10 Perangkat Hardware Handphone Android dan Fungsinya

Banyak sekali orang yang penasaran dengan apa saja Hardware Handphone di hp android beserta dengan fungsi dan kegunaannya, jika juragan termasuk salah satunya, selamat karena juragan berada di artikel yang tepat.

Seperti yang kita ketahui HP terdiri dari dua elemen penting yakni Software dan Hardware. Tanpa kedua hal tersebut tentu saja hp tidak akan berfungsi sebagaimana mestinya.

Jika pada software hp kita mengulas tentang aplikasi dan sistem operasi yang dimiliki oleh smartphone maka pada pembahasan hardware handphone android kita akan mengulas lebih pada fisik dari hp tersebut.

Baca juga: Cara Mematikan Flash Kamera Canon Untuk Pemula

Apakah Hardware Handphone?

Hardware hanphone Android

Berbeda dengan software hp hardware handphone adalah komponen yang dapat dilihat fisiknya karena memiliki bentuk, hardware juga biasa kita kenal dengan istilah Perangkat Keras pada handphone.

Contoh hardware hp yang dapat kita lihat seperti casing, baterai, LCD dan speaker dan jenis lainnya yang bisa kita lihat secara fisik, Bahkan beberapa komponen yang ada di dalam handphone juga termasuk hardware seperti IC. Antena Switch dan lain sebagainya.

Komponen Hardware Handphone

Mungkin penjelasan di atas sudah cukup untuk membuat juragan paham dengan beberapa komponen terkait hardware di hp bahkan juragan juga bisa menerka apa saja yang dimaksud dengan software dan hardware.

Namun jika juragan masih mempertanyakan yang termasuk hardware hp apa saja? Maka dengan senang hati mimin akan menyebutkan beberapa perangkat keras yang ada di hp juragan. dengan begitu juragan bisa dengan mudah jika ingin cek hardware hp androidnya.

Baca juga: 7 Cara Memperbaiki IC Power Tanpa Ganti Di HP

10 Perangkat Hardware di HP

Mengenal dan paham terkait hardware android menjadi salah satu keharusan bagi juragan yang memiliki hobi di dunia elektro terlebih jika juragan ingin menjadi teknisi handal.

Hardware pada handphone memiliki dua bagian yang terdiri dari bagian luar dan bagian dalam, keduanya akan bekerja dan bersinergi serta menjadi satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan.

Jika ada ada salah satu yang bermasalah tentu akan membuat hp menjadi kurang optimal saat digunakan atau bahkan bisa tidak berfungsi sama sekali.

Hanya saja pada artikel ini mimin akan menjelaskan beberapa hardware bagian dalam saja yang jarang sekali kita ketahui apa nama dan fungsinya.

1. IC Charger

Komponen satu ini berfungsi untuk mengisi dan mentransfer daya arus listrik pada baterai. Jika IC charger ini bermasalah biasanya hp akan mengalami ngecas tapi tidak bisa menyimpan, tidak bisa di charger dan mati total.

2. IC Audio

Pada IC Audio berfungsi untuk mengolah sinyal dari prosesor kemudian menjadi sebuah getaran berupa suara yang dibantu oleh hardware yang lain yakni speaker.

3. Voltage Control Oscillator

Istilah diatas sering teknisi kenal dengan singkatan VCO. Hardware ini memiliki dua jenis yang terdiri dari bagian receiving dan transfer sinyal. Perannya sebagai pembuat sinyal awal ketika CPU sedang transmit atau receive.

4. Power Supply IC

Fungsi hardware satu ini terbilang sangat penting karena menjadi pendistribusi arus listrik pada semua hardware yang diambil dari baterai.

5. Crystal atau XTal

Komponen ini berfungsi sebagai pembangkait getaran atau frekuensi yang dihasilkan oleh IC Audio kemudian Gelombang RX transmit pada IC Hagar.

6. Filter IC

Dari namanya sudah dapat kita predisksi apa fungsi dari komponen satu ini. Hardware satu ini berfungsi untuk melakukan filter sinyal RF kemudian dikirim ke next, pada sinyal yang masuk ataupun sinyal keluar.

7. IF Filter IC

IF merupakan singkatan dari Intermedia Frekuensi yang memiliki peran sebagai pengubah frekuensi yang dikeluarkan menjadi frekuensi tengah.

8. PA IC

Komponen yang satu ini memiliki kepanjangan Power Amplifier yang memiliki fungsi sebagai penguat tegangan sinyal yang telah dihasilkan oleh VCO.

9. Antena Switch

Ini merupakan saklar yang memiliki fungsi sebagai pemisah antara gelombang tinggi DCS 1800 MHz dengan gelombang rendah GSM 900 MHz.

Selain itu ini juga berguna untuk mengatur antena secara otomatis apakah berfungsi sebagai receiving atau sender signal RF.

10. Signal Processor IC

Komponen yang terakhir ini berfungsi untuk mengelola signal keluar atau yang masuk dengan memisahkan antara frekuensi radio atau audio.

Baca juga: Lebih Baik Ganti Lcd atau Beli Hp Baru

Komponen Hardware Pada HP Lainnya

Selain sepuluh hardware tersebut berikut beberapa komponen yang harus juragan ketahui nama dan fungsinya:

Nama Fungsi
Speaker Mengubah Sinyal Pada Audio menjadi Suara
Mic Menerima Frekuensi Suara menjadi Getaran Sinyal
Sekring/Fuse Keamanan saat terjadi arus pendek
Transformator Penghubung arus ke arus yang lainnya
Transistor Sebagai penguat frekuensi dalam bentuk gelombang
Dioda Sebagai stabilisator tegangan dengan mengubah alur listrik kasar menjadi halus
Resistor Menahan dan mengatur alus pada listrik
Kapasitor/Kondensator Sebagai penyaring pada tegangan yang dihasilkan oleh baterai
Board Connector Penghubung antara 2 board PCB
Plug in Menghubungkan perangkat pengisi baterai pada PCB
SIM Reader Penghubung antara SIM Card dengan HP android
Buzzer Penghasil suara seperti pada notifikasi
Kabel Flexibel Sebagai media penyalur arus listrik dengan flexibel
LED Sebagai pemberi kecerahan pada layar
IR diode Mengirim dan menerima data tanpa kabel
IC Flash Mengiris dan mengintruksikan program dan data di ponsel
EEPROM Penyimpan program dasar hp
RAM Penyimpanan sementara saat hp sedang berproses menjalanan perangkat
CPU Memberikan perintah pada seluruh proses hp dengan berpedoman pada RAM dan EEPROM
Interfaca Controller Terminal pengatur kerja komponen lainnya
Switch On/Off Menyalakan dan mematikan perangkat

Penutup

Itulah beberapa komponen yang bisa juragan pahami sebelum menjadi teknisi handal, dengan memahami nama dan fungsinya tentu juragan telah mengetahui dasar-dasar dalam memperbaiki handphone yang rusak.

Semoga bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam memahami beberapa perangkat keras yang ada di hp android lengkap dengan fungsi dan perannya.