3+ Cara Mengatasi Aplikasi tidak Muncul di Menu Android

Min, bagaimana cara mengatasi aplikasi tidak muncul di menu hp android yang saya miliki? Apakah saya harus beli hp lagi atau memperbaikinya ke tukang service?

Jangan terburu-buru ke tukang service jika aplikasi android tidak muncul di menu hp dan jangan terlalu khawatir karena ada banyak cara yang bisa dilakukan dengan mudah dirumah.

Hanya saja tidak semua orang tahu cara mengatasi aplikasi tidak ada di menu, sehingga membuatnya gelisah seperti halnya juragan sekarang ini.

Maaf min, kalau boleh saya usul alangkah lebih baiknya jika dijelaskan juga terkait penyebab atau kenapa aplikasi tidak tampil di menu android? Baiklah jika itu yang juragan inginkan, silahkan simak penjelasan berikut ini.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Fastboot Xiaomi Redmi Note 9

Penyebab Aplikasi Tidak Muncul di Menu HP

Cara mengatasi aplikasi tidak muncul

Sebenarnya ketika juragan menginstall aplikasi di google play store akan secara otomatis tersimpan di menu aplikasi hp android. Namun jika hal itu tidak terjadi, maka ada sedikit masalah yang sedang hp juragan alami.

Walau demikian juragan harus tetap tenang karena masalah ini sudah sangat biasa terjadi dan terbilang wajar. Nah, untuk penyebabnya antara lain sebagai berikut:

Pengaturan Tidak Tepat

Masalah yang paling sering mimin temui kenapa aplikasi tidak muncul di menu adalah karena faktor salah dalam menyeting aplikasi di android. Kesalahan diantaranya adalah aplikasi disembunyikan atau diblokir oleh fitur keamanan dan privasi hp.

Penyimpanan Penuh

Untuk menjawab pertanyaan mengapa aplikasi tidak muncul di menu yang kedua adalah karena penyimpanan android tidak cukup. Silahkan saja juragan cek apakah aplikasi yang diunduh sudah berhasil atau tidak. Kebanyakan karena memori hp penuh membuat aplikasi tidak bisa diinstall dan tentunya tidak akan muncul di menu aplikasi.

Kesalahan Sistem

Penyebab yang terakhir ini sebenarnya sedikit jarang terjadi, karena masalah ini biasanya disebabkan oleh bug dan masalah lain yang terjadi pada sistem android hp juragan.

Baiklah itulah beberapa penyebab yang memungkinkan aplikasi tidak muncul di menu aplikasi hp juragan, lantas bagaimana cara mengatasinya? Yuk simak postingan ini lebih lanjut.

Baca juga: Cara Memindahkan File dari HP ke Flashdisk Tanpa Ribet

Cara Mengatasi Aplikasi yang Tidak Muncul di Menu

aplikasi tidak muncul di menu

Sebenarnya cara mengatasi ini pernah mimin tulis pada artikel sebelumnya yang berjudul cara menampilkan aplikasi di layar, hanya saja pada postingan tersebut mimin hanya fokus pada hp merk vivo.

Berikut 4 langkah yang bisa juragan coba untuk mengatasi aplikasi tidak muncul di menu hp android dengan mudah dan simple:

1. Atur Mode Laci

Ada beberapa hp yang membutuhkan tindakan untuk mengatur layar depannya, tentu hal ini akan mempengaruhi pada tampilan layar yang ada di hp. Untuk langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka pengaturan android
  2. Silahkan cari layar awal atau majalah layar
  3. Selanjutnya silahkan juragan pilih opsi mode layar
  4. lalu pilih mode laci.

Tindakan ini akan menampilkan semua aplikasi yang ada di hp android juragan, dengan cara menggeser ke atas atau ke bawah.

2. Tampilkan aplikasi yang tersembunyi

Seperti yang kita ketahui untuk menjaga privasi pengguna beberapa hp android akan menawarkan fitur hidden aplikasi atau menyembunyikan aplikasi di menu.

Jika juragan ingin menampilkannya kembali aplikasi yang telah di hide, silahkan juragan ikuti langkah berikut ini:

  1. Buka pengaturan
  2. Pilih keamanan dan privasi
  3. Selanjutnya silahkan juragan pilih penyembunyian aplikasi
  4. Silahkan aplikasi yang telah juragan sembunyikan matikan dengan cara mengaktifkannya.

Buka Melalui Play Store

Ketika langkah yang telah mimin jelasnya tidak ada pengaruhnya di hp juragan, tidak ada salahnya jika membukanya menggunakan google play store.

Untuk langkah-langkah yang bisa juragan lakukan antara lain sebagai berikut:

  1. Buka Google Play store
  2. Silahkan klik icon profil yang ada di kanan atas
  3. Selanjutnya silahkan pilih kelola perangkat
  4. Pada opsi lanjutan klik kelola
  5. Maka semua aplikasi yang ada di hp juragan akan ditampilkan.

Tentu saja langkah-langkah yang telah mimin jelaskan ini akan sedikit berbeda di beberapa hp android, namun secara umum itulah yang bisa juragan lakukan saat aplikasi tidak muncul di menu hp.

Akhir Kata

Demikianlah cara mengatasi aplikasi yang tidak bisa muncul di menu android dengan mudah dan simple. Silahkan juragan coba beberapa langkah tersebut, Jika masih ada kendala mimin sarankan untuk reset ulang hp ke pengaturan pabrik.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragna dalam menampilkan aplikasi yang tersembunyi alias tidak tampil di menu android.