8+ Kelebihan dan Kekurangan Handphone

Saat mimin sedang duduk merenungi hidup yang masih biasa-biasa saja, tiba-tiba datang seorang ibu yang menanyakan pada saya "apa kelebihan dan kekurangan handphone jika saya membelikannya untuk anak?"

Selesai bertanya ibu itu bercerita kenapa mempertanyaan akan hal tersebut, menurut cerita yang disampaikan ibu itu sedang gelisah karena anaknya minta dibelikan handphone sedangkan ibunya tidak ingin terpengaruh hal negatif dari dunia luar.

Setelah mendengar cerita yang panjang lebar mimin kemudian menjelaskan pada ibu tersebut apa saja kelebihan dan kekurangan handphone bagi penggunanya. Kurang lebih seperti ini penjelasan mimin.

Baca juga: Cara Mengatasi Memori Penuh Samsung J2 Prime

Kelebihan Handphone Bagi Pengguna

8+ Kelebihan dan Kekurangan Handphone
Kelebihan dan Kekurangan Handphone

Sebagai satu-satunya sarjana yang ada di kampung tentu saja masyarakat menggap jika saya adalah orang yang tahu segala hal, termasuk urusan teknologi, dan untungnya mimin selalu ingin belajar memperkaya pengetahuan supaya bisa menjawab semua pertanyaan yang diajukan oleh masyarakat termasuk urusan kelebihan dan kekurangan handphone.

Sebelum menjelaskan lebih jauh mimin menyuruh ibu untuk meminum tek yang telah disediakan oleh istri, setelah ibu itu lebih tenang mendengarkan informasi seputar kelebihan handphone maka mimin mulai merangkai kata demi kata seperti berikut ini:

1. Mempermudah Komunikasi

Pendekatan pertama yang mimin sampaikan pada ibu tersebut adalah kita tidak bisa menghindar dari kemajuan teknologi, dengan adanya handphone kita bisa berkomunikasi dengan orang lain yang jaraknya jauh.

Dengan adanya handphone kita bisa berinteraksi dengan keluarga dan saudara yang ada di luar kota bahkan ada di belahan dunia.

Berarti saya bisa menelpon saudara yang ada di kota nak? Ujar ibu itu memotong penjelasan mimin.

Tentu saja bisa ibu bahkan ibu juga bisa melakukan video call dengan bantuan aplikasi seperti whatsApp dan aplikasi chatting lainnya.

2. Bisa Dibawa Kemana-mana

Kelebihan selanjutnya jika membeli handphone atau smartphone ibu bisa membawanya kemana-mana, sperti saat ada undangan manten dan lain sebagainya.

bahkan sekarang ini hampir semua orang memiliki handphone, dan hampir semua orang kemana-mana tidak bisa lepas dari benda yang satu ini.

3. Sumber Informasi

Terus apa lagi kelebihannya nak? Tanya ibu itu penasaran. Melihat ibu itu sangat penasaran maka mimin melanjutnya penjelasan kelebihan smartphone yang dapat menjadi sumber informasi.

Jika ibu membelikan handphone untuk anak maka akan dapat menjadi sumber informasi untuk belajar di sekolahnya. Tentu saja hal ini akan membantu jika digunakan dengan benar.

4. Menawarkan Solusi Keseharian

Banyak kebutuhan yang bisa juragan penuhi dengan bantuan handphone salah satunya adalah saat ingin bepergian, memesan makanan dan lain sebagainya,

Mimin juga memberitahu ibu tersebut beberapa aplikasi seperti shopee, Gojek dan aplikasi sejenisnya untuk meyakinkannya akan beberapa hal seputar android.

Selain kelebihan ini masih banyak lagi kelebihan handphone yang bisa dirasakan oleh pengguna hp android yang tentunya tidak bisa mimin jelaskan secara untuk pada artikel ini.

Baca juga: Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Dan Solusinya

Kekurangan Handphone Bagi Pengguna

Setelah mimin menjelaskan tentang kelebihan smartphone atau handphone, ibu tersebut meminta pada mimin untuk menjelaskan pula apa saja yang menjadi kekurangan dari handphone. Adapun penjelasan mimin sebagai berikut:

Kesehatan Mata

Jika handphone digunakan secara terus menerus maka akan mendatangkan efek pada kesehatan mata yang disebabkan oleh efek radiasi yang dipancarkan.

Pancaran radiasi ini tentu akan sangat berbahaya bagi mata dan kesehatan tubuh lainnya. Oleh karena usakan ibu menjaga anaknya saat menggunakan hp ini.

Berita Hoax

Memang benar, handphone menjadi salah satu alat yang dapat digunakan untuk mendapatkan informasi. Hanya saja tidak semua informasi yang datang pada kita itu merupakan informasi yang benar.

Banyak sekali informasi yang tidak benar atau hoax yang tersebar di media sosial oleh karenanya juragan harus bisa menyaring informasi yang masuk dengan mengecek kebenarannya.

Rentan Penipuan

Selain banyaknya berita hoax, dalam smartphone juga banyak sekali orang yang memanfaatkan untuk menipu orang lain, oleh karena nya juragan harus berhati-hati dalam percaya pada orang lain.

Banyak cara yang dilakukan oleh para penipu untuk mengelabui mangsanya, baik dengan cara menelpon, melalui pesan atau dengan mengirimkannya aplikasi yang dapat membongkar isi hp.

Lebih Boros

Ketika juragan memiliki handphone tentu saja juragan harus membeli pulsa atau paketan. bahkan harga keduanya ini bisa terbilang cukup mahal untuk orang yang kurang mampu.

Jika awalnya pengeluaran juragan berkisar 300 ribu per bulan maka jika memiliki hp juragan bisa lebih boros dengan pengeluaran yang lebih besar mungkin bisa 400 ribu perbulannya.

Akhir Kata

Demikianlah beberapa kelebihan dan kekurangan handphone yang harus juragan ketahui saat akan menggunakan smartphone. Hal ini bertujuan untuk lebih berhati-hati dalam menggunakan hp.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyikapi beberapa kelebihan dan kekurangan handphone. Jangan lupa pantau terus situs juragan baca untuk mendapatkan informasi menarik lainnya.