Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Mengetahui cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus menjadi salah satu hal yang sangat penting bagi juragan pengguna hp android.

Adanya aplikasi di android tidak bisa dihapus tentu akan membuat memori cepat penuh dan baterai cepat habis, biasanya aplikasi yang tidak bisa di uninstall itu adalah aplikasi bawaan dari hp tersebut.

Adanya aplikasi jenis itu tentu saja selain membuat juragan kesel, juga akan menghambat juragan saat ingin menginstal aplikasi yang dibutuhkan lewat play store atau App Store.

Walau demikian juragan tidak perlu khawatir karena mimin akan membagikan bagaimana cara menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus di android.

Baca juga: Cara Cek Hp Infinix Asli atau Palsu Bagi Orang Awam

Alasan Tidak bisa Menghapus Aplikasi di Android

Tentu saja ada beberapa alasan yang membuat juragan tidak bisa menghapus aplikasi android, bahkan alasan ini terbilang sangat penting untuk juragan ketahui sebelum melakukan langkah menghapus aplikasi tersebut. Adapun alasannya antara lain:

1. Apk Bawaan Pabrik

Alasan pertama kenapa aplikasi yang ada di android juragan tidak bisa dihapus dikarenakan aplikasi tersebut merupakan aplikasi bawaan. Bahkan hampir semua aplikasi bawaan tidak dapat juragan hapus.

2. Aplikasi Sistem yang Penting

Ada beberapa aplikasi yang berguna untuk mengoperasionalkan sisetan yang ada di android. Juragan tentu saja tidak diizinkan untuk menghapus aplikasi jenis ini karena dapat berdampak pada kinerja dan stabilitas sistem. Pastikan aplikasi yang ingin juragan hapus bukanlah aplikasi yang sangat penting untuk sistem.

3. Pembaruan Aplikasi Sedang Berlangsung

Penyebab lainnya kenapa aplikasi tidak bisa dihapus karena ada pembaruan yang sedang berlangsung, Biasanya sistem Android akan melarang penghapusan aplikasi selama proses pembaruan sedang berlangsung. Oleh karenanya Pastikan untuk menyelesaikan proses pembaharuan sebelum mencoba menghapus aplikasi.

4. Aplikasi Dihubungkan dengan Akun

Ada beberapa aplikasi yang terkait langsung dengan akun juragan. Seperti terhubung dengan akun Google atau akun layanan lainnya, biasanya penghapusan tidak diizinkan. Oleh karenanya Pastikan untuk memutuskan koneksi dengan akun sebelum mencoba menghapus aplikasi.

5. Aplikasi Aktif Pengelola Perangkat

Alasan terakhir adalah aplikasi memiliki hak akses sebagai pengelola perangkat, seperti antivirus atau aplikasi keamanan. Aplikasi jenis ini mungkin saja dilindungi dari penghapusan untuk mencegah potensi kerusakan sistem. Matikan dulu aplikasi ini sebelum mencoba menghapus aplikasi lain.

Setelah juragan mengetahui beberapa alasan tersebut, mimin sarankan untuk berhati-hati dalam menghapus aplikasi yang tidak bisa dihapus supaya tidak ada masalah pada sistem dan lain sebagainya.

Baca juga: Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service

Cara Hapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Sebenarnya ada beberapa cara menghapus apk di android yang tidak bisa dihapus, hanya saja pada artikel ini mimin akan membagikan dua cara pokok yang bisa juragan lakukan untuk uninstall aplikasi yang ada di android.

1. Cara Menghapus Aplikasi Melalui Device Administrator

Untuk menghapus aplikasi di android yang paling banyak digunakan adalah melalui device administrator. Cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus ini sangat mimin rekomendasikan karena juragan bisa melakukannya tanpa menggunakan aplikasi tambahan dan tanpa root android.

1. Silahkan juragan pilih setelan yang ada di android. Kemudian klik setelan tambahan

2. selesai itu juragan klik "keamanan dan privasi"

3. Langkah selanjutnya adalah mengklik "administrator perangkat"

4. Setelah berhasil klik silahkan juragan pilih aplikasi yang ingin dihapus contoh aplikasi "Dodol Locker"

5. Setelah itu pilih aktifkan pada pojok kanan atas

6. Pada daftar diinstal silahkan juragan pilih aplikasi

7. Langkah terakhir silahkan juragan  pilih "paksa berhenti" atau "hapus instalasi"

Dengan cara cara menghapus aplikasi di xiaomi yang tidak bisa dihapus dan jenis hp lainnya, maka juragan sudah bisa membuang aplikasi yang tidak dibutuhkan lagi tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

2. Menghapus aplikasi dengan Setelan Pabrik

Jika aplikasi yang ingin juragan hapus adalah bukan aplikasi bawaan, sedangkan menggunakan cara yang telah mimin contohkan diatas masih belum bisa, maka langkah paling tepat adalah melakukan factory reset.

Bagi juragan yang tidak begitu paham apa itu factory reset? Pada kesempatan kali ini mimin akan mengulas tentang Factory reset.

Factory reset adalah sebuah tindakan untuk mengembalikan smartphone pada pengaturan pabrik alias pengaturan semula seperti pada saat juragan pertama membelinya.

Adapun cara menghapus aplikasi android yang tidak bisa dihapus dengan cara mereset ke pengaturan awal sebagai berikut:

1. Pilih menu setting/pengaturan di Android

2. Selanjutnya silahkan pilih opsi "Umum" lalu reset, kemudian klik factory data reset/ awal pabrik

3. Setelah  itu silahkan juragan pilih reset device tunggu hingga layar recovery.

4. Setelah itu silahkan juragan tekan tombol volume bawah hingga keluar opsi factory reset

5. Selanjutnya silahkan tekan tombol daya bersamaan dengan tombol volume turun hingga muncul opsi "yes"

6. Setelah itu silahkan juragan tekan tombol power (tombol daya) lalu tunggu hingga layar keluar opsi reboot

7. Silahkan juragan lakukan reboot system now

8. Selanjutnya juragan bisa tekan tombol daya untuk melakukannya dan sistem akan mereset Hp yang juragan miliki.

Sekedar catatan cara ini jarang sekali orang gunakan, karena beresiko akan kehilangan data penting yang sudah disimpan di hp juragan. Jadi untuk melakukan reset ke pengaturan pabrik tolong dipikirkan kembali.

Baca juga: Perlukah Hp Di Reset Pabrik?

Akhir Kata

Demikianlah cara menghapus aplikasi di android yang tidak bisa dihapus yang bisa mimin bagikan khusus untuk juragan sekalian, bahkan dalam postingan ini mimin telah memberikan beberapa penyebab kenapa apk tidak bisa dihapus.

Semoga dapat membantu juragan yang terganggu dengan aplikasi yang ada di android dengan cara menghapusnya seperti yang telah mimin sampaikan diatas.