. 

Oleh karenanya mimin akan merekomendasikan format ukuran yt bagi youtuber pemula seperti anda.

Mengedit format ukuran youtube ini bisa anda lakukan setelah anda selesai membuat video pada aplikasi tertentu, dan ketika anda akan menyimpannya biasanya akan ada beberapa format yang harus anda pilih.

Adapun formatnya sebagai berikut:

  • MPEG4
  • MP4
  • MPEG PS
  • WebM
  • FLV
  • AVI
  • MOV
  • 3GP
  • WMV

Berdasarkan pengalaman, dari sekian format yang tersedia tersebut mimin menyarankan anda untuk menggunakan format MP4 atau Mpeg4, karena hasilnya lebih jernih dan sangat bagus saat ditayangkan di youtube.

usahakan jangan memilih file dengan format 3GP karena biasanya ukuran kecil dan hasil gambar yang ditayangkan kurang jernih.

Begitupun dengan format AVI meskipun gambar yang dihasilkan jernih tapi memiliki ukuran yang sangat berat jadi akan mempersulit anda ketika akan mengupload video ke youtube.

Resolusi Video Youtube yang Tepat

Untuk mendapatkan video terbaik anda harus memilih resolusi video yang pas, jangan sampai salah memilih karena bisa berakibat fatal terhadap video yang anda upload.

Apalagi sekarang youtube telah menawarkan video dengan kualitas HD dan resolusi yang tinggi, tentu saja hal ini bertujuan untuk membuat penonton chanel anda lebih betah.

Bagaimanakah cara menentukan resolusi yang pas untuk membuat video youtube yang menarik bagi para viewer?

Untuk membuat video dengan ukuran yang tepat anda harus mengetahui standar ukuran video untuk youtube yang bisa orang gunakan.

Standar Ukuran Video Youtube 

Setelah saya menjelaskan panjang lebar tentang ukuran, resolusi dan format video, tentu saja akan terasa kurang jika tidak memberikan standar ukuran yang pas untuk membuat video youtube.

Untuk standarnya kurang lebih seperti ini. Format, untuk format yang paling tepat adalah Mp4 dengan ukuran resolusi 1080p HD.

Audio Codec, untuk ukuran audio yang perlu anda setting adalah AAC-LC 

Channels: Stereo atau Stereo +5.1

Rate: 96 khz/48 khz

Video Codec, untuk ukuran video codec yang paling cocok untuk anda gunakan adalah H264.

Frame Rates, untuk frame rates silahkan anda sesuaikan dengan video aslinya supaya tidak patah-patah. Pastikan sebelum anda menyimpan video setelah di edit, anda putar terlebih dahulu supaya lebih menyakinkan.

Jika anda mengikuti standar tersebut kemudian didukung oleh kualitas kamera yang bagus saya berani jamin hasil videonya akan sangat menjanjikan.

Penutup

Jika anda bertanya berapa ukuran video youtube di kinemaster? Ukuran video youtube di canva? Ukuran video youtube di capcut? Ukuran video youtube di filmora dan ukuran video youtube di adobe premiere? 

Maka jawabannya sama, semua menggunakan ukuran sesuai dengan ketentuan di atas. Semua ukuran rasio video youtube bisa anda terapkan di aplikasi yang anda gunakan.

Itulah pemaparan mimin tentang ukuran video youtube yang bagus untuk anda youtuber pemula semoga bermanfaat dan semoga channel yang anda kembangkan bisa berkembang dengan cepat.