15 Tugas Wakil Ketua Osis Yang Perlu Diketahui

Siapa nih yang sedang menjadi wakil ketua osis? Jika jawabannya adalah juragan, sekarang mimin ingin tanya apa saja tugas wakil ketua osis yang harus juragan lakukan?

Maaf min saya mengklik tulisan ini supaya mengetahui tugas seorang wakil ketua osis, kok malah dikasih pertanyaan, kacau lo min.

Sebenarnya, mimin bertanya terkait tugas dari wakil ketua osis pada juragan tujuannya hanyalah karena mimin ingin berinteraksi secara langsung, jadi juragan tidak perlu menjawabnya, bilang saja belum tahu hehe.

Baiklah jika juragan sedang mencari tugas terkait hal itu, silahkan juragan membaca tulisan ini sampai selesai supaya tidak gagal paham, ok.

Mengenal Tugas Wakil Ketua Osis

15 Tugas Wakil Ketua Osis Yang Perlu Diketahui
Tugas Untuk Wakil Ketua Osis

Min, kebetulan kemarin saya bertemu dengan teman dan dia memberitahu saya jika tugas wakil ketua osis hanyalah menggantikan ketua jika berhalangan, apakah benar begitu?

Sebentar iya, sebelum mimin menjawab mimin ingin mandi dulu biar ngetiknya lebih semangat dan hasil tulisannya lebih mudah dipahami oleh juragan sekalian, oke.

Akhirnya mimin sudah selesai mandinya dan sekarang sudah sangat siap dengan beberapa pertanyaan yang juragan lontarkan.

Terkait pernyataan teman yang dilontarkan pada juragan sebenarnya tidak salah, hanya saja kurang lengkap karena tugas seorang wakil ketua osis masih banyak tidak hanya itu saja.

Bagi juragan yang sedang bertanya terkait hal berikut:

Apa tugas wakil ketua osis smp?

Apa tugas wakil ketua osis sma?

Apa tugas wakil ketua osis smk?

Apa tugas wakil ketua osis 1 dan 2?

Jangan khawatir karena mimin akan menjawabnya secara lengkap, dan detail untuk juragan ketahui.

Baca juga: Kumpulan Contoh Visi Misi MPK Terbaik SMP SMK Sederajat

Daftar tugas Seorang wakil ketua osis

Tugas wakil ketua osis adalah Sebuah tindakan yang harus dilakukan oleh seorang wakil ketua osis yang dalam membantu ketua menjalankan amanahnya.

Setiap Wakil osis baik di SMP, SMA, SMK dan sekolah sederajat lainnya memiliki tugas yang sama.

Adapun tugas ketua osis yang perlu juragan diketahui sebagai berikut:

Baca juga: 160+ Tema Kegiatan Pramuka Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega

1. Membuat Rencana Kerja

Ketika juragan terpilih menjadi seorang wakil ketua osis maka juragan harus siap menjalankan tugasnya, adapun tugas yang pertama adalah membantu ketua dalam membuat Rencana kegiatan, baik jangka pendek atau menengah.

Juragan sebagai wakil harus bisa memberikan ide yang kreatif dan inovatif untuk kelancaran organisasi yang dipimpinnya.

2. Menyusun Anggaran Osis

Tugas kedua yang harus juragan jalankan adalah membantu ketua dalam menyusun anggaran keuangan osis, biasanya selain dibantu oleh wakil untuk urusan keuangan juga menjadi tanggung jawab bendahara osis.

Dalam menyusun anggaran usahakan jangan melebihi pagu anggaran yang telah ditetapkan oleh sekolah, jika harus melebihi usahakan diskusikan dengan pihak sekolah juragan.

3. Mengkoordinasikan Seksi dan Anggota Osis

Selain itu seorang wakil osis juga memiliki tugas mengkoordinasikan setiap seksi dan anggota osis supaya bisa bekerja dengan giat dan semangat.

Dalam melakukan koordinasi usahakan lakukan dengan baik dan santun, sehingga mereka merasa diperhatikan oleh juragan sebagai wakil ketua.

4. Mengawasi Pelaksanaan Kegiatan

Selain mengkoordinasikan setiap seksi yang ada di bawahannya seorang wakil juga memiliki tugas mengawasi pelaksanaan program yang sedang dijalankan.

Sebagai seorang wakil osis juragan harus memastikan setiap anggota yang terlibat di setiap job description menjalankan tugasnya dengan baik.

5. Menjalin Komunikasi dengan Siswa dan Guru

Selanjutnya sebagai wakil ketua juragan juga memiliki tugas membantu ketua dalam menjalin komunikasi baik dengan siswa dan para guru.

Dengan adanya komunikasi ini diharapkan osis mendapatkan masukan dari siswa dan para guru terkait kegiatan yang akan dilaksanakan.

6. Bersama Ketua Menyampaikan LPJ

Tentunya setiap organisasi yang baik harus menyampaikan laporan pertanggung jawaban dengan baik dan benar kepada siswa dan para anggota yang lain.

Dalam hal ini wakil osis bertugas membantu ketua untuk menyampaikan hasil kepada pihak yang bersangkutan.

7. Menjadi Teladan Untuk Siswa Lainnya

Sebagai seorang siswa yang menjabat di osis tentu saja juragan harus bisa memberi contoh bagi siswa yang lain terlebih siswa baru.

Ada banyak hal yang harus juragan lakukan seperti berperilaku baik di sekolah dan diluar sekolah, serta harus menjadi orang siswa yang rajin dalam belajar.

8. Membantu Siswa meraih Prestasi

Tugas selanjutnya yang tak kalah pentingnya adalah membantu siswa yang ada di sekolah untuk meraih prestasi yang terbaik.

Adapun caranya juragan bisa memberikan arahan atau motivasi pada mereka, atau dengan cara bersama dengan ketua mengadakan acara yang mendukung bakat mereka seperti mengadakan lomba matematika, Ipa atau pekan olahraga dan lain sebagainya.

9. Menjadi Penyambung Lidah

Juragan yang aktif di organisasi merupakan penyambung lidah siswa pada guru dan pihak sekolah.

Juragan bisa mencari tahu apa yang menjadi keluhan siswa yang mungkin bisa osis fasilitasi untuk diselesaikan bersama dengan pihak sekolah.

10. Menentukan Kebijakan dengan Ketua

Tugas selanjutnya adalah membantu ketua umum dalam mengambil sebuah kebijakan penting dalam organisasi.

Sebagai seorang wakil juragan harus berperan aktif dalam mempertimbangkan sebuah keputusan yang akan dilakukan dengan mengatasnamakan osis.

11. Memberikan Saran kepada Ketua

Seorang wakil ketua juga memiliki tugas menyampaikan saran yang baik pada ketua osis, baik diminta atau tidak.

Juragan sebagai wakil ketua osis harus siap mendampingi setiap tindakan yang dilakukan oleh ketua.

12. Menjadi Tangan Kanan Ketua

Pada pembahasan kali ini bukan berarti juragan menjadi pesuruh, tapi juragan dapat amanah untuk menjadi tangan kanan atas kesuksesan acara yang diadakan oleh osis.

Terkadang seorang ketua tidak bisa menyelesaikan tugasnya sendiri jadi, dia membutuhkan bantuan dari juragan sebagai tangan kanannya.

13. Mendampingi Ketua Saat Rapat

Disaat osis sedang mengadakan rapat juragan sebagai wakil ketua harus selalu hadir untuk mendampingi ketua osis dalam memimpin rapat.

Tentu saja kehadiran juragan tidak hanya diam saja, tapi juga harus menyalurkan ide, gagasan dan saran pada peserta rapat.

14. Membantu Ketua dalam Mengambil Keputusan

Sebagai sebuah organisasi tentu saja setiap keputusan yang dipilih oleh ketua adalah tanggung jawab bersama.

Oleh karenanya setiap mengambil keputusan ketua osis harus melakukannya dengan cara musyawarah dengan anggota termasuk dengan wakil ketuanya.

15. Menjadi Pengganti Ketua Osis

Seorang wakil merupakan ketua kedua setelah ketua umum, kenapa demikian? karena ketika ketua tidak hadir atau sedang berhalangan maka yang mengambil perannya adalah wakil osis.

Bahkan seorang wakil adalah siswa pertama yang akan menggantikan ketua ketika sedang tidak dapat melanjutkan perannya di Osis karena alasan tertentu.

Akhir Kata

Itulah beberapa tugas yang harus dijalankan oleh seorang wakil ketua osis dalam menjalankan perannya di organisasi osis.

Bagaimana apakah sekarang juragan sudah siap menjalankan tugasnya dengan sangat baik kedepan? Jika iya. Maka selamat karena juragan termasuk orang yang akan sukses kelak.

Semoga tulisan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam melaksanakan tugas dan fungsinya di osis.