Apa Itu Kamera Ultra Wide? Kenali Fungsi dan Cara Menggunakannya

Sebagai seorang fotografer atau orang yang sering melakukan pemotretan dengan kamera hp baik android atau iPhone, tentu saja juragan tidak asing dengan kamera ultra wide.

Tapi banyak juga orang yang telah menggunakannya tapi tidak sadar, karena tidak mengenal istilah tersebut.

Oleh karena itu pada artikel ini mimin akan memberikan jawaban atas pertanyaan kamera ultra wide apa? Bahkan mimin akan menjelaskan fungsi dan cara menggunakannya.

Kamera Ultra Wide Artinya?

Apa Itu Kamera Ultra Wide? Kenali Fungsi dan Cara Menggunakannya
kamera ultra wide

Kamera ultra wide adalah kamera yang kini sangat populer digunakan di smartphone bahkan hampir hp pintar keluaran terbaru menggunakan kamera ini.

Lantas apa kamera ultra wide Itu? 

Kamera ultra wide merupakan kamera yang menggunakan lensa dengan sudut pandang yang jauh lebih luas dari pada kamera biasa. Itu juga yang membuat beda kamera wide dan ultra wide.

Dengan menggunakan kamera ini juragan bisa mendapatkan gambar yang lebih luas, tanpa harus mundur jauh kebelakang, karena kamera ini memiliki cakupan yang lebih besar.

Jadi sangat cocok bagi juragan yang ingin mengambil gambar seperti foto bersama keluarga, teman dan foto acara tanpa harus menggunakan lensa tambahan pada kamera.

Dari pemaparan itu dapat kita simpulkan jika kamera ultra wide merupakan kamera dengan versi lebih besar dari pada kamera wide biasa.

Juragan dapat memotret pemandangan secara menyeluruh hanya dengan menggunakan satu kali klik pada layar.

Baca juga: 10 Merk Hp Terbaik dan awet terbaru 2023

Fungsi Kamera Ultra Wide

Setelah kita mengetahui apa itu kamera ultra wide maka kita sebenarnya sudah mengetahui apa fungsi adanya kamera tersebut.

Kamera ultra wide berfungsi untuk mengambil gambar dengan cakupan yang lebih luas dan hasil gambar yang lebih detail dan realistis.

Dengan menggunakan kamera ultra wide juragan tentu akan bisa memotret gambar yang menakjubkan tanpa adanya kekhawatiran akan terjadi distorsi perspektif.

Selain itu, dengan menggunakan hp yang memiliki kamera ultra tersebut jurgan bisa menciptakan banyak foto yang sangat berkualitas tanpa harus menguras energi yang banyak.

Jadi, kamera ini sangat cocok bagi juragan yang tidak memiliki keahlian fotografer namun ingin menghasilkan foto yang sangat berkualitas.

Baca juga: Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Dan Solusinya

Keunggulan Kamera Ultra Wide

Sebenarnya keunggulan yang dapat juragan dapatkan ketika menggunakan kamera ini sangatlah banyak hanya saja secara umum yang telah mimin kumpulkan ada 3 keunggulan mendasar.

Adapun keunggulannya sebagai berikut:

1. Dapat Mengambil Foto Dari Jarak Dekat

Jika dulu juragan ingin mengambil foto dengan latar belakang atau objek yang luas maka juragan harus mundur hingga seribu langkah haha.

Dengan adanya kamera ultra wide juragan tidak perlu melakukannya seperti itu, karena kamera jenis ini akan membantu juragan mendapatkan gambar dengan cakupan yang lebih besar dan luas.

Hebatnya lagu juragan melakukannya hanya dengan memotret dari jarak yang lebih dekat dari objek foto.

2. Mengambil Foto Lebih Mudah

Jika dulu kita ingin mengambil foto dengan cakupan luas menggunakan fitur kamera yang bernama mode panorama, tentu saja cara menggunakannya agak sedikit merepotkan.

Namun sekarang jika juragan ingin membuat foto lanskap akan terasa lebih mudah karena bantuan lensa ultra wide yang terdapat pada kamera hp baik android atau iPhone.

Juragan juga bisa menggunakan fitur kamera ultra wide untuk mendapatkan foto landscape tanpa harus memotong objek foto yang diinginkan.

3. Hasil lebih berkualitas

Sekarang jika juragan ingin menghasilkan foto yang berkualitas sangatlah mudah, juragan bisa melakukannya dengan bantuan smartphone yang memiliki kamera ultra wide.

Cakupan kamera yang luas tentu saja akan membantu juragan mendapatkan gambar dengan kualitas dan makna tersendiri.

Keuntungan Kamera Ultra Wide di Smartphone

Apa saja sih min keuntungan jika kita menggunakan kamera ultra wide? 

Baiklah jika juragan mempertanyakan keuntungannya mimin yang baik hati dan tidak sombong ini akan membagikan beberapa keuntungan menggunakan kamera jenis ini.

1. Cakupan Lebih Luas

Keuntungan pertama yang akan juragan dapatkan adalah cakupan kamera yang lebih luas sehingga membantu juragan menghasilkan gambar yang lebih aesthetic.

2. Foto bersama lebih mudah

Jika juragan ingin mengambil gambar bersama atau foto secara kelompok maka adanya kamera ini akan membuat juragan mendapatkan foto yang terbaik dengan cara yang lebih mudah.

3. Efek visual yang unik

Dalam kamera ultra wide juragan akan disajikan dengan kualitas gambar yang unik dengan efek visual yang luar biasa, objek foto akan terasa begitu dekat sedangkan background atau latar belakangnya terasa lebih jauh.

Tentu saja hal ini akan mengundang sensasi luar biasa pada foto yang akan juragan hasilkan nantinya.

Cara Menggunakan Kamera Ultra Wide

Setelah juragan mengetahui tentang kamera ultra wide dari pengertian, fungsi dan keunggulannya.

Rasanya kurang lengkap jika kita tidak membahas tentang tutorial cara menggunakan kamera ultra wide di Smartphone.

Adapun langkah-langkah menggunakan kamera ultra wide sebagai berikut:

1. Buka Kamera pada hp yang juragan miliki (Pastikan kamera sudah mendukung mode ultra wide)

2. Gunakan fitur ultra wide dengan cara menggeser keterangan 1x ke angka yang paling kecil seperti 0,6x dan seterusnya

3. Setelah kamera beralih ke cakupan yang lebih luas juragan bisa langsung melakukan pemotretan, dan nikmati sensasinya.

Akhir Kata

Demikian jawaban atas pertanyaan kamera ultra wide itu apa? bahkan mimin juga telah menjelaskan fungsi dan keuntungan menggunakan kamera tersebut.

Tidak hanya itu juragan sekarang sudah mengetahui bagaimana cara menggunakan kamera tersebut dengan sangat mudah di smartphone milik juragan

Semoga artikel ini bermanfaat dan berguna bagi juragan sekalian selamat mencoba.