Cara Mengatasi Tombol Enter tidak Berfungsi pada Laptop

Apakah tombol enter tidak berfungsi pada laptop juragan? Jika iya, jangan khawatir karena semua akan teratasi setelah juragan membaca postingan ini sampai selesai.

Tentu saja ketika juragan mengalami masalah pada laptop akan terasa terganggu terlebih bila tombol enter tidak berfungsi saat akan mengetik atau sedang mengirim pesan pada orang lain.

Pada postingan kali ini selain menjelaskan bagaimana cara mengatasi, mimin juga akan memaparkan beberapa penyebab yang membuat tombol enter tidak berfungsi pada laptop. 

Kenapa Tombol Enter tidak Berfungsi?

Cara Mengatasi Tombol Enter tidak Berfungsi pada Laptop
Tombol Enter tidak Berfungsi

Ketika tombol enter tidak berfungsi windows 11 dan jenis windows lainnya sebenarnya disebabkan oleh beberapa hal seperti kotoran yang menempel dan jenis lainnya.

Dengan mengetahui beberapa penyebab tersebut maka juragan bisa menentukan langkah yang lebih tepat saat akan mengatasinya. Adapun penyebab kenapa tombol enter dan backspace tidak berfungsi sebagai berikut:

1. Debu

Masalah yang paling umum kenapa tombol enter tidak berfungsi di laptop adalah karena adanya debu atau yang menempel di bawah tombol enter. Hal ini tentu saja akan menghambat fungsi dari salah satu tombol laptop termasuk tombol enter.

2. Driver tidak diinstal

Masalah driver tentu saja akan menjadi salah satu penyebab tidak berfungsinya tombol di laptop. Mengingat driver merupakan sebuah perangkat lunak yang berfungsi untuk menghubungkan sistem operasi dengan tombol yang ada di keyboard

3. Kerusakan Fisik

Penyebab selanjutnya yang memungkinkan kenapa tombol enter tidak berfungsi adalah disebabkan oleh kerusakan pada fisik keyboard hal ini terjadi karena pernah terjatuh, atau penggunaan yang terlalu berlebihan.

4. Setting yang salah

Selain faktor diatas terjadinya masalah pada tombol enter juga bisa disebabkan oleh salah dalam menyeting pada keyboard, contoh setting pada filter keyboard atau karena penugasan khusus pada tombol enter.

5. Masalah pada Hardware

Mungkin penyabab terakhir ini hampir jarang terjadi, namun bukan berarti tidak mungkin. Bisa jadi masalah pada tombol keyboard disebabkan oleh kerusakan pada hardware yang lebih serius, contoh kerusakan pada papan sirkuit atau kabel di dalam laptop milik juragan.

Baca juga: 5+ Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Klik Windows

Cara Mengatasi Tombol Enter tidak Berfungsi

Setelah juragan mengetahui penyebab kerusakan pada tombol enter tidak berfungsi windows 7 dan jenis laptop lainnya sekarang juragan bisa mengetahui bagaimana cara mengatasinya dengan langkah yang paling tepat.

Tentu saja semua solusi yang akan mimin bagikan ini akan menjawab pertanyaan juragan tentang bagaimana jika tombol enter tidak berfungsi? Adapun langkah-langkah yang bisa juragan lakukan sebagai berikut:

1. Bersihkan Keyboard

Jika yang menyebabkan kenapa tombol tidak berfungsi adalah karena adanya debu atau kotoran yang menempel di keyboard maka langkah paling tepat adalah membersihkannya.

Untuk membersihkan keyboard juragan bisa menggunakan sebuah blower udara atau kain lembut yang sudah juragan basahi dengan alkohol isopropil secukupnya. Saat melakukannya pastikan laptop dalam keadaan mati.

2. Instal atau Perbarui driver

Jika yang menjadi penyebab adalah driver yang belum terinstal atau sudah kadaluarsa maka yang perlu juragan lakukan adalah menginstal atau memperbaharuinya.

Untuk memperbarui driver tentu saja juragan harus mengunjungi situs penyedia atau menggunakan device manager yang ada di laptop.

3. Cek Koneksi

Jika terjadi kerusakan pada fisik seperti kabel yang yang terputus dan lain sebagainya, maka langkah paling tepat yang harus juragan lakukan adalah mengeceknya secara langsung.

Silahkan juragan buka casing laptop dengan sangat hati-hati kemudian periksa apakah ada koneksi yang terputus atau ada kelonggaran pada keyboard enter jika iya silahkan juragan sambungkan atau ganti kabel yang rusak.

4. Atur Keyboard

Bagaimanakah yang harus dilakukan jika yang menjadi masalah adalah pengaturan keyboard yang kurang tepat? Seperti menggunakan filter keyboard atau ada penugasan khusus pada tombol enter.

Untuk mengatasinya silahkan juragan buka pengaturannya kemudian jangan aktifkan filter keyboard dan jangan aktifkan pula penugasan khusus pada tombol enter.

5. Gunakan Keyboard Eksternal 

Jika langkah di atas tidak ada yang bisa mengatasi masalah pada tombol enter tentu saja juragan perlu datang ke tukang service untuk memperbaikinya.

Atau dengan menggunakan solusi lain, seperti menggunakan keyboard eksternal. Langkah ini sangat mimin sarankan jika juragan sedang butuh menyelesaikan tugas mendesak.

Baca juga: 11+ Cara Mengatasi Penyimpanan Default Penuh Hp

Tips Mencegah Tombol Enter tidak Berfungsi

Untuk mengantisipasi terjadi tombol enter tidak berfungsi tentu saja ada beberapa kebiasaan yang harus juragan lakukan seperti:

Bersihkan Secara Rutin

Untuk mengantisipasi terjadinya masalah pada keyboard termasuk pada tombol enter adalah dengan rutin membersihkan keyboard laptop dari debu dan kotoran yang menempel.

Menggunakan Pelindung Keyboard

Selain membersihkan keyboard langkah yang tidak kalah pentingnya untuk melindungi keyboard adalah dengan menggunakan keyboard protector,  hal ini bisa juragan dapatkan di toko elektronik atau membelinya secara online.

Jangan Menekan berlebihan

Awet tidaknya laptop yang juragan miliki tergantung pada bagaimana juragan memakainya. Mimin sarankan supaya keyboard tidak bermasalah juragan untuk menggunakannya secara wajar, jangan menekan terlalu berlebihan.

Simpan Laptop di tempat tidak rawan debu

Tips terakhir yang bisa mimin bagikan untuk juragan supaya keyboard tidak mudah rusak adalah simpan laptop di tempat yang minim debu, dan usahakan menyimpannya dalam keadaan tertutup.

FAQ

Apa yang menyebabkan keyboard laptop tidak berfungsi?

Ada banyak sekali yang menyebabkan kenapa keyboard tidak berfungsi, namun yang paling umum karena adanya kotoran, perangkat terkunci atau keyboard yang terputus

Tombol Enter di komputer untuk apa?

Fungsi tombol enter pada keyboard sangatlah penting seperti memindahkan kursor ke bawah atau memindahkan baris satu ke baris berikutnya. Oleh karenanya jika tombol ini tidak berfungsi akan sangat mengganggu.

Bagaimana cara membuka kunci keyboard laptop?

Untuk membuka keyboard yang terkunci sehingga tombol enter tidak berfungsi dengan cara menekan tombol (shift+Numlock) atau dengan menekan (Fn+F11+Scroll Lock) secara bersamaan.

Apakah keyboard laptop bisa dilepas?

Untuk melepas tombol enter pada keyboard juragan cukup menggunakan kuku jari, namun lakukan secara hati-hati.

Akhir Kata

Demikianlah postingan tentang bagaimana cara mengatasi tombol enter tidak berfungsi lengkap dengan penyebab dan tips merawat keyboard laptop juragan.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyelesaikan permasalah pada keyboard khusus saat tombol enter tidak bisa berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika semua yang mimin sarankan tidak berfungsi mimin sarankan untuk memperbaikinya dengan membayar jasa teknisi terdekat dari rumah juragan.