Perbedaan TK A dan TK B Yang Harus Diketahui

Perbedaan TK A dan TK B - Pagi pagi mimin didatangi oleh seorang ibu ibu yang sedang mengantarkan anaknya mendaftar sekolah TK di daerah tempat saya tinggal.

Ketiak melihat mimin yang sedang duduk bersantai sambil menyeruput nikmatnya kopi, Ia melontarkan sebuah pertanyaan apa bedanya tk a dan tk b?

Selesai saya menjawab kemudian mimin mengambil laptop dan menuliskan tentang apa beda tk a dan tk b, kurang lebih tulisan yang mimin rangkum sebagai berikut.

Baca juga: Ide Slogan Kelas Aesthetic Kreatif Bahasa Inggris

Apa Itu TK A dan TK B?

Perbedaan TK A dan TK B Yang Harus Diketahui
Beda tk a dan b

Sebelum mimin menjelaskan terkait perbedaan tk a dan b mimin terlebih dahulu menjelaskan terkait apa yang dimaksud dengan TK A dan Apa Itu TK B.

Sebenarnya antara keduanya sama sama sekolah yang diselenggarakan untuk anak sebelum menginjak sekolah di SD atau MI alias (pra sekolah).

Untuk lebih mudah menjelaskan  antara keduanya silahkan baca beberapa pengertian berikut ini. 

TK A merupakan jenjang pendidikan pra sekolah yang dihuni oleh anak berusia 4 sampai 5 tahun. Selain itu TA A juga sering disebut sebagai TK nol kecil.

Sedangkan TK B adalah sebuah jenjang lanjutan dari TK A, biasanya TK B dihuni oleh anak berusia 5 sampai 6 tahunan TK ini sering dikenal dengan TK nol Besar.

Apa Perbedaan TK A dan TK B?

perbedaan tk a dan b

Setelah kita mengetahui pengertian keduanya, mimin akan mengajak juragan untuk membaca apa yang membedakan antara kedua TK tersebut.

Untuk Lebih Jelasnya Silahkan simak beberapa subbab berikut ini:

1. Fokus Pembelajaran

Pertama yang membedakan antara keduanya adalah perbedaan pelajaran tk a dan tk b. 

TK a akan diajak untuk belajar seputar perkenalan diri, dilatih bekerja sama, cinta tanah air dan mengenal tentang benda disekitarnya.

Sedangkan TK B fokus pembelajarannya adalah mengenal identitas diri, keluarga, tubuh dan lingkungan di sekolah.

Fokus ini akan terus berubah seiring berjalannya waktu, jadi usahakan juragan bertanya pada guru TK terkait perkembangannya.

2. Status Pendidikan

Perbedaan selanjutnya adalah status pendidikannya, TK A merupakan jenjang anak masuk TK setelah ia selesai sekolah PAUD.

Sedangkan TK B Statusnya sebagai tempat menyiapkan anak untuk masuk ke Sekolah formal yakni SD atau MI.

3. Umur

Jika juragan bertanya, TK A dan TK B berapa tahun? maka jawabannya termasuk dari perbedaan antara keduanya.

TK A notabennya dihuni oleh anak yang memiliki usia dari 4 tahun sampai dengan anak yang berusia 5 tahun.

Sedangkan untuk anak TK B biasanya mereka adalah anak yang memiliki usia antara 5 sampai 6 tahun.

4. Tingkatan

Perbedaan selanjutnya adalah tingkatan keduanya, TK A dan TK B memiliki tingkatan yang berbeda yakni TK A memiliki tingkatan yang lebih rendah.

Sedangkan TK B adalah tingkatan yang lebih tinggi karena memang TK B adalah pra sekolah lanjutan dari adanya TK A.

5. Sosial

Perbedaan selanjutnya adalah cara bersosial anak, Anak TK A biasanya lebih malu-malu pada temannya karena masih proses perkenalan.

Sedangkan Anak TK B akan lebih lepas ketika bermain dengan temannya karena mereka sudah kenal dari pada pertama kali masuk TK.

6. Sebutan

Selanjutnya perbedaan antara keduanya terletak pada kata sebutan. TK A dikenal dengan sebutan TK nol kecil sedangkan untuk TK B memiliki sebutan TK nol besar.

7. Cara Masuk

Apa bedanya tk a dan tk b selanjutnya min? Untuk perbedaan berikutnya adalah cara masuk, TK A bisa masuk setelah selesai PAUD atau langsung masuk tanpa Paud.

Sedangkan untuk TK B juragan harus terlebih dahulu sekolah TK A.

Akhir Kata

Itulah Beberapa Perbedaan Antara TK A dan TK B yang perlu untuk juragan ketahui supaya tidak salah paham.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan berguna bagi juragan yang sedang mencari pendidikan terbaik untuk anaknya, terlebih pendidikan pra-sekolah.