11+ Tugas Bendahara Osis yang Harus Diketahui Siswa

Jika sebelum nya mimin pernah menulis artikel tentang tugas wakil ketua osis, pada kesempatan kali ini mimin akan melengkapi pembahasan tersebut dengan pembahasan  apa tugas bendahara osis yang harus diketahui oleh para siswa.

Menjadi seorang bendahara tidaklah mudah karena biasanya orang yang terpilih adalah orang yang amanah dan pandai mengatur keuangan organisasi osis.

Banyak orang memahami jika tugas bendahara osis smp ataupun osis smk hanyalah pegang uang dan melakukan pencatatan terkait uang keluar dan uang masuk.

Apakah benar hanya sekedar itu saja tugas bendahara di osis? Supaya tidak penasaran mimin akan mengajak juragan untuk memahaminya lebih jauh dengan cara membaca artikel ini sampai selesai, karena membaca itu artinya berkembang. Baca juga: Kumpulan Contoh Visi Misi MPK Terbaik SMP SMK Sederajat.

Apa Itu Tugas Bendahara Osis?

Tugas Bendahara Osis

Sebelum kita membahas terkait tugas bendahara osis sma sederajat alangkah lebih baiknya jika kita memahami apa yang dimaksud dengan tugas bendahara dalam organisasi osis.

Bendahara osis adalah seorang siswa yang dipilih oleh ketua untuk memegang tanggung jawab dalam urusan keuangan osis.

sedangkan definisi tugas bendahara osis adalah sebuah aktifitas atau kewajiban yang harus dijalankan oleh seorang bendahara dalam menyusun dan mencatat keuangan yang ada di osis.

Dengan adanya tugas ini tentunya seorang bendahara memiliki tanggung jawab paling terdepan dalam urusan keuangan organisasi. Baca juga: Struktur MPK dan Tugasnya yang Harus Diketahui

Tugan Bendahara Osis yang Wajib Diketahui

Nah setelah juragan mengetahui apa itu tugas bendahara osis pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan secara lengkap terkait pekerjaan seorang bendahara dalam osis.

Adapun bendahara dalam osis antara lain:

1. Mencatat Pemasukan Keuangan Osis

Sebagai seorang bendahara juragan juragan harus terbiasa dengan keuangan yang masuk pada osis, salah satu sumber pemasukan osis adalah dari sekolah, iuran anggota atau siswa sekolah, dari sponsor dan sumber lainnya.

uang masuk tersebut harus dicatat dengan rinci dan transparan sehingga tidak ada kecurigaan antara anggota ataupun elemen lainnya di sekolah.

Baca juga: 500+ Nama Angkatan Osis Yang Keren Serta Artinya

2. Bertanggung jawab Atas Pengeluaran Osis

Selain mengurusi uang masuk seorang sekretaris juga memiliki kewajiban untuk mencatat segala macam pengeluaran atau belanja osis.

Seperti pegeluaran untuk kegiatan osis contoh pembelian banner dan segala macam pembelian lainnya, tentunya setiap pengeluaran harus dilengkapi dengan nota dan kwitansi.

3. Bertanggung jawab atas Inventaris Osis

Sebagai organisasi tentu saja terkadang osis memiliki inventaris yang digunakan untuk mempermudah pengurus dalam menjalankan tugasnya.

Seperti laptop, buku dan lain sebagainya yang berkaitan dengan inventaris osis. bagi juragan yang berstatus sebagai bendahara memiliki tugas untuk mencatat dan merencanakan keuangan untuk belanja inventaris tersebut.

4. Mengarsipkan Tanda Bukti Pengeluaran

Ketika juragan melakukan belanja atas keperluan osis tentu saja harus disertai dengan nota atau kwitansi, sebagai bentuk pengelolaan keuangan yang baik.

Nah setiap tanda bukti pembayaran harus juragan simpan atau dengan bahasa lain harus juragan arsipkan untuk dijadikan bekal di akhir jabatan saat melaksanakan laporan keuangan osis.

5. Membuat Rencana Keuangan

Setiap organisasi pasti memiliki agenda kegiatan baik jangka waktu dekat, menengah atau panjang, karena tanpa kegiatan sebuah organisasi sama halnya tidak ada.

Nah bagi juragan yang berstatus sebagai bendahara berkewajiban untuk membuat rencana biaya di setiap kegiatan yang akan dilakukan oleh osis kedepan.

6. Mengumumkan Rencana Pengeluaran

Setelah juragan selesai membuat rencana keuangan tugas selanjutnya yang harus juragan lakukan bersama dengan ketua adalah menyampaikan rencana pengeluaran dana pada anggota dan MPK di sekolah juragan.

Rencana yang dilaporkan oleh juragan harus jelas dan tidak terkesan dibuat-buat. 

7. Menyusun LPJ

Setelah osis mengadakan kegiatan terlebih diakhir masa jabatan tentunya setiap uang yang masuk dan uang keluar seta sisanya harus dilaporkan pada MPK dan semua elemen yang ada di sekolah.

Nah sebagai seorang bendahara juragan harus mampu menyusun laporan keuangan selama masa menjabat sebagai pengurus osis.

8. Bersama Ketua Menyampaikan LPJ

Setelah juragan selesai menyusun laporan pertanggung jawaban keuangan selanjutnya juragan memiliki tugas mendampingi ketua osis dalam menyampaikan laporan keuangannya.

9. Memimpin Evaluasi keuangan

Salah satu tugas yang tidak kalah pentingnya yang harus dijalankan oleh seorang bendahara osis adalah mengevaluasi setiap kegiatan osis khususnya terkait keuangan.

10. Menghitung Keuangan Di Akhir Jabatan

Tugas terakhir seorang bendahara osis adalah menghitung uang yang dimiliki oleh organisasi osis, jika ada sisa maka sisanya harus diserahkan pada pengurus yang akan datang. Begitupun jika osis memiliki hutang.

11. Menjadi Contoh bagi Siswa

Tugas yang paling penting ketika juragan ditunjuk sebagai seorang bendahara osis adalah memberi contoh pada semua siswa dengan cara memberi contoh yang baik seperti rajin sekolah, sopan dan lain sebagainya.

Baca juga: 11+ Tugas Sekretaris Kelas yang Jarang Diketahui Siswa

Kriteria Bendahara Osis

Setelah juragan membaca tugas bendahara osis di sekolah tentunya seseorang yang harus memegang tanggung jawab ini bukanlah siswa sembarangan dia yang mau belajar lebih baik dan amanah.

Adapun kriteria menjadi seorang bendahara osis antara lain:

1. Memiliki rasa ingin belajar yang tinggi

2. Amanah dan dapat dipercaya

3. Pandai mengelola keuangan

4. Transparan

5. Memiliki tanggung jawab yang tinggi

6. Memiliki kemauan dan kemampuan serta pengetahuan yang baik.

Akhir Kata

Demikianlah tulisan mimin tentang tugas bendahara osis yang harus dijalankan selama kepengurusan organisasi di sekolah.

Bagaimana apakah postingan ini membantu juragan dalam memahami tugas sebagai seorang bendahara di organisasi osis? Jika iya selamat karena juragan akan menjadi seorang akuntan handal di kemudian hari.

Jangan pernah lelah belajar, karena prosesmu sekarang akan menentukan bagaimana anda di masa depan.