Lebih Baik Ganti Lcd atau Beli Hp Baru

Juraganbaca.com - Saat mimin sedang duduk di teras rumah merenungi nasib yang belum maju-maju, tiba-tiba datang seorang ibu yang ingin minta antar ke tukang service hp karena hp anaknya yang masih kecil layarnya retak dan sulit disentuh. Ketika mimin ingin siap-siap mengantar, ibu itu mengajukan pertanyaan yang sangat menarik yakni lebih baik ganti lcd atau beli hp baru ya cong?

Menurut informasi yang didapat ibu tersebut, dari pada ganti lcd lebih baik membeli hp baru karena harganya tidak jauh berbeda. Apakah benar begitu? Tentu saja jawabannya bisa benar tapi juga bisa salah.

Karena mimin tidak ingin ibu tersebut salah dalam mengambil keputusan, akhirnya mimin menjelaskan beberapa hal mulai dari apa itu LCD?, Tipe LCD yang beredar di pasaran serta pertimbangan terkait akan ganti lcd atau beli hp baru lengkap dengan tipsnya. Kurang lebih seperti ini penjelasannya.

Baca juga: Penyebab Layar Hp Samsung Berubah Warna Dan Solusinya

Apa Itu LCD?

Lebih Baik Ganti Lcd atau Beli Hp Baru

Sebagai orang yang masih awam tentang dunia teknologi tentu saja mimin sangat bersemangat untuk memberikan wawasan yang telah mimin dapatkan seputar LCD. Tentu saja hal ini bertujuan supaya ibu yang ada di hadapan mimin ini lebih paham dan tidak salah memutuskan antara lebih baik service hp atau beli baru.

LCD merupakan salah singkatan dari Liquid Crystal Display. LCD merupakan sebuah layar yang digunakan di beberapa alat elektronik seperti pansel, laptop dan lain sebagainya. Dalam bekerja lcd menggunakan cahaya dan kristal cair yang menghasilkan gambar, teks, warna dan lain sebagainya yang ada di ponsel hp kita.

Ketika layar hp ini bermasalah tentu saja akan sangat mengganggu saat menggunakannya untuk keperluan sehari-hari. Seperti halnya hp tidak menampilkan gambar, sudut gambar terputus karena kerusakan tidak merata seperti yang ibu miliki. Ucap mimin sembari memegang hp yang ibu bawa.

Baca juga: 7 Cara Menghilangkan Garis Hijau di Layar HP

Tipe LCD yang Umum Diketahui

Mending Ganti Lcd atau Beli Hp Baru

Nah sebelum saya melanjutkan pembahasan tentang lcd alangkah lebih baiknya jika ibu membaca postingan yang pernah saya buat di blog juragan baca dengan judul Cara Memilih LCD HP Terbaik Menurut Tukang Service. Karena pada artikel tersebut telah saya jelaskan tentang jenis-jenis lcd, merk lcd hp yang terbaik serta tips cara memilihnya.

Hanya saja ibu menjawab dengan jawaban yang membuat kita semua ketawa "Bagaimana ibu bisa membaca cong, orang hp yang sering dipakai layarnya hilang separuh ini". Dari situlah mimin tertarik untuk menjelaskan sedikit tentang tipe lcd hp yang umum digunakan oleh orang, diantaranya:

1. Layar IPS

IPS LCD merupakan layar yang akan menawarkan sebuah gambar yang lebih jelas, warna yang tajam serta sudut pandang pada layar yang lebih kompleks.

2. LCD OLED

HP ibu ini menggunakan LCD OLED dan ini mungkin menjadi salah satu lcd yang paling banyak dipasang pada hp yang beredar sekarang, selain menghasilkan kontras yang lebih tinggi dan warna intens lcd ini dianggap memiliki respon yang cukup cepat.

3. Layar AMOLED

Ada juga jenis LCD yang sangat populer digunakan di smartphone tablet dan berbagai perangkat yang lain. LCD ini dikenal memiliki cahaya yang terang sehingga akan dapat digunakan dengan baik saat berada di bawah sinar matahari, selain itu hp ini juga menawarkan layar yang jelas untuk penggunanya.

Selain ketiga tipe tersebut terdapat beberapa tipe yang cukup banyak kita temui di pasaran seperti Layar Super AMOLED, Layar LCD Quantum Dot dan RETINA Display. Namun mimin tidak bisa menjelaskannya sekarang. Mendengar kalimat tersebut ibu hanya mengangguk sepakat.

Mending Ganti Lcd atau Beli HP Baru

Setelah mimin mengulas secara singkat dan padat terkait apa itu lcd dan tipe-tipe yang ada dipasaran, selanjutnya mimin memberikan beberapa pertimbangan yang bisa ibu dan juragan pembaca postingan ini lakukan, pertimbangkan tersebut antara lain:

Harga Ponsel dan LCD

Pertama yang harus juragan pertimbangkan saat akan mengganti lcd atau membeli hp yang baru adalah harga dari lcd dan hp yang ada dipasaran. Jika harga hp juragan tergolong murah dan tidak jauh dengan harga lcd mungkin lebih baik jika membeli hp walaupun kondisinya bekas namun tetap berkualitas.

Jika kita lihat di pasaran harga LCD pada android di kisaran 200 ribu sampai 2 juta rupiah. Sedangkan untuk LCD iPhone di kisaran 1 juta sampai 8 juta rupiah. Hal Ini tentu saja tergantung dari kualitas LCD, kesulitan pemasangan dan masalah teknis lainnya.

Disclaimer: Untuk mengetahui perbandingan harga yang lebih tepat mimin sarankan untuk mengunjungi toko yang menyediakan LCD dan HP yang berada di konter hp terdekat atau di toko online yang terpercaya. 

Kondisi HP

Selain harga pertimbangan yang paling penting adalah melihat kondisi hp yang sekarang digunakan, jika yang rusak hanya lcd maka menggantinya akan jauh lebih baik.

Namun jika yang rusak tidak hanya lcd-nya melainkan baterai lemah, performa sangat buruk tentu membeli hp baru akan jadi opsi yang paling tepat.

Data Penting

Pertimbagnan yang harus juragan lakukan adalah apakah dalam hp yang lcdnya rusak terdapat beberapa dokumen penting dan keamanan data lainnya. Tentu saja memperbaiki menjadi prioritas.

Namun jika tidak terdapat hal itu, bahkan jika data sudah di back UP di beberapa penyimpanan seperti google drive dan jenis penyimpanan online lainnya mungkin mengganti hp yang rusak layarnya menjadi pertimbangan yang menarik.

Performa dan Fitur

Selain beberapa hal diatas ada juga pertimbangan yang harus juragan lakukan adalah melihat performa dan fitur antara hp yang akan juragan perbaiki dengan hp terbaru.

Biasanya setiap hp terbaru akan memiliki performa dan fitur yang lebih baik, jadi jika juragan ingin hal itu maka membeli yang baru menjadi pilihan. Namun jika tidak tertarik dengan hal itu maka mengganti LCD akan lebih jadi prioritas. Untuk hal ini tentu saja juragan harus mempertimbangkan budget yang dimiliki saat ini.

Tips Mencegah LCD Rusak

Baiklah setelah juragan memutuskan antara membeli atau mengganti lcd, tentu saja harus mengetahui beberapa tips supaya lcd lebih awet dan tidak mudah rusak. adapun yang perlu dilakukan antara lain:

1. Gunakan Pelindung

Untuk menghindari lcd dari goresan yang dapat merusaknya tentu menggunakan temper glas menjadi hal yang penting. pilihlah templerglas yang berkualitas baik supaya bekerja lebih maksimal.

2. Menyentuh secara wajar

Hindari menekan layar terlalu keras terlebih bagi juragan yang suka bermain game. Sentuhlah layar sewajarnya saja karena ini akan sangat mempengaruhi LCD hp juragan.

3. Jauhkan dari Air

Selain itu hindari menggunakan hp dekat dengan air seperti saat berada di kamar mandi atau sedang liburan di pantai. Terlebih jika hp juragan tidak tahan pada air.

4. Simpan ditempat yang tidak mudah jatuh

Letakkan hp di tempat yang tidak rawan jatuh, seperti di dalam tas, hindari menyimpan di saku yang yang dangkal. selain itu usahakan jangan menggunakan hp di tempat yang memiliki cuaca ekstrim.

5. Gunakan USB resmi

Selanjutnya yang harus juragan perhatikan adalah tidak menggunakan USB atau charger sembarangan. Karena hal ini akan memicu kerusakan terhadap komponen elektronik yang ada di dalam hp tersebut.

Akhir Kata

Dari cerita yang telah mimin sampaikan diatas seputar lebih baik beli hp baru atau bekas apa ganti lcd. dapat kita simpulkan jika semua tergantung dari kondisi hp, kondisi final sial dan kemauan dari juragan.

Demikianlah postingan yang bisa mimin bagikan. Silahkan juragan pertimbangkan sendiri lebih baik mana antara ganti lcd dengan membeli hp baru sesuai dengan pedoman yang telah mimin tulis di atas.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam mengambil keputusan terkait lebih baik ganti lcd atau membeli hp yang baru.