11+ Tugas Sekretaris Kelas yang Jarang Diketahui Siswa

Pada kesempatan kali ini mimin akan menuliskan sebuah tugas sekretaris kelas yang jarang orang ketahui, sebenarnya tulisan ini berangkat dari sebuah cerita kurang lebih seperti ini.

Ketika mimin sedang bingung menulis sebuah artikel tiba-tiba, adek mimin yang masih kecil datang dan bertanya pada mimin "Kak sekretaris kelas tugasnya apa?" Mendengar pertanyaan itu mimin sudah menyimpulkan jika adik mimin sedang menjadi seorang sekretaris di kelasnya

Tentu sebagai kakak yang baik hati dan tidak sombong mimin menjelaskannya secara detail tugas sekretaris di kelas pada adik mimin tersebut.

Penasaran seperti apa penyampaian mimin terkait pekerjaan sekretaris kelas, yuk baca postingan ini sampai selesai. Karena banyak membaca juragan akan menjadi orang yang luas wawasannya. Baca juga: 15 Tugas Wakil Ketua Osis Yang Perlu Diketahui.

Siapa Itu Sekretaris Kelas?

tugas sekretaris kelas

Sebelum mimin menjawab pertanyaan adek mimin bertanya padanya sebuah kalimat sederhana, siapa itu sekretaris di kelas? Adik saya malah menjawab dirinya, haha.

padahal yang mimin maksud adalah definisi dari sekretaris kelas. Berhubungan mimin sudah tidak sabar maka mimin menjelaskannya seperti berikut ini.

Sekretaris kelas merupakan seseorang yang pengurus kelas yang diamanahi untuk melakukan tulis-menulis atau surat-menyurat untuk membantu ketua kelas dalam menjalankan roda kepemimpinannya di kelas tersebut.

Dari kalimat itu dapat kita pahami jika peran sekretaris kelas sangatlah besar tidak kalah dengan tugas seorang ketua yang ada di kelas. Lantas apakah tugas sekretaris hanya tulis menulis saja?

Nah daripada semakin penasaran mari juragan simak seperti apa saja tugas yang harus dijalankan oleh seorang sekretaris kelas. Baca juga: 80+ Program Kerja MPK yang Menarik Lengkap Semua Komisi.

Tugas Tugas Sekretaris Kelas

Dalam menjalankan perannya di kelas seorang sekretaris memiliki beberapa tugas yang harus dijalankan dengan cara yang terbaik.

Adapun tugas sekretaris kelas sebagai berikut:

1. Notulen Rapat Kelas

Dalam menyelesaikan sebuah masalah atau tugas biasanya seorang ketua kelas akan mengadakan rapat dengan semua warga kelas.

Ketika mengadakan rapat tersebut pasti akan menghasilkan beberapa keputusan atau kesepakatan, nah tugas seorang sekretaris kelas adalah mencatat semua kesepakatan tersebut untuk dijadikan bahan laporan ketua kelas pada wali kelas.

2. Pengarsip Hasil Rapat Kelas

Sebagai seorang sekretaris kelas yang baik tentu kegiatan mengarsip hasil rapat menjadi suatu keharusan agar administrasi kelas menjadi rapi dan bagus.

Adapun yang harus diarsipkan adalah setiap kegiatan rapat seperti kapan rapat dilakukan, apa yang dibahas sampai pada apa saja keputusan yang dihasilkan oleh rapat tersebut.

3. Bersama Ketua Kelas Mengadakan Rapat

Tugas selanjutnya seorang sekretaris adalah mengadakan rapat bersama dengan ketua kelas. Selain itu seorang sekretaris juga berkewajiban mendampingi ketua dalam setiap rapat yang diadakannya.

4. Mendampingi Ketua Kelas dalam Rapat Osis

Sebagai pengurus kelas tentu saja akan sering mendapatkan undangan rapat yang diadakan oleh osis sekolah.

Nah seorang sekretaris kelas berkewajiban mendampingi ketua kelas dalam menghadiri rapat tersebut. Baca juga: 500+ Nama Angkatan Osis Yang Keren Serta Artinya.

5. Menyiapkan Keperluan Kelas

Selanjutnya tugas seorang sekretaris adalah menyiapkan segala kebutuhan kelas seperti kebutuhan saat rapat atau kebutuhan lainnya.

Seperti kebutuhan dalam menjadwalkan tugas piket kelas, pemasangan poster kelas, slogan kelas aesthetic dan segala bentuk inventaris kelas.

6. Memberikan Saran Pada Ketua

Sebagai seorang sekretaris tentunya juragan menjadi orang paling dekat dengan ketua kelas, dan tentu saja juragan harus memaksimalkan hal itu dalam memberikan masukan pada ketua untuk kemajuan kelasnya.

7. Mengurus Surat-menyurat

Jika diperlukan terkadang kelas harus mengeluarkan surat, maka orang yang paling bertanggung jawab adalah sekretaris, seperti surat pengumuman dari osis dan lain sebagainya.

8. Bertanggung Jawab Dibidang Administrasi kelas

Tugas selanjutnya yang harus diselesaikan dengan baik oleh seorang sekretaris kelas adalah urusan administrasi, seperti mencatat siapa saja yang hadir dan siapa saja yang tidak hadir sekolah, siapa yang sakit dan lain sebagainya.

9. Membuat Laporan Rapat

Setiap ada rapat baik yang diadakan oleh kelas atau diluar kelas seperti osis, sekolah dan lain sebagainya maka seorang sekretaris harus membuat laporan yang nantinya akan disampaikan oleh ketua pada siswa kelas atau wali kelasnya.

10. Menyusun Kegiatan Kelas

Biasanya setiap kelas akan memiliki kegiatan lain selain belajar mengajar, seperti mengikuti lomba dan kegiatan lainnya. Nah jika juragan berstatus sebagai sekretaris juragan berkewajiban membantu ketua dalam membuatnya.

11. Menjadi Panutan Warga Kelas

Tugas yang terakhir adalah tugas yang paling utama menurut mimin, yaitu juragan harus menjadi contoh yang baik pada anggota kelas. 

Karena sebagai pengurus kelas tentu saja juragan harus memberikan teladan pada orang yang harus diurusnya.

Baca juga: 

Akhir Kata

Itulah beberapa tugas sekretaris kelas yang harus dilakukannya dengan baik untuk menciptakan suasana kelas yang baik dan serat akan prestasi.

Bagaimana sangat menarik bukan tugas yang harus dijalani oleh seorang sekretaris kelas? 

Belajarlah terus menjadi orang yang bertanggung jawab dalam semua bidang termasuk di lingkup sekecil kelas. Karena pemimpin besar berawal dari hal kecil.

Semoga postingan ini bermanfaat dan membantu juragan dalam memahami apa saja tugas seorang sekretaris kelas.