5+ Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Klik Windows

Mengatasi laptop tidak bisa di klik menjadi salah satu cara paling banyak dicari oleh para pengguna laptop terlebih laptop windows 10, 8, 7 yang sedang mengalami masalah tersebut.

Seperti yang telah kita ketahui bahwasannya windows menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan oleh pengguna laptop. Hal ini tentu saja dikarenakan oleh layanan dan fitur yang ditawarkan sangat beragam dan membantu aktifitas harian juragan.

hanya saja dalam penggunaannya biasanya akan terdapat beberapa masalah seperti tidak bisa klik di laptop. Jika juragan mengalami hal itu tentu saja langkah pertama yang paling tepat adalah mengetahui penyebab laptop tidak bisa di klik apapun.

Setelah kita mengetahui apa saja penyebabnya barulah kita bisa mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop hang tidak bisa di klik dengan mudah di windows.

Baca juga: 11+ Cara Mengatasi Penyimpanan Default Penuh Hp Infinix

Penyebab Laptop Tidak Bisa Klik Kiri dan Kanan

Ada banyak penyebab yang dapat membuat laptop juragan tidak bisa di klik seperti update windows yang gagal, dan faktor lainnya. Untuk penyebab selengkapnya simak berikut ini:

1. Cortana Error

Kemungkinan penyebab pertama adalah karena cortana sedang bermasalah. Seperti yang kita ketahui bahwasannya cortana sangat berkaitan dengan menu yang terdapat di taskbar/start. jadi ketika terjadi masalah maka akan mengalami error ketika akan melakukan klik.

2. Sistem Bermasalah

Penyebab selanjutnya yang akan membuat taskbar gagal fungsi seperti tidak bisa diklik. Selain itu masalah di sistem ini juga akan membuat fitur yang terdapat di laptop juragan.

3. Kesalahan Saat Update Status

Seperti yang telah mimin singgung di awal jika penyebab yang umum kenapa laptop tidak bisa di klik adalah karena kesalahan saat update status windows.

4. Terkena Virus

Selain penyebab di atas adanya virus atau malware di dalam sistem akan merusak kinerja dari perangkat bahkan memodifikasi sistem sehingga tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya.

Selain penyebab di atas terdapat beberapa hal yang membuat laptop kita tidak bisa diklik. 

Baca juga: Cara Cek Spesifikasi Laptop dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Klik

Setelah juragan mengetahui beberapa penyebab diatas kini saat kita mengetahui bagaimana cara mengatasi laptop macet tidak bisa di klik dengan mudah dan simple tanpa ke tukang service. Adapun yang bisa juragan lakukan adalah sebagai berikut:

1. Restart Laptop

Langkah pertama yang bisa juragan lakukan untuk mengatasi laptop yang tidak bisa di klik adalah dengan merestart ulang laptop yang telah juragan gunakan terlalu lama.

Cara ini tentu saja sangat cocok jika laptop sedang mengalami masalah kecil seperti service sistem yang bertabrakan, hang dan lemot untuk caranya juragan bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Klik start>tombol power> silahkan juragan pilih restart.

2. Selain cara itu juragan bisa melakukannya dengan cara menekan ctrl+ALT+Del secara bersamaan kemudian pada tombol power pilih restart.

3. Selain kedua cara tersebut juragan bisa melakukannya dengan cara mengkombinasikan tombol ALT+F4 yang terdapat di keyboard pada opsi yang ditampilkan silahkan klik restart.

2. Restart Windows Explorer

Jika langkah sebelumnya tidak berhasil, maka mimin sarankan untuk melakukan restart melalui task manager. Adapun untuk melakukannya juragan perlu mengikuti langkah berikut ini:

-Silahkan juragan tekan Ctrl+Shift+Delete lalu pilih Task Manager

- Setelah itu silahkan klik more details kemudian "Processes" dan pilih windows explorer lalu restart.

-Tunggu sampai proses refresh sistem selesai

- Silahkan cek kembali apakah laptop sudah bisa di klik.

-Selesai.

Perlu juragan ketahui setelah melakukan hal ini biasanya hp juragan akan macet sebentar, namun juragan jangan khawatir karena hal itu akan normal kembali setelah proses selesai.

Akhir Kata

Demikianlah postingan yang berjudul cara mengatasi kursor laptop tidak bisa di klik, dengan sangat mudah dan simple.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam mengatasi laptop yang sedang bermasalah terlebih karena alasan tidak bisa diklik pada laptop yang kita miliki.