Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Dan Solusinya

Mencari tahu penyebab layar hp samsung berubah warna menjadi salah satu langkah terbaik untuk menentukan solusi apa yang akan kita ambil.

Seperti yang kita ketahui Samsung merupakan brand Smartphone yang sangat terkenal, Hampir semua hp produk samsung kualitasnya sangat baik dan awet saat digunakan.

Walau begitu, Smartphone samsung juga pasti mengalami beberapa masalah salah satunya layar hp yang berubah warna.

Kenapa Warna Layar Hp Samsung Berubah?

Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Dan Solusinya
Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna

Ada banyak masalah yang menyebabkan layar hp samsung berubah warna, seperti berubah warna hijau, ungu dan lainnya sebagainya.

Adanya perubahan warna ini biasanya akan sangat mengganggu juragan saat memakai hp tersebut. Oleh karena mencari tahu apa penyebab layar hp berubah warna kemudian menentukan solusi terbaik melupakan langkah yang harus segera juragan ambil.

Baca juga: Cara Mengatasi Gambar Monitor Berbayang pada LCD Komputer

Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna

Penyebab hp berubah warna sebenarnya ada banyak, hanya saja pada tulisan ini mimin akan membagikan 5 penyebab umum mengapa layar hp samsung s8 berubah warna dan jenis hp samsung lainnya.

1. Terkena Air

Penyebab yang pertama kenapa hp samsung layarnya berubah warna adalah karena hp kemasukan air, atau jatuh pada air.

Biasanya hp yang kemasukan air akan menyebabkan perubahan pada warna karena partikel air masuk ke area lcd hp juragan.

Walaupun smartphone milik juragan masih hidup, namun jika sisa air yang berada di layar hp tidak sepenuhnya keluar maka akan membuat hp berwarna kekuningan.

Jika hal ini terjadi pada hp samsung juragan saran mimin segeralah ganti layar dengan cara memilih layar lcd hp terbaik.

2. Mode Hemat Baterai Aktif

Penyebab kedua kenapa hp juragan berubah warna adalah karena sedang mengaktifkan mode hemat baterai pada hp.

Mode ini biasanya diaktifkan oleh seseorang untuk membuat hp lebih lama aktif dan baterai tidak mudah habis saat digunakan.

Tentu saja tindakan tersebut akan membuat hp juragan akan berubah warna kekuningan, jika juragan merasa tidak lagi butuh menghidupkan mode ini silahkan juragan matikan saja.

Dengan menonaktifkan mode hemat baterai maka warna hp akan kembali normal seperti biasanya.

3. Sistem Hp Eror

Penyebab selanjutnya kenapa warna hp berubah adalah karena sistem pada hp samsung juragan sedang bermasalah. Tentu saja jika sistem hp bermasalah akan menyebabkan beberapa kendala pada hp juragan.

Salah satu penyebabnya adalah terdapat perubahan warna pada hp yang juragan gunakan. 

Jika juragan ingin segera menyelesaikan hal ini, maka silahkan lakukan perbaikan melalui pengaturan pada telepon samsung juragan.

4. HP Terlalu Panas

Menggunakan hp terlalu lama sangatlah tidak baik untuk kesehatan juragan atau untuk kesehatan hp samsung milik juragan.

Jika juragan terlalu lama bermain game atau media sosial, maka akan membuat hp terlalu panas. tentu saja hal ini akan merusak fungsi baterai dan biasanya akan membuat warna layar menjadi buram.

Saran mimin jika juragan ingin hp samsung yang dimiliki lebih awet silahkan nonaktifkan hp ketika sedang dicas. Usahakan jangan gunakan hp samsung juragan dalam keadaan dicas.

5. Pelindung Mata Aktif

Fitur pelindung mata merupakan salah satu fitur yang berfungsi untuk mengamankan mata dari radiasi sinar atau cahaya hp samsung.

Jika juragan mengaktifkan fitur ini akan membuat mata lebih nyaman saat melihat hp. Bahkan mimin sarankan jika juragan biasa menggunakan hp terlalu lama untuk mengaktifkan fitur pelindung mata ini.

Hanya saja jika juragan mengaktifkan fitur pelindung mata, maka layar pada hp samsung akan berubah warna menjadi kekuningan. 

Walau demikian hal itu sangat wajar, jika juragan layar hp normal seperti biasanya silahkan matikan mode pelindung pada hp samsung juragan.

Baca juga: Cara Cek Hp Infinix Asli atau Palsu Bagi Orang Awam

Cara Mengatasi Layar Hp Samsung Berubah Warna

Setelah juragan mengetahui penyebab terjadinya perubahan warna pada layar hp samsung, selanjutnya mari kita pelajari bagaimana cara mengatasinya.

Adapun cara mengatasinya sebagai berikut:

1. Mengatur Live Display

Langkah pertama yang bisa juragan lakukan untuk mengatasi terjadinya perubahan warna pada hp samsung adalah dengan mengatur live display pada menu pengaturan hp samsung.

JIka juragan mengatur fitur ini maka warna hp akan kembali seperti sedia kala, selain itu cara ini juga bisa juragan gunakan untuk mengatur warna pada layar hp samsung milik juragan.

Untuk caranya silahkan simak langkah berikut ini:

1. Buka Pengaturan Ponsel

2. Klik tampilan

3. Silahkan juragan pilih live display

4. Pilih pengaturan suhu warna

5. Silahkan juragan atur sian dan malam sesuai selera, jika juragan ingin hasil maksimal silahkan atur keduanya diatas 6000k.

2. Lakukan Kalibrasi Warna

Selain mengatur live display juragan juga bisa menyeting kalibrasi warna. Kalibrasi warna bisa juragan gunakan untuk mengatur layar hp sesuai dengan pandangan juragan.

Cara ini akan membuat layar hp yang juragan miliki akan kelihatan lebih hidup dan tentunya menjadi solusi jitu bagi juragan yang hpnya berubah warna.

Untuk mengaturnya silahkan simak langkah berikut ini:

Silahkan buka pengaturan di Hp Samsung

lalu klik tampilan

Pilih live display

Selanjutnya silahkan juragan klik kalibrasi warna

Lalu juragan atur warna menjadi 100 semua.

Cara Atasi Warna Hp Berubah Dengan Aplikasi Bluelight Filter

Bagi juragan yang miliki hp samsung model lama alangkah lebih baiknya jika mengatasi permasalah tersebut dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Aplikasi ini akan membantu juragan gunakan untuk mengatur warna dan juga menyaring blue light. Untuk caranya silahkan simak berikut ini.

1. Instal Aplikasi di Play Store

2. Kemudian buka aplikasi tersebut

3. Silahkan juragan atur temperatur sesuai keinginan juragan.

Pertanyaan Seputar Perubahan Warna Pada Layar HP

Ketika mimin menulis tulisan ini banyak sekali orang yang bertanya tentang hal-hal yang berkaitan adanya perubahan warna pada layar hp, salah satunya berikut ini:

1. Bagaimana cara memperbaiki layar yang berubah warna?

Untuk mengatasinya juragan bisa melakukan banyak hal, seperti penjelasan yang telah mimin sampaikan diatas masih kurang membantu.

Juragan bisa reset hp ke pengaturan pabrik, namun jika langkah ini masih belum menjawab silahkan ganti layar hp yang juragan miliki.

2. Kenapa setelah ganti lcd warna layar berubah?

Sebenarnya ada beberapa penyebab yang membuat warna layar hp berubah saat diganti LCD.

Namun pada umumnya yang menyebabkan adalah tidak terpasangnya kabel fleksibel dengan benar saat mengganti layar lcd.

3. Kenapa layar hp tiba tiba warna hijau?

Sebenarnya yang menyebabkan terjadinya perubahan pada layar hp adalah masalah pada hardware atau software. Selain itu adanya perubahan warna hijau juga disebabkan oleh adanya pembaruan sistem operasi pada hp.

Akhir Kata

Dari tulisan ini dapat mimin simpulkan jika yang menyebabkan adanya perubahan pada layar hp ada beberapa macam.

Seperti Terkena Air, Mode Hemat Baterai Aktif, Sistem Hp Eror, HP Terlalu Panas dan Pelindung Mata Aktif.

Adapun untuk mengatasi juragan bisa melakukan beberapa langkah baik tanpa aplikasi atau dengan menggunakan aplikasi tambahan.

Namun jika langkah tersebut tidak membuahkan hasil alangkah lebih baiknya jika juragan mengganti layar hp dengan LCD terbaik.

Demikianlah tulisan mimin tentang Penyebab dan solusi layar hp samsung berubah warna. Semoga bermanfaat dan membantu.