Cara Mematikan Flash Kamera Canon Untuk Pemula

Mematikan flash kamera canon menjadi salah satu hal yang harus diketahui oleh juragan sebagai fotografer pemula yang bercita-cita menjadi seorang yang lebih profesional.

Walaupun cara melakukannya terbilang sangat mudah, namun tidak semua orang mengetahui bagaimana cara mematikan flash pada kamera canon yang mudah dan simple, salah satunya juragan sendiri, iya kan?

Nah, ketika juragan memutuskan untuk mengklik postingan ini maka itu artinya juragan akan mengetahui caranya dengan sangat mudah dan simple. Selengkapnya silahkan lanjutkan membaca.

Baca juga: Cara Edit Foto di Laptop Online Tanpa Aplikasi

Tutorial Mematikan Kamera Canon Dengan Mudah

Menggunakan kamera canon tentu saja tidak boleh sembarangan mengubah setting yang telah ada, karena tindakan ini akan memperbesar kemungkinan merubah pengaturan yang suda tepat.

Salah satunya adalah ketika juragan ingin mematikan flash pada kamera canon, tentu harus mengetahui bagaimana langkah-langkahnya, jangan sampai tindakan kita yang sembrono akan membuat kamera canon kita malah menangkap gambar dengan tidak tepat.

Namun sebelum kita ke pembahasan inti tentang cara mematikan flash kamera canon, alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan flash di kamera canon.

Apa Itu Flash pada Kamera Canon?

Flash merupakan sumber cahaya yang dapat digunakan oleh pengguna kamera canon untuk menangkap gambar di tempat yang minim cahaya dengan cahaya sesaat.

Flash pada kamera canon cukup beragam ada yang dapat digunakan secara otomatis ada juga yang diatur sesuai keinginan secara manual.

Sebenarnya kedua cara itu dapat dilakukan dengan cara yang relatif sama dengan catatan kamera yang digunakan adalah kamera canon.

Baca juga: Cara Hapus Objek Foto Tidak Diinginkan Online Gratis

Cara Mematikan Flash di Kamera Canon

Baiklah setelah kita mengetahui apa itu flash pada kamera canon. sekarang mimin akan mengulas bagaimana cara mematikan blitz di kamera canon dengan mudah berikut ini:

1. Langkah Mematikan Flash dengan Mode Eksposur

Bagi juragan yang ingin menonaktifkan flash pada kamera canon dengan cara yang simple dan mudah maka mimin sarankan untuk menggunakan mode eksposur, karena cara ini dapat dilakukan dengan memutar dan meletakkan tombol mode. Untuk selengkapnya silahkan simak langkah berikut ini:

Silahkan juragan perhatikan tombol mode di kamera. Kemudian putar dan arahkan pada mode 'A+'

Selanjutnya silahkan pilih nonaktifkan atau off

Lalu tutup flash yang telah digunakan

Terakhir silahkan juragan cek dengan cara mengambil foto di tempat yang gelap.

Cara ini terbilang sangat mudah dari pada kedua cara yang akan mimin bagikan di bawah ini.

2. Mematikan flash Canon dengan Menu Kamera

Selain menggunakan mode kamera juragan bisa menonaktifkan flash kamera canon dengan mengubah setting pada menu di kamera. hanya saja cara ini terbilang cukup ribet dan cocok jika digunakan bagi juragan yang mode kameranya rusak. Untuk caranya silahkan simak langkah-langkah berikut ini:

  1. Silahkan hidupkan kamera canon
  2. Setelah itu silahkan buka menu pada kamera
  3. Pilih opsi pengaturan pemotretan
  4. Lalu klik shooting Settings
  5. Selanjutnya silahkan juragan cari flash/control flash.
  6. Silahkan pilih off jika ingin menonaktifkan dan silahkan pilih on jika ingin mengaktifkannya.
  7. Keluar dari pengaturan kemudian lanjutkan dan simpan perubahan.

Tentu saja untuk mendapatkan hasil foto yang terbaik juragan harus memilih tempat yang lebih terang.

Cara Menghidupkan Flash Kamera Canon

Setelah juragan mengetahui bagaimana cara mematikan flash sekarang mimin akan melengkapi dengan tutorial bagaimana cara menghidupkannya kembali, disaat dibutuhkan. Untuk caranya silahkan simak langkah berikut ini:

1. Silahkan juragan hidupkan kamera

2. Kemudian ubah mode menjadi 'A+'

3. Lalu silahkan juragan ambil gambar dengan menekan tombol shutter, maka flash akan menyala.

Penyebab Flash Kamera Tidak Berfungsi

Perlu untuk kita ketahui ketika kita sudah menghidupkan flash, terkadang flash tersebut malah tidak berfungsi alias rusak.

Tentu hal ini akan membuat gambar yang kita ambil akan bermasalah ketika berada di tempat gelap yang minim cahaya. 

Mungkin sekarang yang menjadi pertanyaan juragan adalah apa penyebab terjadinya kerusakan pada flash? Tentu saja jawabannya sangat beragam, salah satunya karena adanya kotoran yang menumpuk, kemudian karena tekanan yang sangat berlebihan.

Untuk membuat dan merawat kamera supaya tidak cepat rusak, maka jangan lupa untuk menggunakan tas kamera, simpan dalam keadaan off, tidak sembarang menyentuh LCD kamera. Selain itu hati-hatilah dalam membawa Kamera

Akhir Kata

Demikianlah cara mematikan flash kamera canon yang bisa mimin bagikan untuk juragan, tentu semua langkah itu akan sangat berguna jika langsung di praktekan oleh juragan sebagai fotografer pemula.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam mengambil gambar di tempat yang gelap namun hasilnya tetap bagus.