8+ Cara Memilih AC Second yang Bagus dan Hemat Listrik

Cara memilih ac second atau bekas yang bagus dan hemat listrik gimana pak? Begitulah pertanyaan yang mimin lontarkan pada tukang AC yang berada di dekat rumah mimin.

Mendengar pertanyaan itu tukang service ac tersebut menjawab dengan sangat detail kurang lebih seperti ini yang disampaikannya.

Memilih ac second janganlah sembarangan mas, biasanya kualitas ac second akan lebih rendah performanya saat digunakan. Walau begitu masih ada banyak yang kualitasnya masih bagus dan bekerja dengan baik.

Makanya pak, saya tanya anda karena bapak lebih pengalaman urusan bagaimana cara memilih ac bekas yang hemat listrik dan bagus tentunya. Mendengar respond mimin tukang ac tersebut menjelaskan lebih jauh seperti yang telah mimin tulis di bawah ini.

Baca juga: Cara Melihat Bit Laptop Windows dengan Mudah

Cara Memilih AC Bekas yang Tepat

Cara Memilih AC Second
Cara Memilih AC Second

Memilih pendingin ruangan yang tepat dan bagus serta hemat listrik itu dibilang susah tidak terlalu dan dibilang mudah juga tidak, terlebih bagi orang awam yang tidak mengenal komponen AC yang akan dibelinya.

Kalau bapak, ketika membeli ac di rumah yang bapak pakai itu bapak sudah cek keseluruhannya sehingga dapat yang murah, awet dan hemat listrik. Untuk cara memilih ac bekas yang bagus seperti yang bapak miliki setidaknya periksa bagian berikut ini.

Sebentar pak, sebelum dijelaskan lebih jauh silahkan diminum kopinya, biar penjelasannya lebih mudah mimin serap haha. Setelah menyeruput kopi hitam tanpa gula yang ada di hadapannya tukang ac tersebut menjelaskan lebih lanjut.

Baca juga: Rekomendasi Televisi Digital Terbaik Harga Murah

1. Cek Bagian Luar

Kalau bapak pertama yang dicek saat akan membeli dan memilih ac bekas adalah fisiknya alias bagian yang paling luar. Ada banyak hal yang harus kita cek mulai dari casing yang tidak tergores dan tidak berkarat. Selain itu juga harus di cek dengan teliti apakah di bagian kondensor ada kebocoran atau tidak.

Amati juga kompresornya sudah diganti atau masih orisinil, jika masih orisinil dan kualitasnya masih bagus kita perlu mempertimbangkan untuk membelinya.

Apakah hanya itu saja yang perlu dicek pak? Tanya mimin yang masih sangat penasaran dengan cara memilih ac yang bagus dan hemat listrik walaupun second.

Masih banyak yang harus dipertimbangkan mas, makanya jangan dipotong kalau bapak bicara ucapnya sembari tertawa usai minum kopi untuk yang kedua kalinya.

2. Cek Suara

Selanjutnya yang harus dicek saat akan membeli ac second adalah suaranya. Beli ac kok kayak cari penyanyi dangdut saja pak, tanggapanku sembari tertawa.

Makanya dengarkan dulu bapak bicara, dengan suara yang keluar kita akan lebih mudah mendeteksi kualitas ac bagus atau tidak. Jika suara yang dikeluarkan saat dinyalakan masih halus kemungkinan besar ac tersebut kondisinya baik. Namun jika suara yang dihasilkan kasar dan keras alias berisik kemungkinan besar ac tersebut sudah rusak.

Hanya saja ini tidak menjamin 100 persen karena terkadang ada penjual yang curang dengan mengakali supaya suaranya terdengar halus padahal aslinya sudah rusak.

3. Cek Tombol AC

Selanjutnya yang perlu kita cek apakah ac second tersebut masih bagus dan hemat listrik adalah dengan cara mengecek apakah tombol yang ada di ac masih berfungsi atau tidak.

Untuk mengujinya silahkan nyalakan ac dengan cara tekan tombol on/off. jika saat ditekan ac bermasalah alias tidak normal maka kemungkinan ada kerusakan komponennya.

4. Cek Kabel AC

Langkah selanjutnya agak sedikit rumit karena yang harus kita cek adalah sambungan instalasi pada kabel ac. Tentu saja sebagai orang awam akan kesulitan saat melakukannya.

Padahal langkah ini tidak kalah pentingnya dengan langkah sebelumnya. namun mas darsam bisa mengecek bagian luarnya saja seperti apakah kabel sudah terkelupas dan saling menempel atau tidak.

5 Cek Bagian Daya

Jika Mas Darsam mencari ac yang hemat listrik, mas harus mengecek bagian daya, karena di bagian ini kita bisa mengetahui apakah ac yang akan kita beli boros atau tidak.

Silahkan cek apakah ac tersebut aliran dayanya ditranfer keluar ke unit outdoor ac atau tidak. Tentu saja langkah ini kayaknya akan sedikit terkendala bagi mas darsam.

6. Cek Remote

Selanjutnya yang perlu kita cek saat membeli ac yang bagus adalah dengan cara mengecek remote yang digunakan.

Silahkan mas darsam cek remote ac tersebut dengan cara menekan tombol on/off kemudian tekan tombol yang lainnya. Jika masih berfungsi berarti remote tersebut normal.

7. Periksa Garansinya

Walaupun kita membeli ac tidak baru alias second tidak ada salahnya jika kita mencari informasi lebih jauh seputar kartu garansi yang disediakan.

Dengan adanya kartu garansi itu berarti jika barang yang kita beli memiliki jaminan akan kualitas yang dimilikinya.

8. Ajak Ahlinya

Sebenarnya langkah yang paling mudah untuk membeli ac bekas itu ada lo mas darsam, mas tinggal mengajak orang yang ahli dibidang ac salah satunya seperti saya. ucap bapak sembari tersenyum.

Iya itu pasti pak, saya bertanya soalnya ingin dibuat postingan di blog milik saya pak, dari tadi saya cari konten tidak menemukan inspirasi makanya saya tanya bapak yang kebetulan main ke rumah haha.

Baca juga: Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan tukang ac yang ada di dekat rumah mimin terkait bagaimana cara memilih ac yang benar terlebih ac bekas yang masih bagus dan hemat listrik.

Apakah postingan ini dapat membantu juragan? Jika iya. Mimin doakan semoga juragan dapat menemukan ac bekas dengan kualitas terbaik. Namun jika masih ragu membelinya sendiri silahkan ajak teman atau saudara yang mengerti akan hal itu.