7 Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti Di HP

Mengganti IC Power tanpa ganti di hp android menjadi salah satu langkah yang bisa juragan lakukan jika ingin menghemat pengeluaran dari kantong.

Hanya saja untuk benerin ic power hp tidaklah mudah, karena juragan harus membongkar komponen kemudian mencari IC Power yang ada di hp.

Bahkan mimin sebenarnya lebih menganjurkan untuk mengganti ic power yang rusak di hp dibandingkan dengan memperbaikinya. Karena juragan bisa mendapatkan IC power dengan membeli online dan kemudian minta teknisi untuk memasangnya.

Nah bagi juragan yang ingin memperbaiki ic power hp tanpa menggantinya, juragan bisa membaca artikel ini sampai selesai.

Baca juga: Cara Memperbaiki iPhone Mati Total Tidak Bisa di Charge

Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti

Cara Memperbaiki IC Power

Mungkin juragan akan bertanya apakah memperbaiki ic power di hp menjadi suatu kebutuhan yang sangat mendesak? Tentu saja jawabannya iya. 

Karena jika IC Power dalam keadaan rusak maka hp milik kita akan mengalami banyak kendala yang cukup serius seperti baterai cepat habis, hp suka mati mendadak serta kerusakan permanen lainnya pada perangkat hp kita.

Tentu saja jika juragan mengetahui peranan IC power lebih jauh pasti akan merasakan betapa pentingnya IC Power untuk hp. Nah sebelum mimin membahas cara memperbaiki ic power hp tanpa ganti alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui apa itu IC Power.

Apa IC Power HP Itu?

IC Power merupakan singkatan dari Integrated Circuit Power hal ini merupakan bagikan krusial dari perangkat hp yang kita miliki. IC Power memiliki tanggung jawab untuk mengatur pasokan daya dan mengontrol perangkat supaya berfungsi dengan sangat baik.

Dari penjelasan tersebut dapat kita katakan jika IC berperan sebagai regulator daya pada hp yang kita miliki dengan cara memastikan apakah hp memiliki pasokan daya yang tepat sesuai dengan kebutuhan hp serta mencegah terjadinya resiko baterai berlebihan.

Seperti yang telah mimin singgung diatas jika ic power hp kita tidak berjalan dengan baik maka akan membuat hp menjadi overheat, Layar mati, mati mendadak, dan kinerja hp yang kurang baik.

Baca juga: Cara Mematikan HP Infinix tanpa Tombol Power

Tanda IC Power Rusak

Setelah kita mengetahui apa itu IC Power Pada HP sekarang mimin akan membagikan beberapa tanda atau ciri hp kita IC Powernya sedang bermasalah dan harus diperbaiki.

Berikut beberapa ciri-ciri atau tanda IC Power HP rusak:

  1. HP mati total alias tidak bisa dihidupkan, Walaupun juragan telah melakukan beberapa cara hp tetap saja tidak ingin menyala.
  2. Ciri kedua adalah hp juragan tidak bisa di cas, meskipun charger dicolok pada listrik namun hp tidak memunculkan tanda sedang mengisi.
  3. Baterai hp tidak bisa terisi penuh dan cepat mati.
  4. HP yang juragan miliki sering mati sendiri walaupun baterai tinggal separuh atau penuh sekalipun.
  5. IC Power hp tidak menunjukan tanda tanda berupa tegangan saat di cek menggunakan power supply.

Tentu saja kejadian tersebut akan sangat mengganggu juragan saat sedang menggunakan hp kesayangan baik saat melakukan telepon atau aktifitas lainnya.

Apakah IC Power Rusak BIsa Diperbaiki?

Mungkin saat juragan merasakan kinerja IC Power hp tidak berfungsi sebagaimana mestinya, biasanya akan bertanya apakah IC yang rusak bisa diperbaiki?

Tentu saja jawabannya sangat bisa, hanya saja ada beberapa hal yang harus juragan pertibangkan sebelum memilih antara memperbaiki atau menggantinya.

Bagi juragan yang ic powernya mengalami masalah ringan sedangkan juragan sudah ahli dan berpengalaman dalam memperbaiki Komponen hp maka mimin sarankan untuk dibenerin sendiri tanpa menggantinya.

Namun jika kerusakan serius seperti IC Power sudah usang dan terbakar, atau suku cadangnya sudah tersedia serta terdapat garansi dari toko tempat juragan membeli maka mengganti akan menjadi pilihan paling tepat.

Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti pada HP

Baiklah setelah kita mengetahui beberapa hal penting terkait IC Power sekarang mimin akan membagikan beberapa langkah yang harus dilakukan untuk memperbaiki IC Power Rusak di HP.

1. Periksa Koneksi

Langkah pertama yang harus juragan lakukan saat ingin memperbaiki IC Power adalah memastikan semua komponen yang ada di sekitar IC Power terhubung dengan baik.

Selain itu silahkan lakukan pembersihan pada area tersebut jika terdapat kotoran atau debu yang menempel supaya aktifitas berjalan dengan normal.

2. Cek Suhu

Langkah selanjutnya yang harus kita lakukan adalah cek suhu IC Power jika panasnya terlalu berlebihan maka mimin sarankan untuk menambahkan pendingin atau pastikan apakah sirkuit pendingin di hp juragan berfungsi dengan baik.

3. Periksa Tegangan

Selanjutnya silahkan juragan periksa tegangan pada IC Power hp dengan menggunakan Multimeter, Jika juragan menemukan beberapa tegangan yang bermasalah silahkan cari apa penyebabnya.

4. Cari Komponen yang Rusak

Jika langkah diatas sudah dilakukan namun tidak memiliki masalah selanjutnya silahkan juragan cari komponen yang rusak seperti komponen kapasitor dan resistor. Jika perlu ganti komponen yang rusak tersebut.

5. Ganti Dengan Komponen Serupa

Bagi juragan yang memiliki cadangan komponen serupa maka alangkah lebih baiknya jika diganti terlebih dahulu untuk memastikan apakah IC Power bermasalah atau tidak.

6. Pakai Alat Bantu

Langkah selanjutnya yang bisa juragan lakukan adalah menggunakan alat bantu. Ada beberapa perangkat yang dapat juragan gunakan untuk memperbaiki seperti Pemrograman IC atau dengan menggunakan alat tes IC.

7. Ikuti Petunjuk

Nah bagi juragan yang memiliki buku petunjuk atau datasheet IC Power maka silahkan ikuti langkah-langkahnya dengan teliti.

Akhir Kata

Perlu mimin tegaskan jika juragan tidak memiliki keahlian dan pengalaman dalam memperbaiki komponen di hp alangkah lebih baiknya jika memperbaiki masalah IC Power di teknisi yang terbaik. Hal ini bertujuan meminimalisir kerusakan yang lebih parah.

Demikianlah yang bisa mimin bagikan seputar bagaimana cara memperbaiki IC Power tanpa Ganti di HP samsung dan jenis hp lainnya. Semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam menyelesaikan permasalahan pada IC Power HP juragan.