10 Cara Mengatasi HP Terkena Air Baterai Tanam

Mengatasi hp terkena air - Resiko hp terkena air sangat besar saat musim hujan seperti sekarang ini, tentu hal ini harus kita waspadai mengingat tidak semua hp support dengan pelindung anti air.

Mungkin jika hp juragan sudah memiliki sertifikat IP68 tidak perlu khawatir dengan masalah air, tapi jika masih belum support maka juragan harus membaca postingan tentang  bagaimana mengatasi hp terkena air ketika sedang diperjalanan atau jatuh berikut ini.

Apakah HP yang Terkena Air Bisa Diperbaiki?

Mengatasi hp terkena air

Kebanyakan orang ketika sedang mengalami masalah hp eror karena terkena air akan merasa kebingungan mungkin sebagian dari mereka malah stres.

Pada artikel ini mimin tegaskan juragan jangan panik karena hp yang terkena dapat diperbaiki baik dengan cara yang sangat simple atau agak ribet tergantung bagaimana dampak air pada hp yang dimiliki.

Baca juga: Cara Cek Sensor Hp Android Semua Merk

Cara Mengatasi HP yang Terkena Air Baterai Tanam

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi hp yang kena air hanya saja pada artikel ini mimin hanya membagikan 10 cara ampuh untuk mengatasi hp yang bermasalah karena air.

Sebagai catatan tidak semua yang mimin bagikan disini bisa cocok untuk diterapkan di berbagai HP yang juragan miliki. Hanya saja tidak ada salahnya jika juragan coba sebelum membawanya ke tukang service hp terdekat.

Berikut beberapa solusi untuk hp yang terkena air yang bisa juragan coba di rumah tanpa harus ke tukang service:

1. Matikan ponsel

Ketika hp terkena air langkah pertama yang harus juragan lakukan adalah mematikan hp supaya aliran listrik di dalamnya tidak memperparah keadaan hp.

Usahakan juragan jangan mengklik atau menjalankan aktifitas apapun yang berhubungan dengan software, silahkan matikan lalu lepas casing jika memungkinkan buka dan lepas baterai yang ada di hp juragan.

Baca juga: Cara Mengatasi Kamera Error di Laptop dengan Mudah

2. Keringkan Ponsel

Langkah selanjutnya yang bisa juragan lakukan adalah membersihkan air dari hp juragan. Usahakan membersihkannya dengan handuk atau tisu yang halus. Hindari memakai pembersih yang kotor dan berdebu, karena hal itu akan membuat komponen hp menjadi lecet.

Usahakan juragan membersihkan semua lubang yang bisa memungkinkan air masuk dalam mesin hp. kalau perlu mimin anjurkan juragan untuk membuka casing hp terlebih dahulu. Selain cara ini juragan juga bisa menggunakan penyedot debu untuk membersihkan air dari hp.

3. Rendam Hp Dalam Beras

Cara ketiga ini pernah mimin lakukan saat hp mimin terkena percikan air saat berkendara di atas motor, dan alhamdulillah hp mimin bisa kembali normal.

Hal ini bertujuan untuk menyerap kelembaban pada hp. Lakukan cara ini minimal selama 48 jam atau tunggu hingga perangkat hp kita benar-benar kering.

4. Gunakan Kipas Angin

Jika hp kita terkena air tidak terlalu parah juragan bisa menggunakan bantuan kipas angin di rumah dengan cara meletakan hp kita di handuk yang kering lalu arahkan kipas angin pada hp.

Usahakan gunakan level angin tertinggi supaya hasilnya lebih memuaskan, Tunggu hingga hp kita kering mungkin bisa sampai 72 jam lamanya.

5. Rendam dengan gel Silika

Jika cara sebelumnya kita menggunakan beras untuk mengurangi kelembapan hp, maka cara selanjutnya yang tak kalah baiknya adalah menggunakan gel silika.

Gel silika diyakini lebih baik dalam menyerap kelembaban pada hp yang terkena air. Tunggu beberapa saat hingga hp benar-benar kering.

6. Jangan Menggunakan hairdryer

Banyak sekali orang menggunakan pengering rambut untuk mengeringkan hp dari air. hanya saja cara ini sangat tidak mimin rekomendasikan karena energi panas yang disalurkan oleh hairdryer akan merusak komponen hp.

7. Hindari menjemur HP

Cara mengatasi hp yang mati terkena air selanjutnya yang harus dihindari adalah menjemur hp di terik panas matahari, karena panas matahari berisiko semakin merusak komponen hp.

8. Hindari mengecas hp

Aliran listrik yang didapatkan ponsel saat dalam keadaan basah tentu saja sangat berisiko menambah kerusakan pada hp. Oleh karena itu jangan pernah mengecas hp saat terkena air.

9. Jangan Menekan Tombol di HP

Selanjutnya yang tidak boleh juragan lakukan saat handphone terkena air adalah menekan tombol setelah mematikan hp.  Hal ini dikhawatirkan akan mendorong air masuk lebih jauh.

10 Service HP

Jika langkah yang telah mimin sampaikan diatas masih tidak berfungsi maka tidak ada cara yang lebih baik selain service hp di tempat terbaik.

Sebagai catatan dalam memperbaiki hp juragan harus melihat tempat service yang dapat dipercaya dan hasil servisnya baik.

Baca juga: Cara Mengatasi HP Fastboot Xiaomi Redmi Note 9

Akhir Kata

Demikianlah beberapa cara mengatasi hp terkena air dengan mudah yang bisa juragan lakukan dirumah sebelum datang ke tukang service terdekat.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam memperbaiki hp yang sedang mengalami musibah terkena air tanpa harus ke tukang service.