21+ Pondok Pesantren Cirebon yang Terbaik

Apakah juragan sedang membutuhkan referensi pondok pesantren cirebon yang terbaik, untuk menempatkan anaknya dalam menuntut ilmu? Jika iya, mimin akan membagikan beberapa daftar nama pondok yang terbaik di Kabupaten Cirebon.

Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang memiliki pondok pesantren yang banyak dan terbaik yang ada di Jawa Barat.

Pesantren cirebon sebenarnya jumlahnya sangat banyak hanya saja pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa saja pesantren yang terbaik yang bisa juragan pilih untuk menempatkan anak dalam menuntut ilmu.

Penasaran apa saja nama pondok pesantren di Cirebon yang terbaik? Silahkan juragan baca tulisan ini sampai selesai.

Daftar Pesantren di Cirebon yang Terbaik

21+ Pondok Pesantren Cirebon yang Terbaik
Pondok Pesantren di Cirebon

Perlu kita ketahui jika di Cirebon terdapat ribuan santri yang menuntut ilmu agama maupun ilmu umum yang tersebar di berbagai pondok yang ada di Kabupaten Cirebon.

Tentunya pondok pesantren cirebon yang terbaik akan memprioritaskan pembelajarannya untuk mencetak santri yang berilmu dan berakhlakul karimah dalam menyongsong masa depan yang terbaik.

Berikut beberapa daftar pondok di kabupaten Cirebon yang terbaik versi Juragan Baca.

Baca juga: Pondok Gus Baha: Profil, Lokasi dan Biaya Pendaftaran

Pondok Pesantren Al Bahjah Cirebon

ponpes al bahjah

Pondok pertama yang mimin rekomendasikan untuk juragan adalah Ponpes Al-Bahjah. Pondok ini dibangun oleh ulama yang sangat populer di Indonesia yakni Buya Yahya pada tahun 2006.

Adapun Program Studi yang bisa juragan ambil adalah Tahfidz, Tafaqquh, Sekolah Dasar Islam Qurani (SMPIQu), SMPIQu, SMAIQu dan lain sebagainya.

Pondok ini terletak di desa Sendang Kecamatan Sumber Kab. Cirebon Provinsi Jawa barat.

Baca juga: Ayo Mondok di At-Tauhid Madura, Ini Syarat dan Ketentuannya.

Pondok Pesantren Cirebon Buntet

Ponpes Buntet

pondok Pesantren selanjutnya adalah Buntet Pesantren, pondok ini merupakan salah satu pondok yang tertua yang ada di Indonesia. Pondok ini berdiri pada Abat 18 M yang dibangun seorang Mbah Muqoyim mufti Keraton yang ada di Cirebon.

Adapun untuk program studi yang ada di ponpes Buntet sebagai berikut:

  • Jenjang TK
  • Madrasah Ibtidaiyah
  • Madrasah Diniah
  • MTs NU Putra II
  • MTs NU Putra I
  • MANU Putri
  • MANU Putra
  • MAN
  • SMK MeKanika Buntet Pesantren
  • STIT
  • Dan lainnya

Pondok ini terletak di dua desa yakni Desa Mertapada dan Desa Munjul.

Pondok Pesantren Assalafie Cirebon

Ponpes Assalafie

Pondok selanjutnya yang mimin rekomendasikan untuk juragan adalah Ponpes Assalafie. Pondok ini didirikan oleh Alm. K.H. Syaerozie pada tahun 1966 M.

Untuk program studi yang terdapat di pondok Assalafie antaranya Madrasah Diniyah Assalafie (MDA Madrasah Tsanawiyah NU Assalafie (MTs NUSA) Madrasah Aliah NU hingga Perguruan Tinggi.

Pondok ini berlokasi di Desa Babatan Kec. Ciwaringin, Kabupaten Cirebon Provinsi Jawa Barat.

Pondok Pesantren al Anwariyah Cirebon

Ponpen Al Anawariyah

Pondok selanjutnya adalah Al Anwariyah, pondok ini pertama berbentuk sebuah majelis ta'lim yang kemudian berubah menjadi sebuah pondok pesantren pada tahun 1809 M.

Adapun program studi yang bisa diambil diantaranya adalah madrasah Ibtidaiyah, MTs HM, MAHM, dan pendidikan non formal lainnya.

Bagi juragan yang ingin mengunjungi pondok secara langsung juragan bisa tadang ke Desa Tegalgubug Lor yang berada di kecamatan Arjawinangun Kabupaten Cirebon Jawa Barat.

Ponpes Al Mubarokah

Pondok pesantren ini berdiri pada tanggal 15 Juni tahun 1987. Awalnya santri yang belajar di Pondok ini sebanyak 40 santri namun sekarang jumlahnya akan jauh lebih banyak.

Untuk mencari lokasi pondok ini sangatlah mudah karena berada di sekitar jalan jalur lintas Kabupaten yakni Cirebon dengan Ciledug.Tepatnya di jl. Mbah Buyut Dalem Tapa Ds. Karangmangu yang terletak di Kecamatan Susukanlebak Cirebon.

Pondok ini memiliki visi melahirkan santri yang berilmu dan berakhlakul karimah.

Pondok An Nidhom

Pondok An Nidhom merupakan salah satu daftar pondok terbaik yang ada di Kabupaten Cirebon. Pondok ini didirikan oleh KH. Ja'far Shodiq yang terkenal sebagai kiai karismatik.

Seperti halnya pondok yang telah mimin sebutkan di An Nidhom juga memprioritaskan pendidikan Akhlakul Karimah pada santrinya, lain itu santri juga diajarkan sebuah materia amaliyah Islam yang sesuai dengan syariat.

Selain mengajarkan para santri pondok An Nidhom juga memiliki program kajian subuh yang diikuti oleh masyarakat sekitar.

Ponpes Tarbiyatul Banin

Ponpes selanjutnya yang akan mimin review secara singkat adalah Pondok Tarbiyatul Banin. Pondok ini selain mendidik santri menjadi orang yang berakhlakul Karimah juga menekankan mereka untuk menghafal al Qur'an dan bahasa Arab.

Selain itu pondok ini juga mengajarkan santri untuk mengatur waktu dan mampu memanajemen dirinya untuk menjadi pemimpin dimasa yang akan datang dengan cara melibatkan santri dalam organisasi seperti osis, IPNU dan IPPNU.

Adapun program studi yang terdapat di Ponpes ini antara lain MI, MTs, MA dan MD (Madrasah Diniyah).

Ponpes Mambaul Ulum Cirebon

Jika juragan mencari pondok yang klasik mungkin Mambaul Ulum menjadi pilihan yang tepat. Pondok ini diresmikan pasca lengsernya orde lama ke orde baru, tepatnya pada tahun 1970.

Pondok ini memiliki beberapa program studi seperti MI, MTs dan MA (Madrasah Aliyah) di lembaga ini juga dilengkapi dengan fasilitas berupa kopontren dan komputer.

Adapun prioritas utama dari pondok ini adalah pembelajaran intensif Bahasa Arab dan Inggris, kewirausahaan dan mendidik anak yang menghafal Al-Qur'an. Selain aktivitas itu para santri juga dilatih keilmuan lain seperti drumband dan kepenulisan.

Pesantren Teknologi Ampiran dJati

Pondok teknologi ampiran djati ini berlokasi di Cisaat kec. Dukupuntang Cirebon Jawa Barat. Walaupun gratis pondok ini tetap menjadi salah satu pondok terbaik yang ada di Kabupaten Cirebon.

Pondok ini dibentuk untuk memberikan kesempatan yang baik bagi para santri yatim atau kaum duafa untuk mengenyam pendidikan yang layak secara gratis.

Pondok Pesantren Madinatunnajah

Pondok yang juga menekankan santrinya untuk menjadi orang yang berakhlakul karimah selanjutnya adalah pondok pesantren Madinatunnajah.

Bagi juragan yang ingin datang langsung ke lokasi silahkan kunjungi di Permai 03 Nomor 370 desa Kecapi Kec. Harjamukti Kota Cirebon.

Pondok Pesantren Sains Salman Assalam

Jika yang juragan cari adalah pondok yang modern namun tetap memprioritaskan akhlakul karimah maka pondok sains salman assalam menjadi pilihan yang tepat.

Pondok ini juga dikenal dengan sebutan Islamic Boarding School Sains Salman Assalam. Untuk alamat juragan bisa berkunjung di Desa Cikalahang Kecamatan Dukupuntang Cirebon Jawa Barat.

Pondok Pesantren Ulumuddin

Daftar pondok terbaik selanjutnya yang dapat mimin bagikan untuk juragan adalah Ponpes Ulumuddin ponpes ini juga terbilang klasik yang ada di Cirebon karena berdiri pada tahun 1967.

Untuk program studi ini sudah memiliki Perguruan Tinggi Agama Islam (PTAI) yang dibuat untuk masyarakat yang ingin kuliah.

Bagi santri yang mondok di tempat tersebut bisa langsung melanjutkan jenjang pendidikan di kampus tersebut.

Daftar Pondok Pesantren Lainnya

Selain Pondok yang telah mimin paparkan diatas terdapat beberapa pondok yang tak kalah baiknya untuk juragan pilih, adapun daftar pondok sebagai berikut:

  1. Ponpes Sabilul Qur'an Cirebon
  2. Pondok al Islam Cirebon
  3. Pesantren al Hikmah Cirebon
  4. Pondok Pesantren Bima Cirebon
  5. Ponpes al Ghozali Cirebon
  6. Pondok Pesantren Sunan Gunung Jati Cirebon
  7. Pondok Nurul Hadid Cirebon
  8. Pondok Pesantren Husnul Khotimah Cirebon
  9. Pesantren Bina Insani Cirebon

Akhir Kata

Demikianlah Daftar Pondok Pesantren Cirebon terbaik yang bisa mimin bagikan untuk juragan sekalian. Sekedar catatan dimanapun engkau mondok jika engkau melaluinya dengan cara yang terbaik maka akan menghasilkan sesuatu yang baik.

Semoga postingan ini bermanfaat bagi juragan sekalian, dan dapat membantu juragan dalam memilih pondok pesantren yang ada di Kabupaten Cirebon.