Cara Cek Sensor Hp Android Semua Merk

Bagi juragan yang memiliki hp android tentu saja tidak akan asing lagi dengan fitur yang ditawarkan salah satunya adalah sensor pada hp. Hanya saja tidak semua orang mengetahui bagaimana cara cek sensor hp android, apakah juragan termasuk salah satunya?

Jika iya silahkan lanjutkan membaca postingan ini karena mimin akan membagikan beberapa cara mengecek sensor hp dari semua merek yang ada di pasaran secara lengkap dan akurat.

Bahkan mimin berani mengatakan semakin banyak fitur sensor seperti fingerprint, magnetik dan beberapa sensor lainnya tentu saja akan membuat hp tersebut semakin canggih.

Baca juga: 10 Perangkat Hardware Handphone Android dan Fungsinya

Cara Cek Sensor HP

cek sensor hp

Sebelum mimin mengulas lebih jauh seputar bagaimana cara mengecek sensor hp terlebih dahulu mimin akan menjelaskan secara sederhana seperti apa itu sensor pada hp.

Jika juragan pernah melihat hp mati sendiri saat didekatkan pada telinga, itu merupakan salah satu kerja dari sensor yang ada di hp. Apalagi sekarang ini semakin banyak sensor yang ditanam pada hp canggih milik kita seperti fingerprint, sensor wajah dan lain sebagainya.

Nah tulisan ini sebenarnya sangat berguna bagi juragan yang ingin membeli hp bekas untuk sehingga ketahuan apakah sensor yang ada di hp berfungsi secara baik atau tidak.

Baca juga: Cara Cek RAM HP Asus dengan Mudah

Cek Sensor HP Android Semua Merk

Untuk mempermudah juragan dalam memilih jenis hp untuk di cek sensornya, maka mimin menuliskan beberapa cara cek sensor di beberapa merek hp ternama yang ada di Indonesia. Selengkapnya silahkan juragan simak dibawah ini:

1. Cara Cek Sensor HP Oppo

Untuk bisa cek sensor di hp oppo juragan bisa melakukannya dengan kode rahasia yang dimiliki oleh hp tersebut, untuk caranya sebagai berikut:

  • Silahkan juragan mengunjungi tombol panggilan, atau dial up untuk melakukan panggilan
  • Setelah itu silahkan juragan masukan kode "800" Tunggu hingga masuk ke engineering mode
  • Silahkan cek sensor yang tersedia di hp oppo

Jika langkah ini tidak mendukung silahkan juragan lakukan dengan menggunakan Diagnotik Tools.

2. Cara Cek Sensor HP Xiaomi

Nah bagi juragan yang memiliki hp xiaomi juragan bisa melakukannya dengan menggunakan kode *#*#64663#*#. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Kunjungi menu telepon
  • Silahkan juragan masukan kode di atas dengan mengetikkan pada keyboard "*#*#64663#*#".
  • Setelah itu juragan akan masuk pada menu hardware silahkan cek sensor yang juragan butuhkan.

Selain menggunakan cara ini juragan juga bisa melakukannya melalui pengaturan telepon dengan cara klik pengaturan kemudian pilih tentang telepon cari system lalu cari tentang telepon selanjutya cari versi kernel, silahkan juragan klik sebanyak 5 kali pada kernel untuk masuk pada Engineering mode.

3. Cara Cek Sensor HP Vivo

Untuk yang ketiga mimin akan membagikan bagi mana cara mengecek sensor di hp vivo menggunakan kode rahasia *#558#. Untuk selengkapnya silahkan simak berikut ini:

  • Silahkan juragan masuk pada menu telepon atau dial-up.
  • Setelah itu silahkan juragan ketikan kode *#558#
  • Maka secara otomatis juragan akan dibawa pada menu Engineering test, silahkan juragan cari sensor untuk mengeceknya.

Menggunakan cara ini sedikit ribet namun dipastikan lebih akurat versi mimin. Selain itu juragan bisa melakukan pengecekan sensor pada hp Vivo dengan bantuan aplikasi AIDA64.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti Di HP

4. Cara Cek Sensor HP Realme

Untuk mengecek sensor di hp redmi juragan bisa menggunakan aplikasi bawaan dari hp yakni Manager Telepon. untuk caranya sebagai berikut:

  • Klik aplikasi manager telepon
  • Lalu klik cek cepat
  • Maka juragan akan masuk pada informasi ram hp, juragan hanya butuh klik Mulai Cek
  • Silahkan juragan centang opsi yang ingin di cek, mimin sarankan juragan mencentang semuanya.
  • Setelah itu klik cek maka hp akan secara otomatis mengarahkan anda untuk mengikuti petunjuk pengecekan setiap sensor.

Cara ini terbilang sangat bagus dan mudah, bahkan juragan hanya perlu mengikuti arahan untuk mengeceknya secara akurat.

5. Cara Cek Sensor HP Samsung

Bagi juragan pengguna hp samsung juragan bisa mengeceknya dengan menggunakan kode rahasia #0# dengan cara sebagai berikut:

  • Buka menu keyboard pada telepon
  • Setelah itu silahkan ketik kode #0#
  • maka layar hp akan memunculkan halaman pengecekan
  • Silahkan pilih sensor.

Jika cara ini tidak cocok di hp juragan maka juragan bisa menggunakan opsi lainnya seperti menggunakan aplikasi pihak ketiga, seperti AIDA6, CPU-Z atau Sensor Box.

6. Cara Cek Sensor HP Infinix

Untuk mengecek sensor hp pada Infinix juragan bisa melakukannya dengan cara yang sangat mudah menggunakan aplikasi pihak ketiga yakni sensor box for android. 

  • Buka playstore
  • Kemudian cari aplikasi sensor box for android
  • Lalu unduh
  • Setelah itu silahkan buka aplikasi maka juragan akan diberikan pilihan jenis sensor apa saja yang bisa dilakukan.

Selain itu juragan bisa menggunakan beberapa aplikasi lainnya atau bisa menggunakan kode rahasia seperti *#*#0588#*#* untuk cek sensor jarak.

7. Cara Cek Sensor HP Iphone

Bagi juragan pengguna hp iPhone juragan bisa menggunakan fitur bawaan seperti kompas atau menggunakan pemantau sensor, selain itu juragan bisa memaksimalkan aplikasi tambahan seperti Kinetics, sensor Monitor dan lain sebagainya untuk cara menggunakannya tidak beda jauh dengan tulisan yang telah mimin jelaskan diatas.

Penutup

Itulah beberapa cara yang bisa mimin sampaikan melalui tulisan ini terkait cara cek sensor hp android semua merek terkenal yang ada di Indonesia.

Semoga postingan dapat membantu juragan dalam mengecek kualitas sensor pada hp, terlebih saat juragan akan membeli hp bekas yang perlu pengecekan lebih serius.