11+ Kelebihan dan Kekurangan Mac OS yang Jarang Diketahui

Mengetahui beberapa kelebihan dan kekuragan MAC OS menjadi salah satu hal penting bagi juragan yang ingin...

Mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan mac os menjadi salah satu langkah penting bagi juragan pengguna Notebook apple. Terlebih saat juragan ingin memiliki laptop dengan sistem tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwasannya komputer memiliki sebuah sistem operasi yang dijalankannya, salah satu sistem yang dimiliki oleh apple adalah MAC OS.

Namun Tahukah juragan apa kelebihan dan kekurangan mac os? Jika belum mengetahuinya, mimin akan menulisnya beberapa kekurangan dan kelebihan sistem operasi mac os yang jarang orang ketahui.

Apa Itu Mac OS?

Kelebihan Kekurangan Mac OS

Sebelum mimin mengulas lebih jauh terkait apa saja kelebihan dan kekurangan sistem operasi mac os, alangkah lebih baiknya jika juragan mengenal terlebih dahulu apa itu yang dimaksud dengan sistem MAC OS.

Mac OS merupakan salah satu sistem komputer yang sangat terkenal dan bersifat inklusif karena hanya digunakan pada jenis notebook Apple Macintosh yang diproduksi oleh Apple Computer.

Sebenarnya Operating System ini merupakan kompetitor dari Windows yang digunakan oleh beberapa perangkat berbasis desktop. Tentu saja keduanya memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang membuat pengguna sedikit kesulitan menentukan produk mana yang terbaik.

Supaya lebih mudah kita memahami apa saja kelebihan kekurangan mac os bagi pengguna langkah lebih baiknya jika kita mengenal terlebih dahulu sejarah adanya sistem operasi ini.

Baca Juga: 9+ Kelebihan dan Kekurangan Telegraf Yang Harus Di Ketahui

Sejarah MAC OS

Salah satu langkah revolusioner dari Apple dalam perkembangan dunia komputer tentu saja tidak lepas dari beberapa orang hebat di atasnya Jef Raskin, Bill Atkinson serta Andy Hertzfeld.

Nama-nama itu yang membuat macintosh kian populer di kalangan pengguna PC. Untuk pertama kalinya sistem macintosh diperkenalkan pada bulan Januari tahun 1984 melalui iklan Super Bowl.

Hanya saja jauh sebelum dipublikasikannya sistem macintosh telah muncul di awal dengan sistem antarmuka GUI pada kala itu.

Baca Juga: 5+ Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa di Klik Windows

Sejarah Kekurangan dan Kelebihan Mac Os

Sebenarnya sistem mac os dapat dibagi menjadi dua kategori yang pertama adalah MAC OS klasik yang digunakan pertama kali, kedua adalah MAC OS X.

Dengan diluncurkannya MAC OS system 1 sebenarnya sudah memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan mac, Hanya saja untuk menyempurnakannya Apple selalu meluncurkan MAC OS terbaru.

Penggunaan Nama MAC OS System dari awal dibuat masih terus dipakai sampai MAC OS System 7 yang diluncurkan pada tahun 1991.

Sebenarnya sistem MacOS ini sudah memiliki beberapa perubahan yang sangat signifikan terutama dengan adanya shared file di hardisk dengan menggunakan sistem jaringan.

Namun pada tahun 1997 kembali diluncurkan MAC OS terbaru yang bernama MAC OS 7.6, tidak hanya itu ditahun yang sama kembali dilakukan perbaikan dengan meluncurkan MAC OS 8 untuk melengkapi keberhasilan seri sistem sebelumnya.

Karena kecanggihan  MAC OS 8 sistem ini mampu terjual sampai 3 juta copy hanya dengan waktu 6 bulan. Tentu ini peningkatan yang sangat drastis dibandingkan dengan penjualan seri sebelumnya.

Tak Berhenti disitu Apple juga meluncurkan kembali MAC OS generasi 9 yang kemudian pada tahun 2000 Muncul MAC OS X atau MAC OS Cheetah.

Dari generasi ini kemudian muncul beberapa versi mulai dari MAC OS X 10.1, 10.2 dan terakhir muncul MAC OS seri X 10.11 yang bertahan sampai saat ini. Semua versi MAC tersebut tentunya hadir dengan kelebihan dan kekurangan mac os x, namun dari itu Pengembang terus berbenah untuk tampil lebih baik.

Baca Juga: Cara Cek Mengetahui Nomor Model iPhone Ibox

MAC Os Kelebihan dan Kekurangan

Ketika mimin diskusi dengan beberapa teman mereka selalu mengatakan jika MAC OS merupakan sistem operasi komputer terbaik dengan alasan memiliki beberapa kelebihan yang signifikan, namun tidak menutup kenyataan jika sistem ini juga memiliki beberapa kekurangan.

Kelebihan MAC OS

jika juragan bertanya, apa kelebihan macbook?  mungkin mimin akan menjelaskannya dengan membagikan beberapa kelebihan berikut ini:

1. Penggabungan UNIX ke dalam MAC OS memberinya tingkat stabilitas yang melampaui sistem operasi lain.

2. Eksklusivitas MAC OS yang luar biasa memastikan tingkat kualitas dan dukungan yang lebih tinggi untuk masa depan.

3. Jauh lebih aman terhadap pembajakan, spyware, virus, dan berbagai gangguan lainnya dibandingkan dengan sistem operasi lain.

4. Desainnya dirancang khusus untuk Macbook, sehingga memberikan tampilan yang sempurna.

5. Fitur pencadangan yang kuat yang dapat dilakukan secara otomatis.

6. Hampir kompatibel dengan semua sistem operasi.

7. Dokumen dapat dibuat dalam berbagai format, termasuk pdf, html, mp3, dan lainnya.

Kekurangan MAC OS

Seperti yang telah mimin sebutkan jika mac os juga memiliki beberapa kekurangan. Apa kekurangan mac os? Silahkan simak beberapa daftar berikut ini:

1. Tidak dapat digunakan pada perangkat yang bukan produk Apple.

2. Biayanya cukup tinggi.

3. Tidak dapat digunakan bersamaan dengan sistem operasi lain, tidak seperti Windows, yang dapat mengoperasikan Linux bahkan dalam aplikasi virtual box.

4. Terutama berlaku untuk aktivitas grafis dan tidak mengakomodasi aktivitas permainan.

Penutup

Demikianlah beberapa daftar kelebihan dan kekurangan MAC OS yang jarang orang ketahui, dengan mengetahui hal itu kita dapat lebih selektif saat ingin membelinya.

Semoga postingan ini bermanfaat dan dapat membantu juragan dalam memahami beberapa kelebihan kekurangan dari MAC OS bagi pemula yang harus dipahami.

Saya adalah Saya