7 Cara Menghilangkan Garis Hijau di Layar HP

juraganbaca.com - Cara menghilangkan garis hijau di layar hp menjadi salah satu solusi yang harus juragan ketahui ketika mengalami gangguan pada layar hp kesayangan.

Jika layar hp terdapat garis hijau, juragan tidak perlu khawatir yang berlebihan karena yang mengalami hal ini tidak hanya juragan banyak pengguna android atau iPhone mengalami hal ini.

Na bagi juragan yang ingin tahu bagaimana cara menghilangkan garis hijau di lcd hp, silahkan baca artikel ini sampai selesai karena mimin akan menulisnya khusus untuk juragan.

Baca juga: Cara Menghapus Aplikasi di Android yang Tidak Bisa Dihapus

Penyebab Garis Hijau Pada Layar HP

 Menghilangkan Garis Hijau di Layar HP

Sebelum mimin memberikan tutorial menghilangkan garis hijau di layar hp, tentu saja langkah pertama yang harus juragan ketahui adalah penyebab terjadinya garis hijau di hp juragan. Setidaknya mimin telah mengumpulkan beberapa penyebab diantaranya:

1. Kerusakan Layar

Penyebab pertama yang memungkinkan LCD hp juragan mengalami garis hijau adalah karena terdapat kerusakan pada layar hp yang dikarenakan oleh benturan dan penekanan pada layar yang berlebihan atau kerusakan pada komponen layar lainnya.

2. Permasalahan GPU

Penyebab kedua yang memungkinkan hp mengalami garis hijau pada layar karena terdapat kerusakan pada GPU yang berfungsi mengatur performa hp, kerusakan ini bisa disebabkan oleh kinerja hp yang terlalu overheat dan kelembaban yang kurang baik.

3. Masalah pada Jaringan Kabel

Selain karena faktor diata ada beberapa penyebab yang membuat hp bergaris hijau di layar diantaranya adalah karena terdapat kerusakan pada kabel penghubung layar dengan papan sirkuit.

4. Guratan Pada Layar

Terjadi garis hijau pada layar juga bisa disebabkan oleh guratan atau goresan pada layar yang cukup serius.

5. Masalah pada Peranti lunak

Sebenarnya masalah ini jarang terjadi tapi kerusakan pada layar bisa jadi karena faktor satu ini. Ketika perangkat lunak mengalami bug atau terjadi konflik perangkat akan mengganggu kinerja atau performa hp sehingga menyebabkan layar bergaris hijau.

Baca juga: Cara Menghilangkan Tulisan Mode Aman Realme 100% Berhasil

Cara Menghilangkan Garis Hijau pada Layar HP

Baiklah setelah juragan mengetahui beberapa penyebab terjadinya garis hijau pada layar hp, sekarang mimin akan memeberikan beberapa informasi seputar bagaimana cara mengatasi garis hijau di layar hp dengan mudah:

1. Cek Layar HP

Langkah pertama yang harus juragan pastikan adalah mengecek layar hp, apakah terdapat kerusakan atau tidak, jika ada keretakan dan kerusakan lainnya kemungkinan besar hp juragan bergaris hijau karena alasan tersebut jadi silahkan juragan ganti lcd dengan yang baru untuk tips memilihnya silahkan baca disini Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service.

2. Restart Ponsel

Jika pada langkah pertama tidak ditemukan kerusakan pada layar silahkan juragan lakukan langkah kedua ini yakni restart ulang hp juragan, karena ada kemungkinan kerusakan pada layar bersifat sederhana yang mudah diatasi dengan cara mematikan dan menghidupkan kembali smartphone juragan.

3. Perbaharui Sistem

Apakah sistem operasi hp juragan sudah usang? Jika iya kemungkinan besar masalah garis layar karena alasan tersebut jadi silahkan juragan update sistem yang terbaru untuk mengatasinya.

4. Cek Perangkat Lunak

Terkadang yang membuat hp kita layarnya bergaris hijau karena terjadinya bentrokan perangkat lunak dari pihak ketiga. Untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh perangkat lunak pihak ketiga, maka solusinya juragan uninstall aplikasi tersebut.

5. Gunakan Mode Aman

Cara mengatasi garis hijau pada layar hp selanjutnya adalah dengan cara mengaktifkan mode aman pada hp juragan, hal ini bertujuan untuk mematikan sementara aplikasi pihak ketiga. Jika setelah mengaktifkan mode aman garis hijau yang ada di hp hilang kemungkinan besar penyebabnya adalah aplikasi pihak ketiga.

6. Reset Pabrik

Jika beberapa langkah di atas tidak juga berpengaruh pada layar hp juragan, tidak ada salahnya jika juragan melakukan reset pabrik, hanya saja untuk langkah ini juragan harus mencadangkan terlebih dahulu file penting yang ada di ponsel juragan.

7. Service ke Teknisi

Jika semua langkah diatas sudah juragan lakukan namun tidak ada pengaruh ke layar hp yang bergaris hijau, maka juragan harus mempertimbangkan untuk memperbaiki hp tersebut pada teknisi atau tukang service terdekat.

Akhir Kata

Demikianlah cara memperbaiki LCD HP bergaris hijau yang bisa juragan praktikan, jika semua tutorial yang telah mimin bagikan tidak berdampak pada masalah yang sedang dihadapi maka solusi terbaik adalah memperbaikinya ke tukang service yang profesional.

Semoga postingan ini bisa bermanfaat bagi juragan yang sedang mengalami masalah pada layar hp bergaris hijau. Dengan membaca postingan ini diharapkan masalah tersebut dapat diatasi dengan baik.