Cara Mengubah Video Menjadi File Mp4 Tanpa Aplikasi

juraganbaca.com - Ada banyak alasan kenapa orang ingin mengubah video menjadi file  khususnya file mp4, salah satunya yang sering dijadikan alasan karena file video yang dimiliki tidak support saat akan diputar.

Nah, pada kesempatan yang baik ini mimin akan membagikan cara mengubah video menjadi file mp4 tanpa harus menginstall aplikasi tambahan baik di android atau iPhone.

Cara mengubah video menjadi file di hp yang akan mimin papar ini akan mimin sampaikan dengan santai dan mudah dicerna oleh juragan sekalian, penasaran bagaimana caranya? Yuk lanjut membaca.

Baca juga: Cara Login Snack Video tanpa Aplikasi Lewat Google, Bisakah?

Cara Mengubah Video Menjadi File Mp4

Cara Mengubah Video Menjadi File Mp4
Mengubah Video Menjadi File Mp4

Mengubah video menjadi file mp4 merupakan salah satu keterampilan yang sangat mudah untuk juragan kuasai, untuk mengetahuinya juragan tidak perlu mengeluarkan uang untuk biaya les ke jepang haha, yang perlu juragan lakukan adalah membaca artikel ini sampai selesai sambil mempraktekannya di hp juragan. Berikut beberapa yang bisa juragan terapkan:

1. Mengubah Video Menjadi File dengan Online Convert

Cara pertama mengubah format video menjadi mp4 dengan menggunakan situs yang ada di google yang bernama online-convert.com cara ini terbilang mudah karena juragan tidak perlu menginstall aplikasi di android atau iPhone. Untuk langkah-langkahnya silahkan simak berikut ini:

  1. Silahkan juragan buka browser jika mimin menggunakan google chrome
  2. Setelah itu silahkan kunjungi situs online-convert.com
  3. Setelah masuk pada situs juragan akan mendapatkan beberapa opsi convert silahkan pilih video converter
  4. Setelah itu pilih format convert to mp4
  5. Selanjutnya silahkan juragan upload file dengan cara klik "choose file"
  6. Setelah video berhasil di unggah silahkan juragan pilih start untuk mengubah file video menjadi mp4
  7. Tunggu hingga proses selesai 

2. Mengubah video menjadi MP4 dengan Situs Zamzar

Selain menggunakan situs online convert juragan juga bisa menggunakan situs zamzar untuk mengubah video menjadi file di android khususnya file mp4. Cara ini tidak kalah simplenya dengan cara sebelumnya, untuk caranya silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser yang ada di hp
  2. Kemudian kunjngi situs zamzar.com 
  3. Setelah itu silahkan juragan klik add files untuk mengunggah video yang diinginkan
  4. Setelah berhasil diunggah silahkan juragan pilih format mp4 pada pilihan "convert to"
  5. Selanjutnya silahkan juragan klik convert now.
  6. Tunggu hingga proses selesai
  7. Lalu download file yang berhasil di convert.
  8. Selesai.

3. Mengubah Video Menjadi File MP4 dengan Freemake.com

Situs selanjutya yang bisa juragan gunakan untuk mengubah format video menjadi mp4 adalah freemake.com cara ini tak kalah mudahnya dengan cara sebelumnya yang perlu juragan lakukan adalah mengunggah, memilih format mp4 kemudian convert dan download. Untuk cara selengkapnya silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browser yang ada di hp juragan seperti google chrome
  2. Lalu kunjungi situs freemake.com
  3. setelah berhasil login silahkan pilih select file untuk mengunggah video yang ingin diubah formatnya
  4. Setelah berhasil silahkan pilih format mp4
  5. lalu pilih convert now
  6. Tunggu hingga proses selesai
  7. Setelah selesai video akan otomatis terunduh di perangkat juragan.

Dari ketiga cara yang telah mimin sampaikan diatas tentunya juragan bebas memilih opsi situs yang terbaik untuk digunakan mengubah video menjadi file mp4.

Baca juga: Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Tips Mengubah Video Menjadi File Mp4

Untuk membantu juragan mendapatkan hasil yang lebih baik, pada kesempatan kali ini mimin akan membagikan beberapa tips yang harus juragan pertimbangkan saat akan mengubah format video menjadi mp4.

Format Output Support di hp

Hal yang pertama yang harus juragan pertimbangkan sebelum mengconvert video menjadi mp4 adalah melihat apakah format didukung oleh sistem yang ada di hp juragan, namun format mp4 biasanya sudah support di semua jenis hp.

Pertimbangkan kualitas file

Selanjutnya yang harus juragan pertimbangkan adalah kualitas file yang akan juragan convert semakin tinggi kualitas dan semakin besar ukurannya akan membuat video semakin baik, namun hal itu akan menguras memori di ponsel juragan.

Simpan Video Asli

Menyimpan video yang asli menjadi tips yang paling penting untuk juragan lakukan hal ini bertujuan untuk menyiapkan jika terjadi kerusakan pada video hasil convert.

Perhatian Hak Cipta

Jika juragan mengconvert video dengan tujuan komersial seperti di upload di youtube dan lain sebagainya mimin sarankan untuk menjaga hak cipta dari pembuatnya.

Akhir Kata

Dengan membaca tulisan ini juragan sudah mengetahui bagaimana cara mengubah video menjadi file mp4 dengan mudah tanpa harus menginstall aplikasi tambahan di hp.

Adapun situs yang mimin sarankan pada postingan ini ada beberapa situs yakni online-convert, zamzar dan situs freemake. Sebenarnya selain situs ini masih ada banyak situs lainnya yang bisa juragan lakukan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyelesaikan persoalan mengubah video menjadi format mp4 dengan menggunakan hp.